Jenis APAR yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membeli APAR

Jenis APAR dipasaran memang banyak jenisnya. Namun setidaknya kita dapat membaginya menjadi dua bagian, yaitu berdasar medianya dan juga sistem tekanan yang digunakan. Nah, di bawah ini kebetulan kami sudah memisahkan jenis-jenis APAR berdasar media dan tekanannya yang wajib Sobat Api simak!

Apa Saja Jenis APAR Berdasar Media Pemadam Apinya

Media pemadam api adalah isi dari tabung APAR itu sendiri. Media ini adalah agen yang bertugas memadamkan api saat APAR digunakan. Setidaknya ada 3 jenis media pemadam api yang populer dan beredar di pasaran. Simak karakteristik dari tiap jenis pemadam api di bawah ini:

Jenis APAR Berdasar Media Pemadam Api

APAR powder adalah jenis APAR yang sangat sering digunakan oleh masyarakat umum. APAR ini menggunakan media serbuk kimia kering untuk memadamkan api. Media ini bersifat non-konduktor sehingga dapat memadamkan api pada kelas kebakaran C (elektrikal), juga pada kelas kebakaran A dan B.

APAR powder ini bekerja dengan cara menghamburkan bahan bakar atau dengan teknik starvation. Sehingga jika bahan bakar berhamburan, maka reaksi pada segitiga api dapat berhenti dan api dapat padam.

APAR powder juga cukup lama masa kedaluwarsanya, yaitu mencapai 5 tahun.

APAR foam adalah campuran dari air dan surfaktan soda. APAR ini bekerja dengan cara menyelimuti titik api (smothering) dan juga mendinginkan titik api (cooling).

APAR foam sangat efektif untuk memadamkan api pada kelas kebakaran A dan B. Selain itu, APAR foam juga dapat mencegah ledakan yang dapat terjadi pada kelas kebakaran B.

APAR CO2 sangat cocok untuk memadamkan api di kelas kebakaran C. Karena APAR ini tidak meninggalkan residu yang dapat merusak alat elektronik. Selain itu, APAR CO2 jika digunakan untuk memadamkan api di pangkalan bahan bakar cair (kelas kebakaran B) tidak akan mencemari bahan bakar, sehingga bahan bakar bisa dipakai lagi.

APAR CO2 cukup unik, karena jika digunakan memadamkan kebakaran tidak akan meninggalkan residu. Hal ini disebabkan karena APAR CO2 termasuk dalam jenis APAR clean agent. APAR dengan media CO2 ini bekerja dengan cara memutus reaksi kimia pada segitiga api (breaking chain reaction).

2 Sistem Tekanan APAR yang Harus Kamu Ketahui

Selain media pemadam api yang berbeda-beda, APAR juga memiliki sistem tekanan yang berbeda:

APAR dengan tekanan ini mencampurkan gas bertekanan dan media pemadam api dalam tabung yang sama. Tekanan pada APAR jenis stored pressure dapat dicek melalui komponen pressure gauge.

APAR jenis ini menyipan tekannya pada tabung yang berbeda. Sehingga APAR ini perlu servis khusus untuk mengetahui tekanan standarnya.

Jenis APAR Berdasarkan Sistem Tekanan

Nah, Sobat Api sudah tahu kan apa saja jenis-jenis APAR baik media dan juga jenis tekanannya. Jika Sobat Api ingin membeli APAR, pastikan pakai APAR GuardALL karena sudah tersertifikasi Damkar dan bergaransi 5 tahun juga dilengkapi aplikasi Firecek. Yuk beli di sini!

Recommended Posts
Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt