Mengapa CO2 Dapat Memadamkan Api? Cek di Sini!

mengapa co2 dapat memadamkan api

Gas karbon dioksida atau CO2 adalah gas yang sangat mudah ditemukan di udara pada atmosfir bumi ini. Banyak yang mengira CO2 adalah gas yang merugikan, karena gas ini dapat mengganggu pernafasan. Namun, ternyata gas CO2 bisa dimanfaatkan dalam dunia fire fighting. Bagaimana pemanfaatannya? Simak di bawah ini!

Mengapa CO2 Dapat Memadamkan Api pada Reaksi Segitiga Api?

Ada korelasi antara gas CO2 dan juga segitiga api yang akan menjawab mengapa CO2 dapat memadamkan api. Pada reaksi segitiga api terdapat tiga elemen yang dapat memicu kebakaran. Ketiga elemen tersebut adalah: bahan bakar, panas dan oksigen.

Mengapa CO2 Dapat Memadamkan Api dan Teori Segitiga Api

Nah, ketika ke tiga elemen tersebut bereaksi maka api akan muncul. Sedangkan ketika salah satu elemen dalam segitiga api hilang, maka api akan padam. Oleh sebab itu, dalam upaya pemadaman api kita membutuhkan media yang dapat menghilangkan salah satu elemen dalam segitiga api, salah satunya adalah CO2.

CO2 dengan berat masa yang lebih besar dapat mengikat oksigen di sekitar titik api. Sehingga, unsur oksigen hilang dari reaksi rantai segitiga api yang dapat menyebabkan api padam. Selain itu, suhu gas CO2 yang cenderung dingin juga dapat menghilangkan unsur panas pada segitiga api, yang bisa menyebabkan api padam secara total.

Jadi begitulah bagaimana cara kerja gas CO2 sebagai media pemadam api.

Media CO2 Dapat Memadamkan Api Kebakaran Elektrikal

Dengan dapat dimanfaatkannya gas CO2 sebagai media pemadam api, maka munculah APAR CO2. APAR dengan media CO2 ini sangat sering digunakan untuk memadamkan kebakaran yang disebabkan oleh masalah elektrikal seperti di ruang server atau genset.

APAR CO2 juga sangat digandrungi masyarakat karena tidak meninggalkan residu saat digunakan. Oleh sebab itu, APAR ini juga termasuk dalam kategori atau jenis APAR clean agent.

Nah, setelah mengetahui bagaimana cara CO2 dapat memadamkan api, ada baiknya jika Anda memiliki ruangan dengan potensi kebakaran elektrikal untuk memproteksinya dengan APAR CO2.

Belum punya APAR CO2? Kamu bisa mendapatkannya di sini!

Mengapa CO2 Dapat Memadamkan Api APAR CO2

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt
%d blogger menyukai ini: