Menggunakan Alat Pemadam Api

Menggunakan alat pemadam api sangat lah mudah, sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera pada tabung

Menggunakan Alat Pemadam Api

  • Tarik pin atau kunci pengaman
  • Arahkan selang pada sumber api
  • Tekan tuas dan kibaskan selang perlahan

Langkah tersebut wajib dipahami oleh semua orang yang berada di sekitar alat pemadam api dimana alat pemadam api diletakkan.

Apakah dengan mengetahui cara menggunakan alat pemadam api sudah kita anggap cukup ?

Tidak. Karena menggunakan alat pemadam api  khususnya di lingkungan industri, masih ada beberapa pengetahuan tambahan yang harus dipahami. Antara lain.

Cara Mengatur Regu Pemadam Menggunakan Alat Pemadam api

Hal ini merupakan point tambahan agar regu pemadam kebakaran yang sudah kita bentuk di perusahaan dapat Menggunakan Alat Pemadam Api lebih efektif dan efisien. Pastikan regu pemadam kebakaran melakukan pengecekan secara rutin untuk memastikan tekanan alat pemadam api dalam kondisi normal, dan siap digunakan saat keadaan darurat terjadi. Informasikan dan pisahkan alat pemadam api jika saat melakukan inspeksi kita menemukan alat pemadam api sudah tidak bertekanan ( jarum penunjuk pada pressure gauge berada pada posisi red sector ) agar di lakukan perbaikan. Lakukan hal ini secara berkala minimal 1 bulan sekali.

Menghadapi kebakaran upayakan tidak dengan kepanikan, kepanikan akan menurunkan logika sadar kita dibawah 40%, hal ini beresiko buruk dalam memutuskan tindakan dalam menghadapi kasus kebakaran. 

Cara menghadapi kebakaran di sarankan seluruh personil regu pemadam kebakaran tenang, bawa alat pemadam kebakaran terdekat menuju lokasi kebakaran, tunggu instruksi ketua regu, penggunaan tabung pemadam kebakaran akan dilakukan oleh berapa personil ? Hal ini bergantung besar kecilnya api. Selanjutnya instruksi akan diberikan oleh ketua regu yang berhak menentukan, dengan demikian kebakaran dapat segera di padamkan dan tidak terjadi pemborosan.

Sering terjadi saat menghadapi kebakaran seluruh personil mengeksekusi kebakaran secara bersamaan, tanpa menegement yang benar akan menimbulkan pemborosan media, dan justru tidak efektif untuk beberapa kasus.

Apa Yang Harus Kita Lakukan Setelah Menggunakan Alat pemadam api ?

Jika regu pemadam kebakaran sudah terbentuk tentunya Anda sudah memberi tugas kepada masing masing anggota, salah satunya personil yang memiliki tugas melakukan pengecekan dan perawatan, personil inilah yang bertugas mengumpulkan tabung yang telah digunakan pasca kebakaran untuk dilakukan perbaikan atau pengisian ulang.

Lakukan pengisian di perusahaan yang benar benar terpercaya, mintalah kepada mereka untuk melakukan servis dan pengisian ditempat

Jangan sampai alat pemadam api yang sudah digunakan masih tetap menempel di dinding atau dibiarkan pada posisi semula. Hal ini akan berakibat fatal, jika kebakaran serupa terjadi di tempat yang sama orang masih menganggap bahwa alat pemadam api tersebut berisi dan bisa digunakan.

 

Recent Posts
Comments
pingbacks / trackbacks
  • […] ketahui, alat pemadam api, khususnya alat pemadam api ringan (fire extinguisher atau APAR) adalah alat pemadam kebakaran jenis portable yang memiliki fungsi sebagai perangkat utama yang dapat digunakan untuk memadamkan […]

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt