Jenis-Jenis Hydrant Box dan Fungsinya dalam Sistem Kebakaran

Hydrant box menjadi salah satu komponen penting dalam sistem fire hydrant. Namun, pemilihan box ini juga harus sesuai dengan kebutuhan bangunan yang akan diproteksi. Kenapa? Karena saat ini ada banyak jenis-jenis hydrant box yang memiliki fungsi berbeda-beda.

Atau mungkin banyak dari Sobat Api yang yang belum tau dan masih penasaran tentang apa sih sebenarnya jenis-jenis dan fungsi dari fire hydrant box itu? Nah, dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas tentang hal itu. Simak sampai selesai, ya!

Apa Itu Fire Hydrant Box?

fire hydrant box guardall

Hydrant box adalah sebuah box yang dipakai untuk menyimpan peralatan yang dipakai untuk memadamkan kebakaran. Box ini biasanya dibuat secara khusus oleh produsen yang bergerak di bidang fire hydrant equipment.

Salah satunya adalah GuardALL! Sebagai brand alat dan sistem proteksi kebakaran terpercaya di Indonesia, kami memproduksi fire hydrant box menggunakan bahan yang kuat dan tahan terhadap cuaca dan korosi.

Memangnya, Apa Sih Fungsi Hydrant Box dalam Sistem Proteksi Kebakaran?

 

komponen komponen hydrant guardall

Fungsi utama hydrant box adalah untuk menjaga peralatan untuk memadamkan kebakaran yang bisa tersimpan dengan aman. Sehingga, peralatan pemadam kebakaran terhindar dari kerusakan fisik, paparan cuaca ekstrim, dan gangguan tangan-tangan jahil.

Tak hanya itu, hydrant box juga dapat menyimpan komponennya dengan rapi. Jadi, saat sedang dibutuhkan, peralatan pemadam kebakaran tersebut berada pada posisi yang tepat dan mudah diambil.

Kemudian jika ada tim pemadam kebakaran, akan dapat menemukan peralatan dengan cepat dan tidak perlu membutuhkan waktu yang lama dalam proses memadamkan api.

Kenapa bisa begitu? Ya, karena mereka sudah tau kalau semua perlengkapan hidran kebakaran sudah tersimpan di fire hydrant box.

Ada Apa Saja Jenis-Jenis Hydrant Box?

jenis box hydrant guardall

Berbicara tentang jenis-jenis hydrant box dan kegunaannya, pada dasarnya hydrant box tersebut terbagi menjadi 2 bagian, yaitu hydrant box indoor dan outdoor.

Kemudian untuk hydrant box indoor itu sendiri tersusun menjadi beberapa jenis, yang meliputi:

  • Type A1,
  • Type A2, dan
  • Type B.

Namun, untuk hydrant box outdoor lebih sering disebut juga dengan type C. Kenapa kok dibagi menjadi banyak jenis? Ya, karena untuk membedakan fungsi dan kinerjanya dalam penempatan peralatan pemadam kebakaran.

Nah, bagi yang belum tau nih, kalau ternyata dalam proses finishing pengecatan box hidran diharuskan menggunakan powder coating, lho. Kenapa? Supaya cat yang menempel bisa bertahan dengan lama dan tidak mudah untuk terkelupas.

Misalkan Anda membeli hydrant box GuardALL di berbagai macam tipe, tentu tak perlu khawatir kalau bakalan cepat rusak. Karena kami sudah menggunakan cat berkualitas yang ditambah dengan pelapisan powder coating.

Jenis-Jenis Hydrant Box GuardALL Beserta Fungsinya

Dibawah ini merupakan penjelasan beberapa jenis hydrant box merk GuardALL beserta fungsinya yang harus Anda ketahui:

1. Type A1 (Indoor)

jenis hydrant box tipe a1

Hydrant box GuardALL Type A1 ini mempunyai ukuran sebesar 66 cm x 52 cm x 15 cm. Salah satu jenis hydrant box ini berfungsi untuk tempat menyimpan fire hydrant equipment yang bisa diletakkan di dalam ruangan. Maka dari itu, jenis ini dikatakan sebagai hydrant box indoor.

Kemudian untuk fire hydrant equipment yang bisa disimpan ke dalam hydrant box indoor jenis A1 ini adalah sebagai berikut:

Lihat Spesifikasi Hydrant Box Type A1 …

2. Type A2 (Indoor)

jenis hydrant box tipe a2

Type hydrant A2 merupakan salah satu dari jenis-jenis hydrant box yang digunakan pada dalam ruangan juga. Jadi, sebenarnya jenis ini sama seperti untuk type A1. Hanya saja, pada type A2 memiliki ukuran yang lebih besar yakni 100 cm x 80 cm x 18 cm yang bisa digunakan untuk menyimpan peralatan pemadam, seperti:

  • 1 Roll fire hose canvas type ukuran 1,5 inch x 30 meter dengan tambahan machino coupling,
  • 1 Hose nozzle dengan ukuran 1,5 inch dengan machino coupling,
  • 1 Hydrant valve ukuran 1,5 inch dengan machino coupling, dan
  • 1 Hose rack ukuran 1,5 inch.

Lihat Spesifikasi Hydrant Box Type A2 …

3. Type B (Indoor)

jenis hydrant box tipe b1

Sama seperti yang lain, untuk type B juga digunakan untuk hydrant box indoor. Itu artinya penggunaannya bisa dipakai di dalam ruangan. Hydrant box indoor type B ini memiliki ukuran 125 cm x 75 cm x 18 cm.

Perbedaan yang mencolok pada type B ini adalah keberadaan lubang khusus untuk fire alarm set, seperti manual call point, indicator lamp, dan alarm bell. Lalu, komponen hydrant yang bisa disimpan didalamnya adalah sebagai berikut:

  • 1 Roll fire hose tipe kanvas, ukuran 1,5 inch x 30 meter dengan coupling machino,
  • 1 Hose nozzle ukuran 1,5 inch dengan coupling machino,
  • 1 Hydrant valve ukuran 1,5 inch dengan coupling machino, dan
  • 1 Hose Rack berukuran 1,5 inch.

Lihat Spesifikasi Hydrant Box Type B …

4. Type C (outdoor)

jenis hydrant box tipe c

Dari jenis-jenis hydrant box yang ada di GuardALL, type C inilah yang peletakannya dikhususkan untuk luar ruangan. Sehingga, box ini biasanya dikenal juga dengan hydrant box outdoor.

Biasanya ditempatkan berdampingan dengan hydrant pillar dan box pada tipe ini ukurannya sendiri lebih besar dari pada hydrant box indoor.

Hydrant Box GuardALL Type C ini memiliki ukuran sekitar 955 X 66 X 20 cm yang bisa dimasuki oleh beberapa komponen, seperti:

  • 1 Roll fire hose tipe kanvas, ukuran 2,5 inch x 30 meter dengan coupling machino,
  • 1 Hose nozzle berbagai varian, size 2,5 inch dengan coupling machino,
  • 1 Hose rack ukuran 2,5 inch, dan
  • Kunci fire hydrant pillar.

Lihat Spesifikasi Hydrant Box Type C …

jenis hydrant box guardall apa saja

Pasti Sobat Api akan bertanya-tanya nih, apa kabarnya kalau box diletakkan diluar ruangan dan terkena panas matahari, hujan, dan gangguan lainnya. Betul, kan? Nah, kalau Anda menggunakan produk dari GuardALL tidak perlu khawatir, karena kami membuatnya dengan bahan berkualitas.

Material yang kami gunakan adalah mild steel setebal 1,2 mm dengan proses dust remover, phospating, hingga zincronate primer, dan finishing menggunakan top coat powder coating red signal.

Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi persyaratan yang berlaku dalam dunia proteksi kebakaran, terutama NFPA (National Fire Protection Association). Selain itu, GuardALL juga ingin memberikan produk yang terbaik kepada customer kami.

Karena itulah, box dari GuardALL berani kami jamin lebih awet dan tahan terhadap berbagai cuaca dan mengurangi potensi terjadinya korosi. Penasaran dengan jenis hydrant box outdoor dari GuardALL? Tonton video review di bawah ini:

Bagaimana, Apakah Tertarik dengan Hydrant Box GuardALL?

jenis-jenis hydrant box guardall

Yok, Sobat Api! Mulai peduli akan pentingnya perlindungan kebakaran. Sediakan hydrant box supaya mempermudah dalam penanganan kebakaran. Jika Anda tertarik dengan ulasan di atas, berarti jenis Hydrant Box GuardALL adalah jawabannya!

Anda bisa menghubungi kami melalui laman kontak untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan melakukan pembelian. Dapatkan penawaran harga hydrant box menarik dari kami!

Baca Juga:

Nah, itulah pembahasan tentang jenis-jenis hydrant box beserta dengan fungsinya dalam sistem proteksi kebakaran. Dengan mengetahui variasi hydrant box yang ada, Anda dapat memilih dengan bijak dan memberikan perlindungan optimal bagi lingkungan Anda. Atau Anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu? Tenang, Anda bisa konsultasikan dengan tim ahli kami secara gratis. Hubungi kami sekarang!

Leave a Comment

kontraktor hydrant guardalldistributor hydrant indonesia