Media Pemadam Api Ringan untuk Tiap Kelas Kebakaran

Alat pemadam api ringan atau sering disingkat APAR mempunyai masing-masing jenis media pemadamnya. Media pemadam api pada umumnya ada empat jenis yaitu cair, powder, foam, dan CO2. Masing-masing media tersebut mempunyai keunggulan masing-masing dalam memadamkan api dari kelas kebakaran tertentu.

 

Media Pemadam Api Cair dan Foam untuk Kelas Kebakaran A & B

APAR cair dan foam sama-sama memiliki elemen air yang membentuknya. Sehingga APAR cair dan foam ini baik untuk digunakan memadamkan api dari kelas kebakaran A dan B. Namun perlu diperhatikan, media cair dan foam tidak bisa digunakan untuk kebakaran elektrikal kelas C, karena akan sangat berbahaya mengingat adanya kandungan air (konduktor) pada dua media tersebut.

Media Pemadam Api Cair dan Foam untuk Kelas Kebakaran A & B

Media cair dan foam mempunyai cara kerja yang sama dalam memadamkan api. Kedua media ini bekerja dengan cara mendinginkan titik api pada sumber kebakaran. Saat titik api mendingin, maka pengapian pada sumber api akan padam.

 

Media Pemadam Api CO2 untuk Kelas Kebakaran B & C

APAR CO2 atau karbondioksida dirancang untuk memadamkan api terkhusus untuk kelas kebakaran B & C. Cara kerja dari APAR CO2 ini adalah dengan menghilangkan elemen oksigen yang menyebabkan oksidasi pada reaksi segitiga api.

Media Pemadam Api CO2 untuk Kelas Kebakaran B & C

APAR ini aman digunakan pada kelas kebakaran C, karena sifatnya yang non-konduktor. Gas dingin yang dikeluarkan saat media ini digunakan juga tidak meninggalkan residu yang dapat merusak peralatan-peralatan elektronik. Jadi APAR CO2 sangat populer digunakan untuk memadamkan api dari kelas kebakaran C.

 

Media Pemadam Api Powder untuk Kelas Kebakaran A, B & C

Media dry chemical powder adalah media yang paling sering digunakan karena rentang penggunaannya pada kelas kebakaran cukup luas. APAR powder bisa diaplikasikan hampir di semua kelas kebakaran. APAR dengan media kering ini juga sangat aman digunakan pada kelas kebakaran C yang disebabkan oleh malfungsi elektrikal.

Media Pemadam Api Powder untuk Kelas Kebakaran A, B & C

Media powder bekerja dengan cara menyelimuti sumber kebakaran dan menghalangi kontak api dan oksigen. Sehingga saat elemen oksigen (segitiga api) hilang, api akan padam dan kebakaran bisa diatasi.

Dalam memilih APAR Anda harus tahu medianya terlebih dahulu, karena media pemadam api berkaitan langsung dengan kelas kebakaran yang akan dipadamkan. Kenali potensi kebakaran yang ada di lingkungan Anda, lalu pilih media pemadam api dengan tepat dan selalu siapkan APAR sebagai proteksi awal akan kebakaran.

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt
%d blogger menyukai ini: