Tutorial Menggunakan Alat Pemadam dengan Teknik PASS

Tutorial menggunakan alat pemadam kadang masih membuat Anda bingung. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini akan coba disajikan bagaimana cara menggunakan alat pemadam api ringan atau APAR dengan teknik PASS.

Pasti Anda mulai bertanya-tanya apa itu teknik PASS? Teknik PASS adalah teknik menggunakan APAR dengan baik dan benar yang digunakan di seluruh penjuru dunia. Teknik ini terbagi menjadi empat tahapan yaitu pull, aim, squeeze dan sweep atau bisa disingkat PASS itu sendiri. Kebetulan, di bawah ini akan coba dijabarkan satu persatu langkahnya.

 

Step #1 Tutorial Menggunakan Alat Pemadam: Pull atau Tarik

Langkah pertama dalam menggunakan APAR adalah dengan menarik safety pinnya. Safety pin adalah komponen kecil yang terletak diantara tuas APAR. Fungsi dari safety pin ini adalah menjaga tuas agar tidak tertekan secara tidak sengaja, supaya media APAR dan tekanannya tidak berkurang sebelum digunakan.

Tutorial Menggunakan Alat Pemadam GuardALL Pull atau Tarik

Setelah safety pin dilepas, maka tuas APAR akan dengan mudah ditekan. Nah, setelah safety pin ditarik barulah Anda bisa lanjut ke langkah berikutnya.

 

Step #2 Tutorial Menggunakan Alat Pemadam: Aim atau Arahkan

Setelah APAR dilepas safety pinnya, jangan buru-buru ditekan tuasnya. Tapi, Anda harus mengarahkan nozzle atau corong yang ada pada ujung selang APAR terlebih dahulu.

Tutorial Menggunakan Alat Pemadam GuardALL Aim atau Arahkan

Dengan mengarahkan nozzle, maka media pemadam api yang keluar akan menuju tepat sasaran ke sumber api. Jika tidak diarahkan, dikhawatirkan media pemadam api akan berserakan dan pemadaman tidak akan maksimal.

 

Step #3 Tutorial Menggunakan Alat Pemadam: Squeeze atau Tekan

Nah, saat safety pin sudah dilepas dan nozzle sudah diarahkan dengan tepat, sekarang saatnya untuk menekan tuas APAR. Dengan menekan tuas APAR, maka media pemadam api dari dalam tabung APAR akan keluar. Media yang keluar tersebut akan bekerja memadamkan api.

Tutorial Menggunakan Alat Pemadam GuardALL Squeeze atau Tekan

 

Step #4 Tutorial Menggunakan Alat Pemadam: Sweep atau Sapukan

Setelah Anda menekan tuas pada APAR, secara otomatis media dari dalam tabung APAR akan keluar. Sapukan media tersebut di atas titik api dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Perhatikan juga arah angin saat memadamkan api. Jangan melawan arah angin ketika menyemprotkan media APAR, karena jika melawan arah angin, media APAR akan berbalik dan pemadaman api tidak akan maksimal.

Tutorial Menggunakan Alat Pemadam GuardALL dengan Cara Sapukan

Setelah mengetahui cara menggunakan APAR, diharap Anda dapat menggunakannya dengan baik. Jika Anda belum memiliki APAR, segera hubungi kami dan dapatkan APAR berkualitas untuk memberikan proteksi di sekitar Anda.

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt