Jenis Alat Pemadam Api Kebakaran Berdasarkan Kelas Kebakaran

APAR (alat pemadam api ringan) adalah alat untuk mengendalikan dan memadamkan api kebakaran dalam skala kecil. Terdapat beberapa jenis alat pemadam api ringan yang memiliki fungsi berbeda-beda. Sebelum membeli APAR, alangkah baiknya Anda pelajari terlebih dahulu tentang lingkungan sekitar terkait dengan potensi terjadinya kebakaran.

Kenapa? Karena tidak semata-mata sembarangan untuk membeli alat pemadam api. Tapi ada tahap-tahap yang harus Anda lewati, agar bisa memilih APAR yang tepat, sehingga bisa padamkan kebakaran dengan cepat. Yuk, simak penjelasan tentang penyebab terjadinya kebakaran, kelas kebakaran, jenis alat pemadam api, hingga rekomendasi APAR untuk Anda.

Kenapa Bisa Terjadi Kebakaran?

Semua permasalahan pasti memiliki sebab, kan? Sama seperti halnya kebakaran. Api bisa muncul disebabkan karena satu faktor yang dinamakan dengan segitiga api.

segitiga api kebakaran

Pada segitiga api terdapat tiga unsur yang memicu munculnya api hingga menyebabkan kebakaran, yaitu:

  • Sumber panas,
  • Bahan bakar/material yang mudah terbakar, dan
  • Oksigen/udara.

Nah, pada saat ketiga unsur tersebut bereaksi, maka api akan muncul dari suatu benda (material mudah terbakar) hingga terjadi kebakaran. Ada banyak benda-benda yang bisa menyebabkan kebakaran, baik itu benda pada, cair, maupun yang berbentuk gas.

Maka dari itu, dibutuhkan jenis alat pemadam kebakaran yang tepat. Memangnya jenis APAR yang tepat itu seperti apa? Yaitu, alat pemadam api ringan sesuai dengan kelas kebakaran.

Pembagian Klasifikasi Kelas Kebakaran

Kelas kebakaran adalah suatu pengelompokan tipe kebakaran yang disebabkan oleh suatu benda atau zat. Jadi, jika material yang terbakar itu beda, tentu jenis api yang muncul juga berbeda.

Selain itu, semua tipe kebakaran juga tidak bisa diatasi dengan satu media pemadam kebakaran. Sehingga dibentuklah kelas kebakaran agar memudahkan dalam menentukan media yang akan digunakan pada jenis alat pemadam kebakaran nantinya.

klasifikasi kelas kebakaran

Di Indonesia, kelas kebakaran dibagi menjadi empat macam, yaitu:

  • Kelas A: Kebakaran yang disebabkan oleh benda padat non-logam mudah terbakar. Contohnya: kayu, karet, kain, plastik, dll.
  • Kelas B: Penyebab kebakaran kelas ini adalah benda cair yang mudah terbakar. Contohnya: bensin, minyak, alkohol, oli, solar, dll.
  • Kelas C: Berbeda dengan yang lain, karena kebakaran ini terjadi karena adanya masalah elektrikal. Contoh: terjadi malfungsi alat elektronik, adanya kabel yang terkelupas, korsleting listrik, dll.
  • Kelas D: Pada kelas ini kebakaran terjadi karena terdapat benda logam yang terbakar. Contoh: lithium, alumunium, dan magnesium.

Nah, intinya adalah beberapa kelas kebakaran di atas harus diatasi menggunakan jenis alat pemadam kebakaran yang sesuai. Jadi, kenali terlebih dahulu kira-kira kelas kebakaran mana yang berpotensi muncul di tempat Anda? Kalau sudah tahu, baru Anda bisa pilih jenis alat pemadam kebakaran yang tepat.

jenis jenis alat pemadam api

Jenis-Jenis Alat Pemadam Kebakaran Berdasarkan Kelas Kebakaran

Ada beberapa jenis alat pemadam api ringan yang sudah disesuaikan dengan kelas kebakaran yang mampu ditanganinya. Nah, agar tidak bingung, yuk simak pembahasan tentang jenis-jenis alat pemadam api kebakaran di bawah ini.

1. APAR Foam

jenis alat pemadam api busa

APAR Foam adalah jenis alat pemadam kebakaran yang isi tabungnya berisikan campuran bahan kimia berwarna putih dan air. Jadi, pada saat media disemprotkan ke sumber api, akan terlihat seperti busa.

Kenapa APAR Foam bisa padamkan api? Karena media foam yang disemprotkan tersebut akan menutupi material yang terbakar. Sehingga tidak ada lagi aliran oksigen di material yang terbakar dan api bisa cepat padam.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa terdapat segitiga api yang menyebabkan api itu muncul. Namun, ketika salah satu unsur dihilangkan, maka tidak akan ada api lagi atau api bisa dipadamkan. Kemudian, jenis alat pemadam kebakaran ini sangat efektif Anda gunakan untuk memadamkan kebakaran kelas A dan B.

2. APAR Powder

jenis alat pemadam api abc powder

Dry Chemical Powder atau yang biasa disebut dengan APAR Powder adalah jenis alat pemadam api kebakaran yang memiliki media berbentuk serbuk kering. Jadi, serbuk tersebut terbuat dari campuran bahan kimia, yaitu ammonium sulphate dan mono-ammonium.

Cara media powder mematikan api adalah dengan menyelimuti material terbakar dan akan memutus rantai oksigen dengan dua unsur, yaitu material terbakar dan sumber panas. Sehingga api tidak lagi menjalar kemana-mana dan bisa cepat padam.  

Jenis alat pemadam kebakaran ini termasuk yang paling istimewa, lho!

Kenapa? Ya, karena selain harganya terjangkau, media powder yang digunakan mampu padamkan api di hampir seluruh kelas kebakaran. APAR powder efektif digunakan untuk memadamkan api kebakaran di kelas A, B, dan C.

Perlu diketahui, bahwa tidak disarankan kepada siapapun untuk menggunakan APAR powder di area industri, terutama di ruang mesin/produksi. Bukan tanpa alasan, himbauan tersebut muncul karena jenis alat pemadam api kebakaran powder ini bersifat meninggalkan residu. Dikhawatirkan juga, residu dapat mengotori mesin dan bahkan bisa berpotensi merusak mesin.

3. APAR CO2

jenis alat pemadam api co2

APAR CO2/Carbon dioxide merupakan salah satu jenis alat pemadam api yang berbeda dengan ketiga jenis APAR di atas. Tabung APAR CO2 ini berisikan media karbon dioksida yang bisa digunakan untuk memadamkan kelas B dan C.

Cara kerja alat pemadam api ini adalah karbon dioksida akan mengisolasi oksigen yang ada pada material terbakar. Karena massa yang dimiliki oleh karbon dioksida lebih besar daripada massa dari oksigen. Maka dari itu, dengan cepat api akan segera padam.

Oiya, untuk jenis alat pemadam kebakaran ini tidak meninggalkan residu, ya! Jadi sangat cocok untuk memproteksi area/ruangan seperti ruang server, SPBU, lab komputer, ruang genset, dll.

4. APAR Liquid Gas

jenis alat pemadam api clean agent

APAR Clean Agent atau yang disebut juga dengan Liquid Gas ini merupakan salah satu jenis alat pemadam api paling bersih. Hingga alat pemadam liquid gas ini mendapat julukan APAR serbaguna dan ramah lingkungan. Karena media gas yang digunakan tidak berbahaya dan dibawah ini merupakan sifat dari alat pemadam api clean agent:

  • Tidak berbahaya terhadap manusia, hewan, maupun tumbuhan,
  • Bersifat non-konduktor/tidak menghantarkan arus listrik,
  • Tidak meninggalkan residu, dan
  • Tidak menyebabkan korosi.

Kemudian jenis alat pemadam kebakaran ini sangat efektif digunakan untuk memadamkan kebakaran kelas A, B, dan C. Sedikit informasi saja untuk Anda, seperti yang dipublikasikan NFPA 2021 bahwa APAR clean agent/liquid gas ini bisa menjadi alternatif pengganti media Halon.

jenis alat pemadam api apar

Melakukan Pengecekan Alat Pemadam Kebakaran Api Apakah Penting?

Tentu saja penting, karena demi kelancaran alat pemadam ketika digunakan dalam keadaan darurat. Anda bisa melakukan pemeriksaan APAR dalam waktu kurang lebih 2 kali dalam satu tahun (enam bulan sekali)

Ketika melakukan pengecekan apapun jenis alat pemadam api kebakaran, pastikan Anda mencatat kondisi terbaru dari alat pemadam tersebut. Agar dapat diketahui apakah APAR dalam kondisi baik-baiks aja atau harus diadakan perbaikan pada komponen maupun medianya.

Tidak ingin capek melakukan pengecekan/inspeksi banyak APAR? Pakai Firecek, aplikasi cek alat pemadam kebakaran No 1 di Dunia. Ada banyak fitur-fitur yang akan membantu Anda dalam melakukan inspeksi, monitoring, dan manajemen alat pemadam api ringan.

Lihat semua fitur aplikasi Firecek di sini …

Jika ditemukan kerusakan pada saat melakukan inspeksi, langsung perbaikan di tempat service APAR terpercaya. Atau media APAR sudah kadaluarsa, Anda harus segera melakukan isi ulang/refill APAR di tempat terbaik.

jenis alat pemadam api ringan

Butuh Alat Pemadam Api untuk Proteksi Kebakaran? Pakai APAR GuardALL!

Jika Anda sedang membutuhkan berbagai jenis alat pemadam api kebakaran, bisa pakai saja APAR merk GuardALL. Sudah terbukti keampuhanya dalam memadamkan api di berbagai kelas kebakaran. Selain itu, APAR merk GuardALL juga sudah mendapatkan sertifikasi resmi dari Damkar DKI Jakarta dengan nomor sertifikasi LAB-DAMKAR-DKI-NO. 46/LHU/VI/2018.

Nah, itulah pembahasan kita pada kesempatan kali ini terkait dengan jenis jenis alat pemadam api kebakaran. Ingat! Anda harus benar-benar teliti dalam memilih media APAR dan distributor penyedia APAR. Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan penawaran harga khusus APAR GuardALL. Sediakan APAR sekarang, hidup akan jadi lebih tenang!

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt