Sejarah Perkembangan Alat Pemadam Kebakaran

Melihat dari Sejarah Alat Pemadam Kebakaran dari waktu ke waktu kini semakin meningkat dan semakin baik. Dimana perkembangannya tersebut kemudian mulai dikembangkan seiring dengan berjalannya peraturan yang telah ditetapkan di setiap Negara. Dimana peraturan tersebut telah disesuaikan pula dengan standarisasi setiap Negara. Maka dari itulah, alat pemadam kebakaran kini mulai dikembangkan dengan spesifikasi yang tidak sama.

Sejarah Perkembangan Alat Pemadam Kebakaran

Misalnya saja seperti alat pemadam kebakaran yang ada saat ini,  seperti alat pemadam kebakaran portable, alat pemadam kebakaran otomatis, dan masih banyak yang lainnya. Bila sekarang ini Anda hanya mengenal beberapa jenis alat pemadam kebakaran yang sudah tersaji secara otomatis, namun tahukah Anda bahwa ternyata sebelum adanya alat pemadam kebakaran yang modern tersebut, dulunya hanya ada alat pemadam kebakaran yang tradisional dan biasa saja?

Maka dari itulah, dalam kesempatan kali ini, akan kami sampaikan Sejarah Alat Pemadam Kebakaran dari yang tradisional sampai dengan yang modern, seperti saat ini, antara lain:

Sejarah Alat Pemadam Kebakaran Timeline

200 BC

Alat pemadam kebakaran yang satu ini menggunakan model dari Alexandria dimana desain yang digunakan sebenarnya hanya untuk mempermudah Anda dalam memadamkan api menggunakan air saat terjadi kebakaran. Jadi, bisa dibilang bahwa alat pemadam kebakaran yang satu ini sebenarnya hanya dibuat untuk meringankan sulitnya membawa ember dari tangan ke tangan untuk memadamkan api. Karena itulah, dibuatlah pompa tangan yang berguna untuk memadamkan api dengan alat ini.

Sejarah Alat Pemadam Kebakaran Pertengahan Abad 15

Di tahun ini, alat pemadam kebakaran mulai menggunakan teknik penyemprotan, dimana alat yang digunakan sudah mulai dikembangkan menggunakan alat yang dibuat sama seperti sebuah pompa sepeda. Alat pemadam kebakaran yang satu ini dulunya mulai dipakai di tahun 1666 saat terjadi kebakaran yang besar di London. Sejak saat itulah, alat ini mulai dikenal oleh semua orang.

1819

Pada tahun 1819, seorang kapten, bernama George Manby telah menciptakan sebuah alat pemadam api ringan yang pertama kalinya sudah menggunakan versi modern. Alat ini diciptakan menggunakan sebuah kapal tembaga yang kemudian disemprotkan dengan larutan kalium karbonat memakai sebuah kompresi udara. Sehingga, kemudian alat ini pun mulai dikenal oleh semua orang.

1912

Di tahun 1912 inilah sat itu alat pemadam kebakaran sudah mulai memakai bahan dari karbon tetraklorida. Dimana bahan ini kemudian dibuat secara masal. Alat pemadam kebakaran yang satu ini tepat sekali dipakai untuk memadamkan api kebakaran yang disebabkan oleh listrik dan cairan. Karena itulah waktu itu, alat pemadam dengan karbon tetraklorida ini mulai dikenal oleh semua orang. Meskipun kemudian alat ini mulai dihentikan.

Karena ternyata bahan yang digunakan tidak aman dipakai di ruangan yang sempit. Bahkan telah banyak korban yang berjatuhan dikarenakan penggunaan alat pemadam kebakaran yang satu ini di ruangan yang kecil. Ada banyak orang yang meninggal karena bahan ini, karena tenyata bahan karbon tetraklorida ini sangat beracun.

Sejarah Alat Pemadam Kebakaran Abad 20

Di masa inilah kemudian alat pemadam kebakaran yang sudah modern mulai diperkenalkan di khalayak umum. Di saat itu juga kemudian mulai diperkenalkan berbagai macam jenis alat pemadam kebakaran dengan model dan bahan yang tidak sama dan lebih bervariasi. Kebanyakan alat pemadam kebakaran yang diciptakan adalah menggunakan pompa yang bertekanan kuat. Sehingga, saat terjadi kebakaran, maka pemadaman bisa dilakukan dengan cepat.

Recommended Posts
Comments
pingbacks / trackbacks
  • […] baru, tentu mereka akan asing dengan istilah alat pemadam api jenis abc. Padahal, yang namanya alat pemadam kebakaran itu terbagi atas berbagai varian macam. Dimana untuk lebih lengkapnya akan kami sampaikan sedikit […]

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt