Jenis Kopling Selang Pemadam

Jenis Kopling Selang Pemadam yang ada di Indonesia, ketahui di sini.

Jenis Kopling Selang Pemadam

Kopling merupakan salah satu bagian penting dalam peralatan kebakaran, kopling ini bertujuan untuk menyambungkan koneksi selang dengan nozzle pemadam, atau selang pemadam dengan selang pemadam. Keberadaan kopling ini begitu vital karena jika kopling tidak sama, atau kopling rusak maka sambungan selang tidak akan dapat mengalirkan air dengan baik. proses klem / bending kopling jika tidak kuat juga bisa berakibat fatal. yakni kopling akan lepas begitu menerima tekanan besar dari aliran air pompa hydrant yang mencapai 10 bar.

Jenis Kopling Selang Pemadam Machino

kopling machino

Jenis kopling selang pemadam ini sangat banyak digunakan di Indonesia. penggunaannya juga terbilang mudah. di dalam lubang kopling terdapat pengait untuk mengunci antar kopling male ke female dengan baik. saat membuka dan menutup tidak membutuhkan waktu yang lama. cara memasang tinggal menekan male ke arah female secara tegak lurus sampai ada bunyi klik, yang berarti sudah terkunci. untuk melepas, tekan handle yang ada di male ke arah female dengan penuh. setelah itu lepaskan female secara perlahan sampai sambungan lepas. kopling machino tersedia untuk beberapa ukuran seperti 1,5″ 2″ 2,5″. bahan pembuatnya juga beraneka ragam, dari alumunium, kuningan, atau stainless yang memiliki ketahanan fisik lebih baik. tentunya perbedaan material ini juga berpengaruh terhadap harga kopling yang ditawarkan. Produsen-produsen peralatan pemadam banyak memproduksi jenis kopling ini karena permintaan pasar tinggi, dan banyak digunakan untuk industri baik swasta maupun pemerintahan.

Jenis Kopling Selang Pemadam Lainnya

storz kopling

Gambar di atas adalah jenis kopling Storz. berasal dr Jerman, jenis kopling ini menawarkan performa tinggi yang tidak kalah dengan jenis kopling lainnya. pada bagian female terdapat 2 lubang kunci tempat masuk koneksi dari male. cara pemasangan adalah dengan meluruskan koneksi male to female, setelah masuk diputar ke kiri / kanan tergantung desainnya.

vdh kopling

Sedikit berbeda dengan kopling storz, VDH kopling diatas memiliki kuncian diluar. cara penggunaan juga cukup mudah tinggal memutar kekanan untuk mengunci, dan arah sebaliknya untuk melepas. kopling jenis VDH (Van Der Heyde) ini banyak digunakan di Area Jabodetabek saat ini. Produk GuardAll menawarkan berbagai pilihan jenis kopling yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. selain Storz, Vdh, Machino. kami juga bisa support untuk jenis kopling instantaneous, drat dan lainnya.

Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt