Perbedaan APAR CO2 dan Powder yang Harus Diketahui!

Perbedaan APAR CO2 dan powder sering kali menjadi hal yang dipertanyakan oleh para pengguna APAR. Mulai dari kelas kebakarannya juga bagaimana saat APAR-APAR tersebut memadamkan api.

Perbedaan APAR CO2 dan Powder Menurut Kelas Kebakarannya

Seperti yang sama-sama kita ketahui, setiap media pemadam api atau APAR memiliki karakteristiknya masing-masing. Tak terkecuali kelas kebakaran apa yang bisa dipadamkannya.

Bagi orang awam yang mungkin masih belum mengetahui tentang APAR mungkin akan menganggap APAR CO2 dan powder sama saja dan tidak menemukan perbedaan APAR CO2 dan powder. Namun, ternyata semua memiliki kekhususannya masing-masing dalam memadamkan api.

Perbedaan APAR CO2 dan Powder Menurut Kelas Kebakarannya

Misal untuk APAR CO2, APAR dengan media CO2 ini dapat memadamkan kelas kebakaran B dan C. Selain kelas kebakaran tersebut, maka alat pemadam api ini tidak akan bisa efektif untuk memadamkan api.

Lalu, untuk APAR powder, kelas kebakaran yang bisa “ditanganinya” adalah kelas kebakaran A, B dan C. Maka dari itu, APAR powder juga sering disebut APAR ABC powder.

Nah, itulah perbedaan APAR CO2 dan powder dalam hal kelas kebakaran yang bisa dipadamkan. Meski hampir sama, namun ada perbedaan yang perlu diperhatikan.

Residu dan Pengaplikasian Jadi Pembeda APAR CO2 dan Powder

Selain berbeda pada kelas kebakaran ternyata masalah residu dan pengaplikasian juga menjadi pembeda antara APAR CO2 dan powder. Untuk masalah residu, memang APAR CO2 lebih bersih dibanding APAR powder.

Ini dikarenakan APAR CO2 yang berbentuk gas tidak meninggalkan residu seperti APAR powder yang meninggalkan residu berbentuk serbuk. Maka, APAR CO2 juga disebut APAR clean agent atau APAR bebas residu.

Perbedaan APAR CO2 dan Powder Dalam Hal Residu

Dari segi pengaplikasian APAR powder lebih mudah, hanya perlu memperhatikan arah angin saja jika menggunakan APAR powder. Berbeda dengan penggunaan APAR CO2, dalam kondisi coffin space (tempat tertutup) APAR CO2 tidak boleh digunakan. Pastikan jika menggunakan APAR CO2, ruangan tersebut memiliki sirkulasi udara yang baik serta menggunakan breathing apparatus.

Nah, itulah hal yang berbeda antara APAR powder dan CO2 yang perlu kamu perhatikan. Jangan sampai kamu tidak mengetahuinya karena akan berdampak pada proteksi kebakaran yang kamu persiapkan.

Jika kamu membutuhkan APAR CO2 dan powder, pastikan kamu menggunakan APAR berkualitas dari GuardALL ya! APAR GuardALL sudah lulus uji lab Damkar Jakarta dan tersertifikasi, juga dilengkapi dengan aplikasi APAR Firecek dan garansi selama lima tahun. Ayo segera dapatkan APAR GuardALL-mu di sini!

Perbedaan APAR CO2 dan Powder Dalam Pengaplikasian

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt
%d blogger menyukai ini: