Penempatan Alat Pemadam Api

Penempatan Alat Pemadam Api yang salah bisa berakibat fatal

Penempatan Alat Pemadam Api

Penempatan alat pemadam api menjadi sangat perlu kita cermati, keliru menempatkan alat pemadam api bisa jadi tidak dapat digunakan. Banyak permasalahan muncul ketika kebakaran terjadi alat pemadam api tidak dapat dijangkau karena tertutup tumpukan barang. Penempatan yang tidak terlihat oleh orang yang berada disekitar alat pemadam api, karena dipandang sebagai pengganggu estetika terkadang alat pemadam api disimpan dalam almari atau disimpan dalam tempat yang terlalu rapat. Beberapa hal diatas sangat disayangkan karena alat pemadam api tidak dapat berfungsi secara optimal, bahkan cenderung tidak bermanfaat.

Jarak Penempatan Alat Pemadam Api

Jarak penempatan alat pemadam api antara satu alat pemadam api dengan alat pemadam api lainnya jarak idealnya berjarak 15 m, ini merupakan jarak maksimal dengan mengacu kepada resiko kebakaran rendah. Jika resiko kebakaran tinggi jarak peletakan antara alat pemadam api disarankan lebih dekat, hal ini untuk mengantisipasi jika kebakaran membesar dan tidak dapat dipadamkan hanya dengan 1 tabung pemadam kebakaran. Bagaimana dengan kapasitas alat pemadam apinya ? Dalam menentukan kapasitas alat pemadam api pertimbangannya adalah seberapa besar resiko yang ada ? Semakin besar resiko kebakarannya semakin besar kapasitas alat pemadam api yang dibutuhkan, dengan mempertimbangkan siapa penggunanya. Jika penggunanya adalah wanita jangan menggunakan alat pemadam api dengan kapasitas lebih dari 4,5kg, dikawatirkan terlalu berat.

Ketinggian Penempatan Alat Pemadam Api

Berapa ketinggian yang ideal penempatan alat pemadam api ? Penempatan alat pemadam api idealnya diletakkan pada ketinggian 120 cm dari permukaan lantai, ini merupakan batas ketinggian maksimal dalam menempatkan alat pemadam api, hal ini bertujuan agar alat pemadam api mudah dijangkau saat kebakaran terjadi. Sangat tidak dianjurkan menempatkan alat pemadam api di atas lantai karena dapat mengakibatkan media powder yang berada di dalam tabung pemadam api menggumpal karena akibat kelembaban tinggi pada lantai.

Penempatan Alat Pemadam Api Tidak Terhalang

Penempatan alat pemadam api pada area industri sering ditemukan alat pemadam api terhalang oleh tumpukan material produksi, bahkan alat pemadam api tertutup rapat dan tidak terlihat sama sekali, tidak dapat di pungkiri banyaknya permintaan atau order dalam proses produksi justru mengesampingkan aspek keselamatan salah satunya alat pemadam api terhalang oleh tumpukan material produksi, tanpa disadari hal ini dapat membahayakan industri itu sendiri, saat kebakaran alat pemadam api jadi susah ditemukan.

Hindari penumpukan material produksi didepan alat pemadam api dimana alat pemadam api  diletakkan. Buat garis khusus yang berfungsi untuk melarang menempatkan barang barang di depan alat pemadam api. Hal ini bertujuan agar alat pemadam api mudah dilihat dan dijangkau sehingga saat kebakaran terjadi dapat dengan mudah di padamkan.

Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt