Mengenal Macam-Macam Media Alat Pemadam Kebakaran

Sebenarnya ada banyak Media Alat Pemadam Kebakaran yang bisa dipakai oleh semua orang. Namun, tentu saja semua alat ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Karena memang pada prinsipnya, penggunaan media untuk memadamkan api kebakaran ini pada dasarnya disesuaikan dengan dimanakah letak tempat yang akan dilindungi atau diproteksi. Dengan begitu, penggunaan alat pemadam kebakaran ini bisa lebih efektif dan tidak sia-sia.

Media Alat Pemadam Kebakaran

Berikut ini adalah macam-macam alat pemadam kebakaran yang harus Anda perhatikan ketika Anda ingin mencoba penggunaan alat pemadam kebakaran di ruangan Anda, antara lain:

Media Alat Pemadam Kebakaran untuk kelas A, B, C

Dry Powder

Media yang satu ini bentuknya sama seperti bubuk bedak. Namun, bahan ini mampu memadamkan api dengan baik untuk semua kelas kebakaran. Entah itu dikarenakan kebakaran oleh benda cair, kebakaran oleh benda padat, dan juga kebakaran oleh elektrikal. Selain itu, berbicara tentang harganya, harga dari bahan ini pun cukup terjangkau dibandingkan dengan yang lainnya. Karena itulah banyak orang lebih suka memilih bahan yang satu ini.

Media yang menyusun dry powder ini meliputi ammonium sulphate dan juga mono ammonium phosphate. 2 zat inilah yang nantinya akan membantu Anda dalam memadamkan kebakaran dengan baik. Karena sifat dari media ini pada dasarnya adalah dengan cara menutup area kebakran supaya tidak ada kontak terhadap oksigen. Namun sayangnya, bila digunakan, biasanya media ini membuat mata menjadi iritasi bila terkena. Disamping itu, pernafasan Anda bisa terganggu bila menggunakan media ini.

Media Alat Pemadam Kebakaran untuk Elektrikal

Karbon Dioksida (CO2)

Macam-macam alat pemadam kebakaran yang lainnya adalah karbon dioksida. Media ini bentuknya gas, dimana tugasnya akan mendorong oksigen hingga batas minimal. Dengan begitu api tidak akan menyala lagi di tempat kebakaran tersebut. Media ini sering kali dipakai untuk kebakaran akibat dari elektrikal. Karena sifatnya tidak meninggalkan bekas, residu, dan aman dipakai untuk media elektronik.

Media Alat Pemadam Kebakaran Kelas A dan B

Foam

Media yang satu ini kerap dipakai di berbagai industri yang kerap mengalami kebakaran oleh benda cair dan benda padat. Media ini bersifat mendinginkan, dan menutup titik api dengan sempurna. Materialnya adalah berbahan dasar air dan biangnya foam.

Yang pasti, satu hal yang perlu Anda ketahui selain macam-macam alat pemadam kebakaran adalah, bahwa alat ini pada dasarnya juga mempunyai usia seperti halnya pada manusia pada umumnya. Maka dari itulah alat ini memerlukan sebuah perawatan dan service yang dilakukan secara berkala. Dengan begitu, hal ini bisa digunakan untuk memastikan bahwa alat tersebut masih bisa bekerja dengan cukup baik.

Selain itu, di setiap 10 tahun sekali, sebaiknya alat ini dilakukan sebuah hydrotest, dimana hal ini adalah berguna untuk mengecek kondisi yang terjadi pada tabung akibat dari kebocoran yang mungkin saja terjadi. Nah, maka dari itulah, bila Anda ingin mencoba menggunakan alat pemadam kebakaran, sebaiknya pilih perusahaan yang berkompeten.

Recommended Posts
Showing 2 comments
pingbacks / trackbacks

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt