Ketentuan Jumlah APAR Standar NFPA dan Peraturan Menteri

Ketentuan jumlah APAR dalam suatu area atau tempat harus sangat diperhatikan. Karena hal ini sangat berkaitan dalam upaya mitigasi bencana kebakaran. Misalnya jika kita sudah mempersiapkan APAR namun media dan kapasitasnya atau jumlahnya tidak cocok dengan area yang akan diproteksi, maka akan berakibat fatal.

Nah, kali ini GuardALL akan bagi-bagi tips bagaimana mempersiapkan APAR sesuai dengan kebutuhan juga menurut standar NFPA dan Peraturan Menteri.

ketentuan jumlah apar

Ketentuan Jumlah APAR Sesuai Standar di Tiap Ruangan

Sebelum kita mempersiapkan berapa jumlah APAR yang harus kita persiapkan. Anda terlebih dahulu harus mengenal kaitan antara kelas kebakaran dan juga media pemadam api. Karena jika Anda memadamkan api kelas kebakaran tertentu dengan media yang salah, maka api akan sulit padam bahkan kebakaran bisa semakin meluas.

ketentuan jumlah apar

Nah, maka dari itu kami akan memberikan ringkasan media pemadam api apa yang cocok untuk memadamkan kelas kebakaran tertentu di bawah ini:

  • Dry chemical powder: dapat memadamkan kelas kebakaran A, B dan C
  • Foam: dapat memadamkan kelas kebakaran A dan B
  • CO2: dapat memadamkan kelas kebakaran B dan C

Setelah Anda mengetahui padanan media pemadam api dengan kelas kebakarannya, maka barulah Anda dapat menentukan jumlah APAR yang tepat pada ruangan atau area tertentu.

Ketentuan Jumlah APAR Sesuai Standar di Tiap Ruangan

  • Ruangan berpartisi: siapkan satu tabung APAR powder berukuran 3 kg pada ruangan ini.
  • Ruangan aula, perkantoran dan koridor: siapkan satu buah APAR berukuran 6 kg dengan media powder pada ruangan berukuran 200 meter persegi atau tiap 20 meter.
  • Kawasan industri atau area produksi: karena area ini sangat rawan mengalami kebakaran maka harus dipersiapkan APAR powder dan CO2 masing-masing dengan kapasitas 9 kg.
  • Ruangan dengan banyak alat atau panel elektronik: pada ruangan ini harus dipastikan tidak menggunakan media yang mengandung unsur air atau konduktor. Maka persiapkan di ruangan ini APAR dengan media CO2 berukuran 6 kg dan APAR powder dengan kapasitas 4 kg.

Tips Memonitor Jumlah APAR yang Banyak di Berbagai Ruangan

Tentu dengan memenuhi kebutuhan jumlah APAR di tiap ruangan akan cukup menyulitkan kita untuk memonitornya. Namun, untungnya saat ini APAR GuardALL telah dilengkapi dengan aplikasi APAR Firecek.

Aplikasi ini dapat membantu Anda untuk memonitor APAR sebanyak apapun dan di manapun hanya dengan membuka apliaksi ini via web atau smartphone. Selain itu, APAR ini juga dapat membantu Anda dalam hal:

ketentuan jumlah apar

  • Menyimpan data ratusan APAR secara aman pada menu inventory hanya dalam satu aplikasi
  • Menjadwalkan dan menyimpan hasil inspeksi APAR pada menu schedule
  • Melakukan pendataan maintenance dan estimasi budgeting-nya pada menu broken stuff dan transaction
  • Mendapatkan report langsung dari lapangan secara lengkap dan real-time melalui menu report dan dengan mudah membagikannya pada tim
  • Mendapatkan notifikasi APAR expired dan kapan harus melakukan inspeksi APAR

Ketentuan Jumlah APAR dan Cara Memonitornya Menggunakan Aplikasi Firecek

Sangat canggih bukan? Jika Anda ingin merasakan pengalaman baru dalam me-monitor APAR dengan aplikasi Firecek bisa segera cek di sini!

ketentuan jumlah apar

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt
%d blogger menyukai ini: