Gak Bakal Tabung APAR Meledak, Soalnya GuardALL Ada Fitur Ini!

Sobat Api pasti sudah mengenal apa itu APAR (Alat Pemadam Api Ringan), kan? Tapi tahu nggak sih, kalau ternyata tabung APAR bisa meledak?

Lho, memangnya apa yang menyebabkan tabung sampai bisa meledak? Ya, salah satu penyebab terjadinya hal seperti itu adalah akibat overpressure/kelebihan tekanan di dalam tabung.

Padahal kejadian seperti itu bisa diatasi dengan fitur khusus pada tabung, lho! Seperti fitur yang sudah dipakai oleh GuardALL, yaitu rupture disc/bursting disc.

Apa Itu Rupture Disc?

pakai rupture disc gak-bakal tabung apar meledak

Rupture disc/bursting disc adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk melindungi wadah bertekanan (seperti tabung, pompa, dan pipa) dari tekanan berlebih atau tekanan negatif yang berbahaya, salah satunya melindungi tabung APAR

Kapan dan Bagaimana Rupture Disc akan Bekerja?

Rupture disc akan bekerja ketika tekanan di dalam tabung telah mencapai batas maksimal dari kekuatan tabung APAR atau melebihi batas keamanan yang telah ditetapkan.

Perangkat ini memiliki toleransi tekanan maksimal >5-10% dari batas tekanan maksimal.

Karena untuk toleransi maksimal tekanan dari bursting disc ini digantungkan pada beberapa faktor, seperti bahan yang digunakan, sifat dari bahan, ketebalan, suhu, diameter bukaan, hingga geometri ledakan.

Kemudian jika tekanan melebihi batas toleransi, maka secara otomatis rupture disk pada APAR akan pecah dan mengeluarkan tekanan berlebih dari dalam tabung.

Proses pemecahan komponen rupture disc sangat cepat, yaitu hanya beberapa milidetik dari awal terdeteksi overpressure. Sehingga tabung APAR akan tetap aman dan tidak meledak.

rupture disc tabung anti meledak

Rupture disk pada APAR atau yang bisa juga disebut dengan safety valve ini biasanya dibuat menggunakan material anti karat, seperti:

  • Stainless steel,
  • Nikel,
  • Material berbahan dasar nikel (inconel atau hastelloy),
  • Tantalum, atau
  • Kombinasi dengan plastik tahan karat seperti FEP dan PTFE.

Tentu saja dengan adanya fitur seperti ini pada tabung GuardALL, akan membuatnya menjadi lebih aman dan tabung APAR meledak dapat diantisipasi dengan baik.

Menariknya, GuardALL merupakan satu-satunya merek di Indonesia yang telah menggunakan fitur rupture disc, lho!

Kenapa Rupture Disc Ini Hanya Ada di APAR GuardALL?

safety valve co2 guardall agar tidak meledak

GuardALL memiliki tujuan untuk menyediakan peralatan pemadam kebakaran dengan kualitas terbaik. Dengan seperti itu, lingkungan akan menjadi lebih aman dan keselamatan dari kebakaran juga akan lebih terjamin.

Kemudian jika Anda bertanya kenapa fitur ini ada di APAR GuardALL, alasannya adalah karena produk GuardALL telah mengikuti standar Internasional yang berlaku.

Jadi, GuardALL tidak hanya memberikan kualitas terbaik pada produk saja, melainkan mengutamakan keamanan dan keselamatan juga, baik dalam penggunaan maupun penempatan APAR.

GuardALL telah tersertifikasi CE (Conformité Européenne) yang merupakan standar keselamatan yang harus dipenuhi oleh produsen tabung pemadam api di Eropa mencakup standar untuk desain, pembuatan, dan pengujian.

Bisa dikatakan kalau APAR GuardALL sudah memenuhi standar keselamatan yang berlaku di Uni Eropa. Sehingga aman untuk digunakan siapa saja di berbagai negara seluruh dunia. Jika Anda menakutkan tabung APAR meledak, tidak perlu khawatir, karena kemungkinan besar hal tersebut tidak akan terjadi.

Ingin tahu seperti apa produk GuardALL dibuat? Cek video di bawah ini:

Dengan ketekunan dan inovasi GuardALL untuk memberikan kualitas dan keamanan terbaik, membuat GuardALL mendapatkan kepercayaan di pasar Internasional.

Salah satu fitur keamanan yang kami tonjolkan di sini, yaitu ruputure disc/bursting disc yang menjamin keselamatan pengguna maupun keawetan produk APAR GuardALL.

tabung tidak meledak pakai safety valve apar

Bagaimana, sangat menarik, kan? Nah, jika Sobat Api menggunakan produk GuardALL, maka sudah tidak perlu khawatir lagi tabung APAR meledak.

Sekarang, Anda juga menjadi lebih tenang tanpa rasa khawatir ketika menempatkan alat pemadam api di tempat-tempat lembab dan bersuhu ekstrim, seperti area industri, lingkungan maritim, ruang mesin/panel, dll.

GuardALL, Siap Berikan Perlindungan Maksimal Tanpa Takut APAR Meledak

pakai guardall tabung anti ledak

Jadi, tunggu apalagi? Sudah terbukti, bahwa APAR GuardALL sudah memiliki standar keamanan tabung yang sangat tinggi. Sehingga Sobat Api tak perlu takut lagi kalau tabung APAR akan meledak. Pasti aman, kok!

Oiya, Sobat Api juga harus tahu, kalau di Indonesia cuma APAR GuardALL saja lho yang punya fitur seperti ini. Bagaimana? Mantap, kan?

GuardALL menyediakan semua jenis APAR, seperti Powder, Foam, CO2, dan Liquid gas dengan kapasitas 1 kg hingga 9 kg.

Selain memiliki standar Internasional CE, APAR GuardALL juga sudah lulus dari serangkaian pengujian dari Laboratorium Damkar DKI Jakarta dengan nomor sertifikat LAB-DAMKAR-DKI-NO 46/LHU/VI/2018.

Kemudian untuk masa garansi semua jenis APAR GuardALL juga cukup lama, yaitu hingga 5 tahun, lho! Ditambah lagi dengan pengintegrasian tabung dengan aplikasi Firecek secara gratis.

Tidak cuma itu, karena masih ada banyak lagi keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan alat pemadam api GuardALL. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang APAR GuardALL.

Yuk, lindungi diri dan aset dari kebakaran menggunakan alat yang berkualitas, sehingga tabung APAR meledak tidak akan terjadi lagi. GuardALL, saat yang terbaik yang dibutuhkan!

Referensi:

Leave a Comment

checklist pemeriksaan apar bagaimanaperlengkapan pemadam kebakaranPeralatan apa saja yang digunakan pemadam kebakaran?