Jenis-Jenis Alat Pemadam Api menurut Bentuknya

Jenis-Jenis Alat Pemadam Api menurut Bentuknya

Bila sebelumnya Anda mungkin lebih sering menemukan nama alat pemadam kebakaran berbentuk tabung, dimana alat tersebut kerap diletakkan di bagian sudut ruangan. Namun ternyata, perlu Anda ketahui bahwa masih ada banyak alat untuk memadamakan api kebakaran dengan bentuk dan nama yang lain. Beberapa bentuk yang ditawarkan saat ini untuk memadamkan api kebakaran tersebut meliputi di bawah ini:

Alat Pemadam Portable

Alat pemadam yang satu ini adalah salah satu alat pemadam yang mudah sekali dibawa kemana – mana dan bisa dioperasikan oleh seorang pengguna saja. Sehingga, bisa dibilang bahwa alat ini lebih simple dan lebih efisien untuk digunakan oleh semua orang. Salah satu contoh dari alat pemadam portable ini adalah fire stop, atau bisa disebut juga dengan nama alat pemadam kebakaran mini portable. Alat ini bisa dipakai untuk memadamkan api yang kecil.

Pada umumnya, alat pemadam yang portable ini biasanya bisa ditemukan di berbagai kendaraan, seperti mobil. Karena beratnya pun cukup ringan. Yaitu hanya sebesar 1 sampai dengan 2 kg saja. Sehingga, alat ini tidak akan memakan tempat atau membebani kendaraan Anda saat dibawa kemana – mana. Namun sayangnya, alat ini hanya bisa dipakai dalam 1 kali pakai saja dan tidak bisa diisi ulang lagi. Sehingga, bila sudah dipakai, maka wadahnya harus dibuang. berbeda dengan alat pemadam api portable yang terbuat dari tabung besi, memiliki ukuran 1-9kg yang bisa diisi ulang jika sudah dipakai.

Jadi, berbicara tentang kelebihan dari alat ini, maka umumnya alat ini mudah sekali dipakai. Karena ukurannya yang begitu compact dan sesuai, sehingga alat inipun mudah diletakkan di semua rungan. Mengingat juga tidak akan memakan tempat. Selanjutnya untuk kekurangannya adalah, alat ini hanya berkapasitas kecil. Sehingga, kemampuan untuk memadamkan api pun juga sangat terbatas. Jenis-Jenis Alat Pemadam Api menurut Bentuknya sebagai berikut:

Alat Pemadam Api Thermatic System

Nama alat pemadam kebakaran yang lainnya yang bisa dicoba adalah thermatic system. Alat ini merupakan sebuah alat otomatis untuk memadamkan api. Biasanya alat ini diinstal di bagian plafon ruangan. Sehingga, untuk pemasangan dan jumlah alat yang dipakai ini disesuaikan dengan kebutuhan ruanga dan ukuran dari ruangan yang ingin dilindungi. sebaiknya pemasangan thermatic benar-benar disesuaikan dengan ruangan yang tidak memiliki sirkulasi udara, karena cara pemadaman thermatic adalah total flooding.

Alat Pemadam Berat

Alat ini berbentuk sangat besar dibandingkan alat pemadam yang lainnya yang ada di dalam ruangan pada umumnya. Alat ini lengkap pula dengan regulator yang berguna untuk mengatur adanya tekanan gas CO2 dan juga gas N2. Alat ini biasanya diletakkan pada area pengisian untuk bahan bakar. Mengingat lokasinya tersebut sangat rentan sekali terjadi kebakaran.

Di samping Anda harus lebih memahami seputar nama alat pemadam kebakaran, Anda pun sebaiknya harus memahami pula tentang bagaimana cara menggunakannya yang baik dan benar. Bagaimana pun juga, cara penggunaan yang benar tersebut sangat penting sekali dan harus Anda jadikan sebagai edukasi untuk setiap orang yang bertugas untuk mengatasi adanya kebakaran yang sedang mengancam semua orang.

Rasanya akan sangat lucu bila Anda sudah memegang alatnya, namun Anda sendiri tidak bisa memakainya. Hasilnya pun akan menjadi nol besar. Dimana itu berarti bahwa bila Anda tidak tahu cara penggunaannya, maka hal tersebut akan membuat Anda menjadi rugi besar, karena apa yang Anda lihat tersebut akan tetap terbakar oleh api yang melahap area Anda tersebut. Maka dari itulah, sebaiknya perhatikan cara penggunaannya dengan benar, supaya hasil dan fungsi dari alat ini bisa menjadi lebih maksimal.

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt