Berapa Lama Masa Kadaluarsa APAR Powder?

Masa kadaluarsa APAR powder tentu berbeda dengan media pemadam api lainnya. Sebagai pengguna APAR Anda harus tahu masa kadaluarsa masing-masing media pemadam api, salah satunya APAR powder.

APAR powder dianggap sebagai media pemadam api yang cukup ekonomis. Ini dikarenakan masa kadaluarsa APAR powder yang cukup lama yaitu sampai 5 tahun. Mari baca ulasan berikut ini agar lebih mengetahui seluk beluk tentang masa kadaluarsa powder.

 

Faktor yang Mempercepat Masa Kadaluarsa APAR Powder

Seperti yang kita tahu, bahwa umur maksimal dari APAR powder adalah 5 tahun. Namun, ternyata APAR powder bisa memasuki masa kadaluarsa lebih cepat yaitu di bawah 5 tahun karena beberapa faktor.

Masa Kadaluarsa APAR Powder Faktor yang Mempercepat Kadaluarsa

APAR powder yang berbentuk bubuk kering sangat rentan oleh cuaca ekstrem. APAR powder akan menggumpal jika tabungnya terkena sinar matahari langsung atau hujan. Atau bisa juga karena terkena kelembapan dari lantai.

Lalu, jika media powder menggumpal, maka media tersebut sudah rusak. Jadi harus segera melakukan isi ulang media.

 

Cara Mencegah Masa Kadaluarsa APAR Powder Lebih Dini

Untuk menghindari kerusakan media powder sebelum memasuki masa kadaluarsa, disarankan untuk menyimpannya di ruangan bersuhu –44°C sampai 49°C. Jika suhu ruangan lebih tinggi atau rendah, dikhawatirkan media powder akan rusak.

Selain itu penempatan tabung APAR harus sesuai standar, untuk menghindarkan media powder dari kelembapan lantai. Pasang tabung APAR minimal 15 cm dari lantai atau idealnya 125 cm dari lantai.

Masa Kadaluarsa APAR Powder Lebih Dini Begini Cara Mencegahnya

Jika meletakan APAR di luar ruangan, sangat disarankan menggunakan box APAR. Dengan menyimpan APAR di dalam box maka akan melindungi media APAR dari paparan cuaca ekstrim. Selain itu, juga akan melindungi tabung APAR dari bahaya korosif.

Lalu, jadwalkan inspeksi APAR sebulan sekali atau sedikitnya enam bulan sekali. Bolak-balikan tabung APAR ke atas dan ke bawah, jika suaranya masih seperti pasir mengalir, berarti media powder masih bagus. Jika mengeluarkan suara “bug” saaat dibolak-balik, berarti media powder sudah mulai menggumpal.

Nah, setelah mengetahui masa kedaluwarsa APAR powder dan tips merawatnya, maka Anda tidak perlu khawatir untuk membelinya. Segera hubungi supplier APAR terpercaya. Selain itu jangan lupa untuk membeli APAR powder dengan merek GuardALL, yang sudah sangat teruji.

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt
%d blogger menyukai ini: