Jenis Jenis APAR Beserta Kelasnya, Cek di Sini!

Jenis jenis APAR beserta kelasnya harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli APAR. Karena tidak semua jenis APAR dapat memadamkan semua kelas kebakaran. Nah, oleh sebab itu Anda harus tahu jenis APAR beserta kelas kebakaran yang bisa dipadamkannya.

Jenis Jenis APAR Beserta Kelasnya: Powder untuk Kelas A, B & C

APAR powder adalah jenis APAR yang sangat sering digunakan oleh masyarakat umum. APAR ini menggunakan media serbuk kimia kering untuk memadamkan api. Media ini bersifat non-konduktor sehingga dapat memadamkan api pada kelas kebakaran C (elektrikal). Juga pada kelas kebakaran A dan B.

Jenis Jenis APAR Beserta Kelasnya APAR Powder GuardALL

APAR powder ini bekerja dengan cara menghamburkan bahan bakar atau dengan teknik starvation. Sehingga jika bahan bakar berhamburan, maka reaksi pada segitiga api dapat berhenti dan api dapat padam.

Kebakaran Kelas B dan C Padamkan Pakai APAR CO2

APAR CO2 ini adalah APAR yang cukup unik, karena jika diaplikasikan untuk memadamkan kebakaran tidak akan meninggalkan residu. Hal ini disebabkan karena APAR CO2 termasuk dalam jenis APAR clean agent. APAR dengan media CO2 ini bekerja dengan cara memutus reaksi kimia pada segitiga api (breaking chain reaction).

Jenis Jenis APAR Beserta Kelasnya APAR CO2 GuardALL

APAR CO2 sangat cocok untuk memadamkan api di kelas kebakaran C. Karena APAR ini tidak meninggalkan residu yang dapat merusak alat elektronik. Selain itu, APAR CO2 jika digunakan untuk memadamkan api di pangkalan bahan bakar cair (kelas kebakaran B) tidak akan mencemari bahan bakar, sehingga bahan bakar bisa dipakai lagi.

Jenis Jenis APAR Beserta Kelasnya: APAR Foam Efektif untuk Kelas Kebakaran A dan B

Lalu, masih ada satu lagi media APAR yaitu foam. APAR ini adalah campuran dari air dan surfaktan soda. APAR ini bekerja dengan cara menyelimuti titik api (smothering) dan juga mendinginkan titik api (cooling).

Jenis Jenis APAR Beserta Kelasnya APAR Foam GuardALL

APAR foam sangat efektif untuk memadamkan api pada kelas kebakaran A dan B. Selain itu, APAR foam juga dapat mencegah ledakan yang dapat terjadi pada kelas kebakaran B. Namun, sayangnya APAR jenis ini tidak dapat digunakan pada kelas kebakaran C, karena akan memicu korsleting dan kebakaran yang semakin parah.

Tips Perawatan APAR Praktis

Jenis Jenis APAR Beserta Kelasnya Manage Pakai Aplikasi APAR Firecek

Nah, itulah beberapa jenis APAR beserta masing-masing kelas kebakaran yang dapat dipadamkan. Untuk memaksimalkan kerja dari APAR tersebut, kini GuardALL telah dilengkapi dengan aplikasi APAR Firecek.

Aplikasi ini akan membantu Anda dalam me-manage dan me-monitor APAR milik Anda. Sehingga kinerja APAR Anda tetap maksimal.

Dengan fitur-fitur yang ada pada aplikasi APAR Firecek, Anda dapat melakukan:

  • Menyimpan data ratusan APAR secara aman pada menu inventory hanya dalam satu aplikasi
  • Menjadwalkan dan menyimpan hasil inspeksi APAR pada menu schedule
  • Melakukan pendataan maintenance dan estimasi budgeting-nya pada menu broken stuff dan transaction
  • Mendapatkan report langsung dari lapangan secara lengkap dan real-time melalui menu report dan dengan mudah membagikannya pada tim
  • Mendapatkan notifikasi APAR expired dan kapan harus melakukan inspeksi APAR

Nah, sudah menentukan APAR mana yang akan Anda persiapkan untuk memproteksi property Anda? Kalo sudah langsung saja dapatkan di sini!

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt
%d blogger menyukai ini: