Standar Desain Jarak Hydrant Pillar Pemadam Kebakaran Menurut NFPA

Saat melakukan instalasi fire hydrant, hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah standar desain jarak hydrant. Konstruksi fire hydrant harus direncanakan dengan matang dan mengacu pada standar SNI dan NFPA. Oleh karena itu, pengerjaan instalasi fire hydrant harus diserahkan kepada kontraktor hydrant terpercaya.

Peraturan Internasional Tentang Standar Desain Jarak Hydrant

standar desain jarak hydrant sesuai NFPAPemasangan hydrant pillar merupakan hal yang sangat penting dalam instalasi fire hydrant. Hydrant pillar merupakan komponen yang berperan sebagai output atau jalan keluarnya media air yang dibawa oleh jaringan pipa hydrant. Komponen inilah yang nantinya disambungkan ke fire hose reel atau slang pemadam kebakaran.

Umumnya, hydrant pillar terletak di luar area gedung dan berdekatan dengan hydrant box outdoor. Hydrant pillar memiliki katup untuk menyambungkan pasokan air ke slang pemadam kebakaran. Melalui slang inilah pasokan air dari water reservoir bisa mencapai titik kebakaran, sehingga api bisa dipadamkan.

Mengingat pentingnya fungsi hydrant pillar, maka desain jarak hydrant pillar harus sesuai standar. Pemasangan hydrant pillar diatur dalam NFPA 20. Standar ini mengatur tentang instalasi pompa hydrant dan perlengkapannya sebagai sistem proteksi kebakaran. Termasuk standar tentang desain jarak hydrant.

National Fire Protection Association (NFPA) sendiri merupakan asosiasi proteksi kebakaran dari Amerika yang mengeluarkan standar dan kode. Standar yang dikeluarkan oleh NFPA digunakan sebagai acuan internasional dalam ruang lingkup pencegahan kebakaran, kelistrikan, serta keamanan gedung.

Cara Menentukan Desain Jarak Hydrant Sesuai Standar NFPAstandar desain jarak hydrant pillar menurut nfpa

Pemasangan hydrant pillar yang tepat sangat penting untuk memudahkan petugas pemadam kebakaran atau pertugas yang terlatih dalam mengambil tindakan ketika terjadi kebakaran. Baik untuk memudahkan pencarian lokasi hydrant pillar, pemasangan slang pemadam, serta proses pemadaman api kebakaran itu sendiri.

Proses pemasangan hydrant pillar secara tepat harus mengacu pada standar NFPA 20. Menurut standar tersebut, desain jarak hydrant yang bagus sesuai standar adalah 35 – 38 meter. Standar ini ditetapkan mengingat bahwa panjang slang pemadam kebakaran yang umumnya digunakan adalah mencapai 30 meter.

Menurut standar NFPA 20, jangkauan yang dapat dicakup oleh satu komponen hydrant pillar bisa mencapai luas 1.000 meter persegi. Jika dikonversikan, maka radius atau jaraknya menjadi 30 meter. Hal ini juga sudah mempertimbangkan faktor semprotan air yang keluar dari nozzle dimana umumnya mencapai jarak 5 meter.

Berdasarkan standar desain jarak hydrant tersebut, maka pemasangan antar komponen hydrant pillar harus diberi space sepanjang 35 – 38 meter. Selain desain jarak hydrant, standar NFPA juga mengatur pemasangan fire hydrant terkait hal-hal berikut:

  • Pemasangan pompa hydrant untuk menyedot air dari water reservoir menuju ke jaringan pipa hydrant harus memperhatikan jumlah output dari hydrant pillar dan hydrant box
  • Bangunan gedung yang memiliki 8 lantai atau lebih harus dilengkapi dengan fire hydrant agar bisa mencegah api merambat ke bangunan atau gedung lain yang ada di sebelahnya.
  • Hydrant box dan hydrant pillar diletakkan pada area yang mudah dilihat serta mudah dijangkau tanpa adanya halangan apapun.

Produk Fire Hydrant Terbaik, Standar NFPA Sertifikasi UL FM

standar desain jarak hydrant pillar Selain desain jarak hydrant, instalasi fire hydrant juga harus menggunakan produk yang sesuai dengan standar NFPA. Fire hydrant GuardALL merupakan pilihan produk yang paling tepat karena telah sesuai dengan standar NFPA dan bersertifikasi UL FM.

Fire hydrant GuardALL dirancang secara khusus dengan akurat untuk melindungi gedung dan aset berharga bisnis Anda. Hydrant pillar GuardALL didesain secara khusus anti bocor menggunakan material baja pilihan dan seal berkualitas. GuardALL menyediakan perlengkapan fire hydrant yang terdiri dari:

Selain menyediakan komponen hydrant berkualitas, GuardALL juga didukung oleh fire engineer berpengalaman yang akan membuat sistem perlindungan kebakaran lebih aman. Instalasi fire hydrant akan selalu dilakukan sesuai dengan standar, sehingga sudah dipastikan bisa berfungsi optimal saat terjadi kebakaran.

Itu dia standar desain jarak hydrant menurut NFPA 20 yang wajib diterapkan. Agar pemasangan instalasi hydrant lebih aman dan bisa berjalan optimal, maka pastikan Anda menggunakan jasa kontraktor hydrant terpercaya. Jika ingin berkonsultasi, Anda juga bisa menghubungi kontak kami.

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt