Ukuran Nozzle Pemadam

Ukuran Nozzle Pemadam yang umumnya digunakan di Indonesia?

Ukuran Nozzle Pemadam

Berbicara tentang ukuran nozzle pemadam, maka sebelumnya, Anda wajib memahami terlebih dahulu apa yang dinamakan dengan nozzle pemadam itu sendiri. Dimana nozzle itu sendiri merupakan sebuah piranti yang cukup penting dalam  fire fighting. Karena kegunaan dari nozzle itu sendiri merupakan sebuah alat yang berguna untuk memudahkan para pekerja petugas pemadam kebakaran saat mengarahkan air yang bertekanan keluar dari area jaringan pipa instalasi fire hydrant.

Jadi, entah itu lewat hydrant box indoor ataupun yang lainnya, yang terdapat di dalam area gedung ataupun pada pillar yang diletakkan di luar ruangan, maka nozzle inilah yang tugasnya nanti memudahkan segalanya. Terkadang aliran air yang digunakan untuk memadamkan api ini pun dikeluarkan langsung dari tempat tangki dari mobil pemadam kebakaran yang ada. Jadi, bisa dibilang bahwa perlengkapan nozzle untuk memadamkan kebakaran tersebut sebenarnya terbagi atas berbagai varian jenis.

Macam-Macam Perlengkapan Nozzle untuk Memadamkan Kebakaran

Dimana salah satu ragam jenis nozzle yang kerap dipakai adalah jet nozzle. Jet nozzle ini merupakan sebuah nozzle dengan bentuk runcing di bagian ujung yang berguna untuk mengalirkan air dengan cara lurus tepat ke arah bagian api. Jadi, sebenarnya nozzle ini sesuai dan tepat sekali bila dipakai untuk memadamkan api dalam jarak jauh yang sulit untuk discover oleh sebuah selang. Karena pancaran air dari system nozzle ini bisa mengarah hingga 5 meter.

Selain jet nozzle, ada lagi yang sering dipakai oleh para petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan api, yaitu menggunakan straight variable. Jadi, cara kerjanya ini berbeda sekali dengan jet nozzle. Dimana untuk straight variable disini aliran airnya lebih mengembang layaknya payung. Selain itu, model airnya pun bentuknya seperti kabut yang tipis. Sehingga, jenis nozzle ini bisa dipakai untuk melindungi para petugas dari adanya bola api ataupun hawa panas yang terdapat pada area yang kebakaran tersebut.

Jadi, jenis nozzle ini sesuai sekali bila dipakai untuk memadamkan api jarak dekat. Hal ini dikarenakan semburan airnya terbilang jauh lebih pendek. Namun meskipun begitu, sebenarnya nozzle ini tetap bisa diatur sama seperti jet nozzle. Sehingga, jenis nozzle staright variable ini pun sebenarnya juga bisa diarahkan secara lurus dan melebar seperti jet nozzle.

Ukuran Nozzle  Pemadam

sebenarnya ukuran nozzle pemadam itu bervariasi. Dimana untuk ukuran standartnya adalah dibagi menjadi 2 bagian, yaitu berukuran 1,5 dan berukuran 2,5. Untuk ukuran 1,5 ini biasa dipakai di dalam ruangan. Karena memang panjang diameternya jauh lebih kecil dari ukuran 2,5. sedangkan ukuran 2,5 digunakan untuk luar ruangan. nozzle pemadam pada dasarnya dibuat dari alumunium atau kuningan. Sehingga, alat ini sangat bagus untuk menahan korosi dan handal untuk mengatasi masalah kebakaran.

Nah, jadi seperti itulah ukuran nozzle pemadam, beserta beberapa hal yang terkait dengan nozzle untuk memadamkan kebakaran api yang harus Anda ketahui, bila Anda ingin mencoba menggunakan bantuan alat pemadam kebakaran. Bagaimana pun juga, bila Anda tidak memahami piranti – pirantinya, hal tersebut akan menjadikan Anda tidak bisa memaksimalkan atau mengoptimalkan kerja dari alat pemadam kebakaran itu sendiri.

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt