Jenis Alat Pemadam Api yang Harus Kamu Tahu!

Jenis alat pemadam api ringan yang ada sangatlah beraneka ragam. Mulai jenis media pemadam api yang digunakan sampai ke sistem tekanannya. Nah, sudahkah Anda tahu akan hal-hal tersebut? Karena sebelum membeli atau menggunakan APAR mengetahui jenis APAR atau alat pemadam api ringan sangatlah penting.

Jenis Alat Pemadam Api Ringan Berdasar Media Pemadam Api

Media pemadam api adalah isi dari tabung di dalam APAR. Media pemadam api lah yang bertanggung jawab unutk memadamkan api. Banyak jenis media pemadam api yang ada, namun pada umunya ada 3 jenis media pemadam api yang masif digunakan, yaitu powder, foam dan CO2.

Jenis Alat Pemadam Api Ringan Berdasar Media Pemadam Api

  • Media powder: media pemadam api ini berbentuk sebuk kimia kering yang dapat efektif digunakan pada kelas kebakaran A, B dan C. Media ini bekerja dengan cara menutup titik api dan mengurangi bahan bakar.
  • Media foam: media foam ini terdiri dari air dan surfaktan soda. Media ini sangat cocok untuk memadamkan api kelas kebakaran B. Namun, jangan sekali-kali menggunakan APAR foam pada kelas kebakaran C, karena akan memperparah korsleting. Media ini bekerja dengan cara mendinginkan titik api.
  • Media CO2: media pemadam ini berbentuk gas dan tidak meninggalkan residu saat digunakan (clean agent). Media CO2 bekerja dengan memutus rantai reaksi pada segitiga api dan mendinginkan titik api. Media ini sangat efektif digunakan pada kelas kebakaran B dan C.

Macam-macam Sistem Tekanan Alat Pemadam Api Ringan

APAR tidak dapat bekerja jika tidak ada tekanan pendorongnya. Karena tanpa tekanan pendorong media dalam tabung APAR tidak akan keluar. Nah, ternyata ada dua jenis APAR berdasar tekanannya, yaitu stored pressure dan cartridge.

Jenis Alat Pemadam Api Ringan Berdasar Sistem Tekanan Stored Pressure dan Cartridge

  • Stored pressure: APAR dengan tekanan ini mencampurkan gas bertekanan dan media pemadam api dalam tabung yang sama. Tekanan pada APAR jenis stored pressure dapat dicek melalui komponen pressure gauge.
  • Cartridge: APAR jenis ini menyipan tekannya pada tabung yang berbeda. Sehingga APAR ini perlu servis khusus untuk mengetahui tekanan standarnya.

Nah, itulah masing-masing jenis APAR yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli dan mengoperasikan APAR. Jika Anda belum punya APAR, mari segera dapatkan di sini!

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt
%d blogger menyukai ini: