Selang Pemadam EPDM

Selang Pemadam EPDM, Fungsi, Spesifikasinya

Selang Pemadam EPDM

Selang pemadam EPDM atau biasa di sebut selang pemadam merupakan item penting bagi sebuah tim pamadam kebakaaran. Sebelum pembahasan lebih jauh, sudah seharusnya kita memiliki pengetahuan tentang selang pemadam kebakaran. Selang tidak hanya digunakan untuk mendistribusikan air dari mobil pemadam, tapi juga mendistribusikan air dari hydrant pillar. Selain itu selang pamadam kebakaran memiliki ukuran yang berbeda beda tergantung tempat penggunaanya.

Selang pemadam kebkaranmemiliki ukuran dan bahan yang berbeda beda, ada yang terbuat dari canvas, polyster, dan red rubber. Contoh selang yang baik adalah selang yang ukurannya dapat menjangkau ke titik api, serta dapat menahan tekanan air yang tinggi misalnya mencapai 18-20 bar, sehingga selang pemadam ini tidak mudah rusak atau bocor karena mandapat tekanan air dibawah 18 bar.

Fungsi selang pemadam EPDM

Selang pemadam EPDM atau selang pemadam api adalah selang yang digunakan dalam upaya memadamkan kebakaran yang terjadi. Panjang selang pemadam api umumnya mencapai 30 meter. Dengan bermacam – macam ukuran yang bisa digunakan. Untuk penempatan proteksi pemadam kebakaran dalam ruangan (indoor) biasanya menggunakan ukuran selang 1.5 Sedangkan untuk selang pemadam api luar ruangan menggunakan ukuran yang lebih besar yaitu 2.5 Selang pemadam api mengalirkan air bertekanan baik dari jaringan instalasi fire hydrant maupun mobil pemadam kebakaran. Untuk itu selang pemadam api didesain khusus agar tidak mudah rusak dalam memadamkan api. Proses pemadaman dapat menjadi lebih cepat karena posisi selang bisa digulung dan ditarik mendekat ke lokasi titik kebakaran. Jenis selang pemadam api yang umum dipakai antara lain

Perbedaan selang pemadam EPDM dengan tipe Rubber

Selang Pemadam EPDM
Selang pemadam api ini menggunakan bahan kanvas berkualitas tinggi agar tidak mudah rusak dan bocor saat digunakan. Selang kanvas memiliki ketahanan air hingga mencapai tekanan 13bar, sangant memungkinkan di gunakan untuk mobil pemadam dan hydrant pillar yang secara umum berada di tekanan 13 bar atau kurang. Sselang pemadam EPDM juga sangat ccocok di gunakan di indonesia dengan cuaca yanng tak meentu.

Selang pemadam red rubber
Selang pemadam api red rubber memiliki ciri unik yaitu berwarna merah cerah. Berbeda dengan warna selang lain, warna merah ii juga mencolok. Material yang di gunakan pun berkualitas tinggi, sehingga cocok di gunakan untuk memadamkan api dalam lingkungan proyek dalam sebuah perusahaan.
Ukuran umum selang red rubber yaitu 1.5 ; 2.5 dan 4, sementara panjangnya 20 dan 30 m.

Jika ada pertanyaan seputar harga. Silahkan kirimkan kebutuhan anda ke email info@guardall.co.id atau bisa langsung menghubungi ke nomer 024 – 76400888.

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt