Sistem Kerja Alat Pemadam Kebakaran Otomatis

Ketahui Sistem Kerja Alat Pemadam Kebakaran Otomatis disini.

Sistem Kerja Alat Pemadam Kebakaran Otomatis

Guna meminimalkan terjadinya resiko kebakaran, maka dari itulah diperlukan penggunaan alat pemadam kebakaran otomatis. Dengan cara inilah, penanganan terhadap kebakaran bisa segera diatasi. Pencegahan yang seperti ini penting sekali. Karena bila sampai terjadi kobaran api yang makin membesar, dan ada media pendukungnya, seperti udara dan lain – lain, hal ini bisa menyebabkan kerugian yang besar, entah itu untuk materi dan juga korban jiwa.

Untungnya, kini sudah ada alat pemadam kebakaran otomatis yang merupakan serangkaian alat untuk mengatasi api yang berkobaran dimana – mana dengan cara memutuskan aliran oksigen. Bila digambarkan secara awam, saat alat ini bekerja, maka akan terjadi sebuah reaksi kimia yang akan memadmkan api secara otomatis.

Sistem Kerja Alat Pemadam Kebakaran Otomatis

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan disampaikan system kerja dari alat pemadam kebakaran otomatis sebagai berikut ini:

  • System kerja dari alat pemadam kebakaran otomatis ini sebenarnya bekerja saat detector pecah di titik suhu tertentu yang ditentukan. Hal ini terjadi ketika bahan yang terdapat di dalam tabung semakin mengembang dikarenakan adanya suhu yang makin memanas.
  • Nah, karena suhu itulah, membuat daya tekan dari tabung menjadi mampu memecahkan kaca yang melindungi di bagian tabung luarnya, selanjutnya alat ini akan mengeluarkan sebuah media yang berguna untuk memadamkan api yang menyala, ke sumbernya secara langsung.
  • Di bagian luar tabung, karena sifatnya lebih ringan dibandingkan udara, karena itulah proses untuk pemadaman api terjadi dari bawah, kemudian seiring berjalannya waktu, bahan itu akan naik ke atas hingga kemudian api pada bagian atas akan langsung dipadamkan dengan baik.
  • Selanjutnya, selama 3 sampai 5 menit kemudian, sesudah api padam, maka gas itu akan menghilang secara otomatis dengan sendirinya. Dalam sebuah alat pemadam kebakaran otomatis ini setidaknya dilengkapi dengan 10 bahan dari pembentuk gas yang dipastikan tidak akan membahayakan kesehatan manusia ketika alat ini digunakan untuk memadamkan kebakaran api yang terjadi di sekitar area.

Jangkauan Area Alat Pemadam Kebakaran Otomatis

Alat ini bisa bekerja dengan jarak 7 sampai dengan 8 meter persegi secara efektif dari lingkungan pemasangannya. Maka dari itulah, bila ruangan yang ingin diproteksi itu jauh lebih besar dari jangkauan area alat ini, maka sebaiknya pasangkan alat pemadam yang jauh lebih banyak dari ruangan yang ingin diproteksi, supaya nantinya semua bagian ruangan bisa diproteksi dengan sangat baik. Selanjutnya, untuk pengaturan jaraknya antara satu dengan yang lain itu bisa disesuaikan dengan desain dari ruangannya sendiri.

Alat pemadam ini bisa bekerja dengan baik di suhu 68 derajat C. karena itulah, pada dasarnya alat pemadam kebakaran otomatis ini akan bekerja dengan baik bila digunakan untuk memproteksi dalam ruangan. Misalnya saja untuk diletakkan pada bagian plafon ruangan, data center, ruang generator, dapur, pada mesin, dan beberapa tempat yang lainnya. Kemudian berbicara tentang harganya, alat cukup terjangkau dengan media 5kg, harga sekitar 2 jutaan rupiah.

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt