Ruangan yang harus dilengkapi dengan Alat Pemadam Api Ringan

Ruangan yang harus dilengkapi dengan Alat Pemadam Api Ringan

Alat Pemadam Api Ringan merupakan alat yang digunakan saat terjadi kebakaran. Walaupun APAR sendiri memiliki keterbatasan waktu semprot, jumlah media, dan jaraknya, APAR masih menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mengatasi kebakaran kecil yang terjadi. kita semua tahu bahwa alat pemadam kebakaran sangat penting untuk ada di setiap lantai di rumah dan tempat kerja, namun apakah anda sadar akan tempat terbaik untuk menyimpannya? Sementara memiliki alat pemadam kebakaran sangat direkomendasikan, itu hanya satu langkah untuk bersiap menghadapi keadaan darurat kebakaran. Untuk benar-benar menjaga rumah dan kantor Anda tetap aman, Anda harus menjaga agar alat pemadam tetap dalam kondisi baik dan siap digunakan saat inspeksi, dan simpan di ruangan yang tepat, yang memiliki risiko kebakaran tertinggi.

Ruangan yang harus dilengkapi dengan Alat Pemadam Api Ringan antara lain?

Dapur

Ruang yang paling penting untuk menyimpan alat pemadam kebakaran adalah dapur, karena 65 persen dari semua kebakaran dimulai di dapur. Hal ini sangat penting saat mempertimbangkan fakta bahwa sebagian besar kebakaran dapur melibatkan minyak, dan api minyak terbakar sangat panas dan tidak dapat dipadamkan begitu saja dengan air. Jangan simpan Alat pemadam di dekat kompor, karena suhu panas dari Kompor dapat merusak lapisan tabung. Alat pemadam harus sekitar 9 meter dari kompor untuk akses terbaik. Tidak semua alat pemadam kebakaran dibuat sama, jadi pastikan Anda memiliki alat pemadam Kelas K di dapur. Alat pemadam ini digunakan untuk melawan api dapur dan dirancang untuk memadamkan api yang disebabkan oleh minyak nabati dan lemak hewani.

Ruang Laundri

Ruang umum lain yang berpotensi terjadinya api di rumah adalah ruang cuci, khususnya mesin pengering. Pengering Anda sangat mudah terbakar karena suhu mesin tinggi. Untuk mengurangi kemungkinan kebakaran pengering, pastikan untuk membersihkan perangkat setelah penggunaan. Selain itu, periksa saluran listrik dan waspada terhadap konsleting yang diakibatkan air dari cucian. Tapi seperti yang kita tahu, alat pemadam kebakaran adalah alat terbaik untuk pencegahan kebakaran, jadi pastikan Anda juga memiliki alat pemadam di dekatnya jika terjadi keadaan darurat.

Sumber Panas Dan Listrik

Di rumah, alat pemadam kebakaran harus disimpan di dekat bahaya kebakaran potensial, termasuk perapian dan tungku. Di kantor, area dengan panel listrik dan beberapa peralatan harus memiliki alat pemadam kebakaran terdekat. Kebakaran listrik biasa terjadi di kantor-kantor yang menggunakan banyak listrik, terutama bila ada perpaduan antara sirkuit listrik dan peralatan panas di ruangan yang sama. area lain yang terdapat sumber panas antara lain ruang genset perkantoran sehingga perlu diantisipasi menggunakan APAR yang diletakkan di area tersebut.

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt