Hydrant Hose Reel: Pengertian dan Spesifikasi

Hydrant hose reel merupakan salah satu komponen dalam sistem hydrant. Komponen ini memiliki spesifikasinya agar dapat memaksimalkan hydrant. Lalu bagaimana spesifikasinya? Yuk, simak di bawah ini!

Apa itu Hydrant Hose Reel?

Hydrant Hose Reel - Hose Reel

Setiap gedung, bangunan, dan aset memerlukan antisipasi perlindungan kebakaran. Begitu banyak proteksi kebakaran yang dapat dipilih. Mulai dari alat pemadam api ringan (APAR), Fire Alarm, Fire Suppression, hingga Fire Hydrant.

Hydrant sendiri merupakan sistem proteksi kebakaran yang menggunakan air bertekanan sebagai media pemadamnya. Sistem ini dapat bekerja dengan didukung oleh komponen-komponen hydrant, salah satunya adalah hydrant hose reel.

Hose reel adalah gulungan selang berdiameter kecil yang terhubung dengan PDAM atau reservoir. Komponen ini biasanya menempel pada dinding. Fungsinya adalah mengalirkan media air menuju lokasi kebakaran.

Hydrant hose reel umumnya digunakan pada gedung publik seperti mall, sekolahan, dan rumah sakit. Namun, dewasa ini hose reel dinilai kurang efektif dan berbahaya untuk staf awam bila tidak dapat mengoperasikan secara benar. Pasalnya, hose reel didesain untuk petugas pemadam yang sudah terlatih.

Meski begitu, bukannya hydrant hose reel sudah tidak dapat digunakan lagi. Masih banyak bangunan yang membutuhkan keefektifan hose reel, seperti usaha percetakan, toko mebel, dan usaha lainnya yang membutuhkan media air untuk mengatasi kebakaran kelas A, yakni menurut klasifikasi kelas kebakaran merupakan kebakaran yang diakibatkan benda kering mudah terbakar seperti kertas dan kayu.

Tak hanya itu, hydrant hose reel juga diibutuhkan untuk hydrant kapal. Pasalnya, mengingat ruang lingkup kapal yang tidak telalu besar, hose reel dinilai efektif karena petugas pemadam dapat menggunakan selang sesuai dengan keperluannya saja atau tidak perlu digelar seperti selang hydrant lainnya.

Spesifikasi Hydrant Hose Reel

Hydrant Hose Reel - Hose Reel

Untuk spesifikasinya, gulungan selang pada hose reel dapat mencapai panjang 36 meter yang bisa diarahkan ke titik kebakaran. Atau dapat pula disambung dengan selang cadangan bila jarak titik api lebih jauh.

Pada ujung selang hose reel dilengkapi dengan nozzle. Tujuannya nozzle tersebut berfungsi untuk mengontrol keluarnya air dari PDAM atau reservoir pada instalasi pipa.

Ukuran dari hose reel beragam dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Dengan standar yang 36 meter saja, hose reel ini mampu memadamkan kebakaran pada titik terjauh sekalipun.

Pancaran air yang mampu dipancarkan nozzle adalah minimal 0,33 liter per second. Jadi, tidak perlu meragukan kinerja dari hydrant hose reel.

Hydrant Hose Reel - Hose Reel

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt