Manfaat Menggunakan Alat Pemadam Api Busa

Sebenarnya alat pemadam api busa ini disebut juga dengan AFF foam. Alat ini memakai bahan kimia yang kemudian bisa membentuk sebuah busa  yang stabil bisa mendorong karbondioksida ketika dikeluarkan dari tabung. Busa yang keluar nantinya akan langsung menyelimuti bahan – bahan yang telah terbkara, sehingga api yang menyala bisa segera dipadamkan. Mengingat sudah tidak ada oksigen yang bisa masuk dalam proses oksidasi. pada artikel ini akan dibahas mengenai Manfaat Menggunakan Alat Pemadam Api Busa yang mungkin belum Anda ketahui.

manfaat pemadam api busa

Manfaat Menggunakan Alat Pemadam Api Busa, yuk kenali dulu bahannya

Yang pasti, penggunaan alat pemadam api busa ini bisa dipakai pada area yang tidak bisa digunakan oleh alat pemadam dari media air. Misalnya saja di area minyak yang tidak bisa dikombinasikan dengan air. Jadi, alat ini pada dasarnya sebenarnya tetap saja berbasis air. Sehingga, alat ini sering kali memiliki kandungan surfaktan yang berbasis hidrokarbon, misalnya saja seperti sulfat sodium alkyl, dan juga fluoro surfactant, yaitu fluorotelomers, asam perfluorooctanesulfonic, asam perfluorooctanoic.

Keduanya sama – sama mempunyai kemampuan untuk menyebar di area cairan yang berbasis hidro karbon. Sementara itu, untuk alcohol resistant aqueous film forming foams sendiri merupakan sebuah busa yang bisa tahan dengan reaksi yang ditimbulkan oleh alcohol, sehingga bisa membentuk sebuah segmen dan lapisan pelindung ketika digunakan atau sedang disemprotkan. Yang pasti, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan bila menggunakan alat pemadam api yang satu ini.

Manfaat Menggunakan Alat Pemadam Api Busa, Paling Efektif untuk kebakaran Minyak

Berikut ini adalah beberapa Manfaat Menggunakan Alat Pemadam Api Busa untuk memadamkan api, antara lain:

  1. Alat pemadam api busa ini bisa dipakai untuk mengatasi kebakaran yang disebabkan oleh kelas A (benda padat mudah terbakar : tumpukan sampah, kertas, kayu), namun baik juga digunakan untuk mengatasi kebakaran yang disebabkan oleh kelas B (cairan mudah terbakar : bensin, oli, solar, cat).
  2. Media ini bersifat ringan, sehingga efektif sekali untuk mengatasi kebakaran yang disebabkan oleh media cair yang rentan terbakar, dengan cara membuat oksigen menjadi terisolasi dan menutup area kebakaran untuk membuat supaya api tidak menjalar kemana – mana.
  3. Dalam penggunaannya, alat pemadam api busa ini aman dipakai saat terkena manusia, hewan, dan tumbuh – tumbuhan.

Itu tadi adalah keuntungan bila menggunakan alat pemadam api busa. Sementara berbicara tentang proses pembuatannya, alat ini menggunakan 2 media busa yang berbeda. Media itu adalah busa Kimia atau disebut juga dengan Chemis dan busa mekanis. Yang mana busa tersebut tidak sesuai bila disemprotkan di area cairan yang mudah tercampur dengan air, seperti spirtus, dan alcohol. Karena busa itu mudah sekali larut dengan air. Namun, sayangnya, karena alat ini bersifat konduktif dan sangat baik menghantarkan arus listrik, sehingga media ini tidak bisa digunakan untuk mengatasi kebakaran yang berasal dari kelas C, atau dari arus listrik. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya tegangan listrik yang jauh lebih besar lagi.

Nah, itulah beberapa Manfaat Menggunakan Alat Pemadam Api Busa. Dengan mengetahui manfaat dari penggunaan alat pemadam inilah yang nantinya bisa memberikan wawasan kepada Anda terkait dengan pentingnya memilih alat pemadam kebakaran yang menggunakan media busa. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan keuntungan dari penggunaan alat pemadam kebakaran tersebut untuk mengatasi terjadinya kebakaran.

Recommended Posts
Showing 3 comments
pingbacks / trackbacks

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt