Jenis Alat Pemadam Api Ringan

Kenali Jenis Alat Pemadam Api Ringan dan Cara Penggunaannya

Jenis Alat Pemadam Api Ringan

Alat pemadam api kini sudah semakin beraneka ragam. Dimana dalam kesempatan kali ini akan kami sajikan beberapa Jenis Alat Pemadam Api Ringan yang secara khusus digunakan untuk mengatasi kebakaran dengan cepat dan tepat. Bagaimana pun juga, setiap alat pemadam kebakaran yang dipakai itu bergantung pula pada bahan yang membuat terjadinya kebakaran. Maka dari itulah, setiap pengguna wajib tahu jenis-jenis alat pemadam api dan cara penggunaannya supaya mereka tidak salah pilih.

Jenis Alat Pemadam Api Ringan Media Air

Alat pemadam api yang satu ini berasal dari kombinasi karbon dioksida dan juga air yang berguna untuk memadamkan api. Jenis bahan yang dipakai ini tepat sekali dipakai untuk memadamkan jenis kebakaran kelas A, terutama untuk kebakaran yang disebabkan oleh kayu dan kertas. Satu hal yang perlu diingat, bahwa alat ini dilarang digunakan pada peralatan listrik ataupun cairan kimia organic yang tidak bisa larut dalam air. Karena hal tersebut bisa menjadikan kebakaran yang terjadi semakin merajalela.

Jenis Alat Pemadam Api Ringan Carbon dioxide 

Carbon dioxide extinguishers ini merupakan salah satu Jenis Alat Pemadam Api Ringan yang mengeluarkan partikel COP yang padat dan juga awan karbon dioksida ketika digunakan. Jenis alat ini bisa dipakai untuk area peralatan elektronik. Karena alat ini tidak akan merusak peralatan elektronik tersebut. Karena itulah alat ini kerap diletakkan pada server computer, laboratorium, dan lain – lain. Namun, sekalipun cukup aman dipakai di lingkungan yang penuh listrik, namun alat ini dilarang dipakai pada basemen dan confine space.

Hal ini dikarenakan awan karbon dioksida yang dihasilkan oleh alat ini justru akan membahayakan personel kebakarannya tersebut. Selain itu, bahan inipun juga dilarang keras dipakai untuk mengatasi kebakaran yang diakibatkan oleh metal dan logam. Karena bisa menyebabkan korosif.

Jenis Alat Pemadam Api Ringan Halon Free

Salah satu jenis-jenis alat pemadam api dan cara penggunaannya yang lainnya yang akan kami bahas adalah halon extinguishers. Alat ini biasa dipakai di area workshop, di laboratorium, dan di pabrik. Biasanya alat ini diletakkan pada area yang lengkap dengan minyak dan beberapa bahan yang mudah terbakar. Namun meskipun begitu, alat ini dilarang keras digunakan untuk peralatan elektronik, karena alat ini akan merusak elektronik tersebut.

Jenis Alat Pemadam Api Ringan Powder

Berbicara tentang Jenis Alat Pemadam Api Ringan dan cara penggunaannya, alat ini mengandung sebuah serbuk kering yang sifatnya inert seperti halnya pada serbuk silica yang dikombinasikan dengan serbuk dari sodium bikarbonat. Serbuk inilah yang nanti akan dipompa keluar dari tabungnya menggunakan bantuan dari gas karbon dioksida yang asalnya dari sebuah catridge. Serbuk inilah yang nantinya akan dikeluarkan untuk menutupi bahan – bahan yang telah terbakar. Dengan begitu, oksigen akan terpisah dan akhirnya api pun bisa dipadamkan dengan mudah.

Jenis Alat Pemadam Api Ringan Foam

Alat ini akan membentuk sebuah busa yang didorong oleh karbon dioksida. Sehingga, bahan yang terbakar akan ditutupi olehnya, dan dalam seketika api yang terbakar tersebut bisa langsung dipadamkan. foam memiliki bahan dasar air dan kombinasi biang foam 6%.

Itulah jenis-jenis alat pemadam api dan cara penggunaannya yang harus diketahui oleh para pengguna sebelum memakainya. Dengan memahami jenis-jenis dari alat pemadam inilah diharapkan para pengguna tidak lagi salah memilih saat ingin memadamkan kobaran api di area mereka. Karena, ada pula bahan yang tidak diperbolehkan digunakan untuk kebakaran yang diakibatkan oleh listrik. Maka dari itulah, Anda harus tahu manakah alat yang paling tepat untuk mengatasi kebakaran di semua kelas.

Recommended Posts
Comments
pingbacks / trackbacks
  • […] disamping harus mengetahui unsur bahan bakar atau media apa yang terbakar kita harus mengetahui jenis media yang ada di dalam tabung alat pemadam api, karena media alat pemadam memiliki beberapa jenis media […]

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt