Pengertian Fire Hydrant

Apakah anda pernah mendengar istilah fire hydrant? Apa Pengertian Fire Hydrant?

Pengertian Fire Hydrant

Mungkin pada jaman dulu istilah ini hanya terkenal di kota-kota besar saja tapi saat ini fire hydrant bukan hanya ada di kota besar saja tapi juga di kota-kota kecilpun sudah banyak terdapat sistem fire hydrant. Sebenarnya apa itu fire hydrant? Secara umum pengertian fire hydrant adalah sebuah terminal air untuk memadamkan api. Ini adalah pengertian yang banyak dipahami oleh orang. Tapi sebenarnya bukan hanya itu saja. Sistem fire hydrant adalah sebuah alat yang memiliki saluran air bertekanan, terdiri dari reservoir, pompa, saluran distribusi, dan perangkat outputnya untuk memadamkan api. Biasanya alat ini dipasang di bangunan-bangunan yang banyak digunakan orang atau fasilitas umum, seperti perkantoran, mall, gedung sekolah,dan bangunan fasilitas umum lainnya.

Pengertian Fire Hydrant harus dipahami

Menurut National Fire Protection Association (NFPA) sebaiknya fire hydrant ini dibuat dengan warna yang mencolok. Ini bertujuan agar ketika terjadi kebakaran maka orang akan bisa dengan mudah untuk menggunakan alat yang satu ini. dan yang tidak kalah pentingnya adalah warna yang dimiliki oleh setiap fire hydrant ini sama. misalnya sebuah hydrant diberi warna merah, maka sebaiknya di semua tempat dan daerah juga warna hydrant ini merah. Ini untuk memudahkan orang ketika ingin menggunakan alat yang satu ini dalam keadaan darurat.

Selain dengan warna yang mencolok, sebaiknya sistem fire hydrant juga dibuat dengan saluran air lebih dari satu, atau sistem looping (melingkar). Ini untuk mencegah adanya kerusakan atau masalah pada aliran air. Perlu diketahui bahwa setiap saluran air yang ada dalam sistem hydrant ini langsung terhubung dengan tangki penampungan atau sumur. Jadi sekarang sudah tahu kan apa itu fire hydrant? Untuk itu ketika anda masuk ke dalam sebuah gedung maka amati dulu fasilitas yang ada di dalamnya, termasuk juga fasilitas darurat seperti fire hydrant ini. dengan mengamati dan mengetahui dimana letak fasilitas-fasilitas darurat yang disediakan oleh sebuah gedung maka jika terjadi sesuatu maka anda tidak terlalu panik untuk menghadapinya. Anda bisa menggunakan fasilitas tersebut yang tentunya sesuai denggan kebutuhan saat itu.

Itulah pembahasan tentang pengertian fire hydrant. Semoga bermanfaat.

Recommended Posts
Comments
pingbacks / trackbacks

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt