Hal yang Perlu Diketahui Tentang Standar Tanda APAR

Tanda APAR adalah benda yang masih sering dianggap sepele dalam upaya proteksi terhadap kebakaran. Padahal benda ini memegang peran penting, saat terjadi kebakaran. Bila terjadi kebakaran, tanda ini akan mengarahkan security atau petugas untuk menemukan APAR guna memadamkan api.

Seperti semua hal yang menyangkut tentang kesehatan dan keselamatan kerja pasti memiliki standar tersendiri. Tak terkecuali tanda penunjuk APAR yang memiliki ukuran, warna dan juga penempatan yang harus diikuti dengan baik. Standar-standar ini akan memaksimalkan upaya pencegahan atau meminimalisir bencana kebakaran.

 

Poin-poin Standar Tanda APAR

Meski masih dipandang sebelah mata, namun ternyata tanda penunjuk APAR ini tidak boleh dipersiapkan dengan sembarangan. Saking pentingnya benda ini, sampai-sampai ada Permenakertrans yang mengaturnya. Tanda alat pemadam api ringan ini diatur dalam Permenakertrans RI No 4/MEN/1980, yang rangkumannya adalah sebagai berikut:

  • Tanda penunjuk APAR harus berbentuk segitiga sama sisi
  • Ukuran tiap sisi dari segitiga tanda penunjuk APAR ini adalah 35 cm
  • Tanda penunjuk APAR harus berwarna dasar merah
  • Tinggi huruf yang ada dalam segitiga tanda penunjuk APAR adalah 3 cm dan berwarna putih
  • Tanda panah dalam segitiga tanda penunjuk APAR harus berukuran 7,5 cm dan berwarna putih

Tanda APAR yang Sesuai Standar

Standar yang dibuat di atas dimaksudkan untuk membuat tanda APAR terlihat oleh pengguna APAR saat terjadi kebakaran. Pemilihan bentuk, warna dan ukuran tersebut dianggap secara psikologis dapat memancing perhatian manusia dengan cepat, meski dalam keadaan darurat.

 

Standar Pemasangan Tanda APAR

Sebelum membahas bagaimana cara memasang tanda penunjuk APAR, ada baiknya mengetahui standar pemasangan APAR di dinding terlebih dahulu. APAR sebaiknya dipasang menggantung pada dinding minimal 15 cm dari lantai. Hal ini untuk menghindari APAR tersenggol atau medianya menjadi lembab karena terpapar suhu lantai.

Tanda APAR Standar Pemasangannya

Lalu, untuk standar pemasangan APAR yang ideal adalah 125 cm dari lantai dan diberi tanda APAR tepat di atas APAR tersebut. Supaya APAR mudah ditemukan saat akan digunakan, karena ada penunjuk APAR tepat di atas alat pemadam api ringan tersebut.

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt
%d blogger menyukai ini: