Isi Ulang Alat Pemadam Api Ringan, Emang Bisa Diisi Ulang?

isi ulang alat pemadam api ringan

Alat Pemadam Api Ringan. Kita sudah sering kali melihat benda merah tersebut nempel di tembok-tembok gedung, maupun perkantoran bukan? Tak hanya gedung dan kantor, terkadang ada beberapa rumah yang sengaja memasang APAR demi mengantisipasi adanya kebakaran. Seperti pepatah, sedia payung sebelum hujan, maka sedia APAR sebelum kebakaran. Tapi kalian tahu gak sih? Jika kalian bisa melakukan isi ulang APAR yang kalian punya?

isi ulang apar

Bahkan ada peraturannya lho! Menurut Peraturan Menteri Tenaga Kerja Indonesia No 04- Tahun 1980 Lampiran 2, APAR harus di-refill secara berkala, misal untuk foam setiap 2 tahun, gas dan powder 5 tahun. Untuk hasil isi ulang alat pemadam api agar sesuai takaran dan maksimal, kalian harus percayakan pada tempat isi ulang Alat Pemadam Api Ringan yang berkompeten!

Proses isi ulang Alat Pemadam Api

Kalian harus tahu, metode isi ulang alat pemadam api ringan ini berbeda-beda. Bergantung pada media APAR yang bakalan diisi ulang, jadi tidak sembarangan asal isi dengan metode yang sama, dan dilakukan oleh tenaga ahli, agar hasil maksimal.

  • Sebelum APAR diisi ulang, media APAR harus dikeluarkan sampai habis dengan cara menekan tuas APAR. Secara otomatis nitrogen yang menjadi gas pendorong dan media APAR akan keluar. Hal tersebut untuk memudahkan saat valve atau katup dibuka, dan juga agar leher valve tidak terlempar karena masih ada tekanan dari nitrogen yang tersisa di dalam tabung APAR.
  • Agar isi APAR tidak terbuang sia-sia, biasanya customer juga akan diberikan training APAR sekalian saat membuang media APAR yang akan di-refill. Selain isi APAR yang terbuang tidak sia-sia, customer juga pasti mendapatkan ilmu baru dalam menggunakan APAR yang baik dan benar.

isi ulang alat pemadam api ringan

  • Setelah semua media dalam tabung APAR dikeluarkan, untuk memastikan kembali agar tabung APAR sudah benar-benar kosong, maka leher katup/valve diputar dan dilepas. Kadang untuk media powder kita harus mengeluarkan sedikit ekstra energi untuk memecah powder, karena pada APAR dengan media powder biasanya akan terjadi penggumnpalan.
  • Setelah tabung bersih, maka akan dilakukan penimbangan berat tabung kosong. Setelah tabung ditimbang, tabung diisi sesuai dengan media dan sesuai dengan berat pada label tabung. Dalam pengisian APAR harus dilakukan oleh orang yang ahli dalam bidangnya. Agar saat APAR diisi media, media tidak banyak yang tumpah dan sia-sia.
  • Setelah diisi ulang, maka akan dilakukan penimbangan kembali agar hasil maksimal. Saat isi ulang, biasanya petugas tidak hanya mengisi ulang. Ttetapi juga memeriksa seluruh komponen pada APAR agar APAR bekerja dengan baik. Handgrip, selang, segel, dan cat akan diperiksa.

Itu sebabnya APAR harus diisi ulang dengan tenaga ahli isi ulang APAR terbaik, bahkan bisa isi ulang APAR on-site, jadi kita tidak perlu lagi datang ke kantor, tinggal hubungi saja via Whatsapp atau telefon, maka petugas kami akan datang langsung ke tempat Anda.

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt