Spesifikasi Fire Hydrant Pillar

Spesifikasi fire hydrant pillar yang paling mendasar terbuat dari besi, pada bagian ujung ( nozzle ) terbuat dari bahan Brass. Memiliki pembuka katub ke arah kiri dengan ditandai anak panah.

Spesifikasi fire hydrant pillar

Mengacu pada standar NFPA spesifikasi fire hydrant pillar dibagi dalam empat kategori:
1. Fire hydrant dengan kapasitas pompa lebih dari 1500 gpm masuk sebagai katagori kelas AA, biasanya ditandai dengan cap berwarna biru.
2. Fire hydrant dengan kapasitas pompa antara 1000 sampai 1499 gpm digolongkan katagori A, ditandai dengan cap berwarna hijau.
3. Fire hydrant dengan kapasitas pompa antara 500 hingga 999 gpm digolongkan katagori B, ditandai dengan cap hydrant berwana orange.
4. Fire hydrant katagori C kapasitas pompa antara 0 hingga 499 gpm, ditamdai dengan bagian cap berwarna merah.

Hal ini berfungsi untuk membantu petugas kebakaran menentukan berapa banyak konsumsi air yang tersedia, sehingga petugas pemadam kebakaran dapat menentukan penambahan suplai air.

Instalasi fire hydrant terpasang terpendam di dalam tanah dan diatas tanah. Pemasangan di dalam tanah ( inbow ) memiliki keuntungan instalasi terlihat rapi namun susah dalam perawatan, sedangkan instalasi diluar tanah ( outbow ) terkesan kurang rapi namun memudahkan kita dalam perawatan, saat instalasi mengalami kebocoran dapat segera diketahui dan mudah dalam perbaikan.

Spesifikasi Fire Hydrant Pillar Berdasarkan Type

Spesifikasi Fire hydrant pillar type One Way memiliki lubang inlet 3 inchi dengan 1 outlet 2,5 inchi, bagaimana hydrant pillar one way terhubung dengan jaringan pipa utama ? Tergantung seberapa besar ukuran jaringan pipa utama yang tersedia, 6 inchi 4 inchi atau 3 inchi. Jika jaringan utama lebih besar dari inlet hydrant pillar two way di butuhkan penyesuaian agar dapat terhubung dengan baik.

Pada spesifikasi hydrant pillar type Two Way memiliki spesifikasi inlet dengan diameter 4 inchi dan masih masing outlet berdiameter 2 inchi, untuk menghubungkan hydrant pillar type two ke jalur instalasi utama pada prinsipnya sama dengan hydrant pillar one way. Instalasi pada jaringan utama minimal berdiameter sama atau lebih besar dari inlet fire hydrant two way, tidak disarankan terpasang pada jaringan utama yang lebih kecil dari ukuran inlet hydrant pillar type two way.

Spesifikasi hydrant pillar type tree way dengan ukuran inlet lebih besar dibandingkan dengan hydrant pillar type one way maupun two way, prinsip yang sama dengan beberapa type hydrant pillar lain bahwa tidak disarankan dipasang pada instalasi hydrant berdiameter di lebih kecil dari inlet. Untuk diketahui ukuran inlet dan outlet fire hydrant pillar tree way adalah 6 inch x 2,5 inch x 2,5 inch.

Coupling tersedia dalam 2 varian machino coupling dan VDH. Untuk permintaan khusus silahkan hubungi kami.

Menentukan Spesifikasi Fire Hydrant Pillar

Bagaimana menentukan spesifikasi hydrant pillar yang tepat untuk kebutuhan sistem kebakaran Anda ?
Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menentukan spesifikasi fire hydrant pillar

• Luas area dan resiko yang akan kita proteksi dari bahaya kebakaran.
• Luas area dan resiko menentukan ukuran pipa utama.
• Kedua hal diatas akan menentukan seberapa besar kebutuhan pompa hydrant yang harus kita gunakan.

Pasang sistem kebakaran dengan benar, kesalahan menentukan spesifikasi dapat berakibat sistem tidak bekerja secara maksimal bahkan beresiko tidak dapat di digunakan. Jangan sampai investasi yang sudah Anda keluarkan menjadi sia sia.

Leave a Comment

Fire Hydrant Box GuardALL