Kelengkapan APAR yang Harus Anda Ketahui!

Kelengkapan APAR atau komponen APAR adalah hal yang wajib diketahui oleh para penggunanya. Hal ini dimaksudkan agar para pemilik alat pemadam api jenis ini dapat memaksimalkan fungsi-fungsi dari komponen tersebut, baik dalam penggunaan dan perawatan APAR.

Komponen Kelengkapan APAR untuk Mengukur Tekanan

Komponen APAR yang ini sangatlah penting. Dikarenakan komponen ini digunakan untuk melakukan pengecekan tekan pada tabung APAR. Sampai-sampai setiap kali dilakukan inspeksi APAR, komponen ini yang pertama kali diinspeksi.

Kelengkapan APAR Penting Banget Kamu Harus Tahu Pressure Gauge

Komponen ini adalah pressure gauge yang dapat menunjukan tekanan di dalam tabung APAR. Komponen ini dapat menunjukan tekanan APAR di dalam tabung APAR masih normal atau tidak. Dengan komponen ini, kestabilan tekanan APAR bisa dicek dan bisa dijadikan acuan jika ada kerusakan yang lebih parah pada APAR seperti tabung bocor.

Cari Tahu Apa Saja Komponen Output APAR di Sini!

Alat pemadam api ringan bekerja memadamkan api dengan cara mengeluarkan media pemadam api yang ada pada tabungnya. Nah, media pemadam api ini dapat keluar jika komponen output APAR bekerja dengan baik. Oleh sebab itu, Anda sebagai pengguna APAR wajib mengetahui komponen-komponen output pada APAR.

Komponen output pertama adalah tuas APAR. Tuas APAR bertugas untuk membuka katup di dalam tabung sehingga media pemadam api dapat keluar. Jika tuas ditekan, maka secara otomatis media pemadam api akan terdorong gas bertekanan dalam tabung sehingga dapat keluar dari dalam tabung.

Namun, sebelum menekan tabung APAR, pastikan safety pin sudah Anda cabut. Jika safety pin masih terpasang, maka tuas APAR tidak akan bisa Anda tekan sehingga media APAR tidak dapat keluar.

Setelah itu, Anda juga harus memperhatikan komponen output lainnya, yaitu hose dan nozzle. Komponen inilah yang akan membawa media pemadam api ke titik api untuk memadamkan kebakaran. Nah, oleh sebab itu sangat penting untuk memperhatikan komponen ini. Jangan sampai tersumbat atau bocor, karena akan sangat fatal akibatnya.

Nah itulah informasi mengenai komponen-komponen APAR yang harus Anda perhatikan. Dan yang terpenting jangan lupa untuk selalu merawat APAR milik Anda, agar dapat bekerja dengan baik dan aman.

Kelengkapan APAR Komponen APAR Output Lengkap

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt
%d blogger menyukai ini: