Media Alat Pemadam Api Apa Saja Jenisnya?

Media alat pemadam api sangat beragam jenisnya, maka bagi Anda yang hendak memiliki alat pemadam api ringan (APAR) harus mengenal terlebih dahulu tentang medianya. Dengan mengenal media APAR, Anda dapat menyesuaikan potensi kelas kebakaran dengan media pemadam api yang akan Anda persiapkan.

Ada empat media pemadam api yang umum digunakan untuk memadamkan api, yaitu:

Masing-masing dari media pemadam api di atas akan dibahas secara rinci pada artikel kali ini.

 

Media Alat Pemadam Api Cair

Media pemadam api cair sangat efektif untuk digunakan untuk memadamkan api dari kelas kebakaran A. Karena sifat air yang dapat menembus benda padat, sehingga media cair dapat menghentikan pengapian dengan cepat. Sifat media cair yang dapat mendinginkan api juga sangat cocok digunakan pada api kelas kebakaran B.

 

Media Alat Pemadam Api Dry Chemical Powder

Media Alat Pemadam Api Powder

APAR dry chemical powder adalah serbuk kimia kering yang digunakan untuk memadamkan api. Cara kerja dari media ini adalah memutus reaksi antara oksigen dan elemen lain dalam segitiga api, sehingga api bisa dipadamkan. Media powder dinilai sangat efektif untuk memadamkan api beberapa kelas kebakaran yaitu kelas kebakaran A, B dan C.

 

Media Alat Pemadam Api Foam

Media Alat Pemadam Api Foam

Media foam adalah media pemadam api yang terbuat dari campuran air dan biang busa. Cara kerja dari media ini adalah dengan mendinginkan titik api. Media foam sangat efektif digunakan untuk kelas kebakaran A dan B. Namun, perlu diperhatikan, media foam sangat dilarang untuk digunakan pada kelas kebakaran C (elektrikal) karena media foam bersifat konduktor dan bisa memperparah korsleting.

 

Media Alat Pemadam Api CO2

Media Alat Pemadam Api CO2

Media berupa gas CO2 ini bekerja dengan meminimalisir oksigen di area kebakaran juga memberikan efek dingin dari gas. Media CO2 yang berbentuk gas mempunyai sifat non-konduktor dan juga clean agent jadi sangat pas untuk digunakan untuk memadamkan api dari kelas kebakaran C. Selain itu, media CO2 juga ampuh untuk digunakan pada kelas kebakaran B.

Mempersiapkan alat pemadam api ringan (APAR) sangatlah penting. Namun, sebelum itu Anda harus tahu terlebih dahulu potensi kebakaran dan karakteristik dari masing-masing media pemadam api. Sehingga, APAR yang Anda persiapkan sesuai dengan potensi kebakaran yang akan Anda hadapi.

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt