Pemadam Api Ringan (APAR): Pengertian dan Fungsi

Pemadam Api Ringan (APAR): Pengertian dan Fungsi

Alat Pemadam Api Ringan atau disingkat APAR adalah salah satu alat yang berfungsi sebagai pemadam api atau kebakaran yang berbentuk tabung berisi media pemadam yang ampuh memadamkan kebakaran.

Penggunaan dan pemilihan media pemadam api sendiri memiliki beragam jenis tergantung pada jenis api yang akan ditangani. Untuk mengetahui jenis api yang berpotensi terjadi di lokasi yang akan diproteksi, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Amati apa saja barang yang dapat terbakar oleh api.
  • Lihat paduan klasifikasi kelas kebakaran untuk mencocokkan potensi kebakaran atau jenis api yang mungkin terjadi.
  • Perhatikan ukuran ruangan yang akan diproteksi.
  • Ketahui apa saja media pemadam api yang ada di pasaran serta fungsi masing-masing media. Media pemadam api yang sering digunakan di Indonesia yaitu karbon dioksida, foam, dan dry chemical powder. Media-media tersebut memiliki kemampuan yang berbeda dalam menangani kebakaran. Contohnya alat pemadam api ringan dengan media karbon dioksida dapat mengatasi kelas kebakaran C, namun tidak dapat mengatasi kelas kebakaran A.
  • Ketahui merek alat pemadam api yang berkualitas dan hubungi distributor atau penyedia alat pemadam api yang terpercaya.

Di Indonesia, alat pemadam api ini sudah banyak digunakan baik untuk penggunaan pribadi, fasilitas umum, maupun pada pabrik-pabrik. Alat ini selalu disediakan di beberapa tempat di suatu bangunan sebagai alat perlindungan pertama jika terjadi kebakaran.

Penggunaan alat pemadam api ringan cukup mudah dan praktis. Dengan ukuran dan berat tabung yang berkisar 1 kg – 9 kg tentunya hampir setiap orang dapat menjinjing atau menggunakannya.

Cukup ikuti intruksi yang ada pada label alat pemadam api sebelum mulai menggunakannya. Namun cara ini tidak cocok digunakan jika Anda membacanya saat akan menggunakan alat pemadam api pada api kebakaran sungguhan. Pastinya akan memakan waktu sementara api akan terus membesar dan menyebar.

Oleh karena itu, cari tahu cara penggunaan alat pemadam api di internet atau ikuti training alat pemadam api. Training alat pemadam api biasa diselenggarakan oleh dinas pemadam kebakaran setempat atau perusahaan proteksi kebakaran atas permintaan dan tanpa biaya.

Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt