SOP Pelatihan Jika Terjadi Kebakaran Lengkap Ada di Sini!

SOP pelatihan jika terjadi kebakaran harus kamu ketahui supaya tahu apa yang harus dilakukan saat kebakaran terjadi. Dan yang terpenting agar kamu tahu bagaimana cara yang tepat untuk menyelamatkan diri dan juga meminimalisir kerugian dan dampak yang timbul dari kebakaran. Yuk cek selengkapnya di sini!

Poin-poin SOP Pelatihan Jika Terjadi Kebakaran

Jika terjadi kebakaran, hal yang harus kamu lakukan adalah tetap tenang, namun selalu siaga. Setelah itu, silakan ikuti langkah-langkah SOP pelatihan jika terjadi kebakaran di bawah ini:

  1. Cari atau identifikasi titik api
  2. Segera hubungi regu pemadam kebakaran
  3. Jika dirasa kebakaran dapat dipadamkan menggunakan alat pemadam api ringan atau APAR, maka segera padamkan titik api tersebut.
  4. Jika upaya pemadaman api menggunakan APAR tidak dapat dilakukan, maka segera hubungi lagi regu pemadam kebakaran. Lalu, segera evakuasi diri dan juga barang berharga milikmu serta matikan sumber listrik jika masih memungkinkan.
  5. Setelah semua berkumpul pada titik temu, segera lakukan absensi dan pastikan tidak ada orang yang tertinggal di dalam area kebakaran.

SOP Pelatihan Jika Terjadi Kebakaran Tahap Awal

SOP Penggunaan APAR Jika Terjadi Kebakaran

Seperti yang sama-sama kita ketahui, selain harus memahami SOP saat kebakaran terjadi, kamu juga paling tidak harus mengetahui cara menggunakan alat pemadam api ringan. Dengan mengetahui cara menggunakan alat pemadam api ringan atau APAR, setidaknya upaya pencegahan kebakaran pada tahap awal dapat dilakukan.

Ada empat langkah yang harus diperhatikan untuk menggunakan alat pemadam api ringan dengan baik dan benar. Langkah tersebut sering kali di singkat menjadi PASS (Pull, Aim, Squeeze, Sweep) yang akan dijabarkan di bawah ini:

  • Pull: tarik safety pin yang ada pada tuas APAR
  • Aim: arahkan ujung selang atau nozzle ke arah titik api
  • Squeeze: tekan tuas APAR untuk mengeluarkan media pemadam api dari dalam tabung APAR
  • Sweep: sapukan media pemadam api ke titik api dari kiri ke kanan

SOP Pelatihan Jika Terjadi Kebakaran dan Cara Penggunaan APAR

Nah, itulah langkah-langkah beserta SOP pelatihan jika terjadi kebakaran yang harus kamu pahami dan perhatikan. Hal ini dapat menyelamatkan diri dan asetmu dari bahaya kebakaran yang mungkin terjadi.

Selain itu, kami juga menghimbau untuk menyediakan alat pemadam api GuardALL di area sekitarmu. Supaya kebakaran bisa cepat ditangani dan tidak meluas.

Masih ada pertanyaan seputar upaya pencegahan kebakaran atau fire protection, jangan sungkan-sungkan tanyakan pada kami melalui kolom komentar.

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt
%d blogger menyukai ini: