Fungsi Siamese Connection

Fungsi Siamese Connection memiliki peranan penting dalam instalasi hydrant.

fungsi siamese connection

Mengenal Fungsi Siamese Connection lebih Jauh

Siamese connection merupakan sebuah alat yang berguna untuk menyuplai air yang berasal dari mobil pemadam kebakaran yang kemudian disalurkan ke dalam bagian system instalasi pipa. Biasanya alat ini digunakan untuk mencegah dan menanggulangi terjadi kebakaran yang terdapat di dalam gedung, dimana kemudian airnya tersebut dipancarkan lewat sprinkler – sprinkler dan juga hydrant box yang terdapat di dalam gedung.

Biasanya, alat ini diletakkan di bagian luar gedung dengan jumlah disesuaikan dengan kebutuhan dan luas gedung tersebut.

Fungsi Siamese Connection Gedung

Berbicara tentang fungsi siamese connection itu sendiri pada dasarnya berbanding terbalik dari hydrant pillar, dimana untuk fungsi dari hydrant pillar itu sendiri adalah sebagai alat yang berasal dari hydrant system yang berguna untuk mensuplai air yang didapatkan dari water tank gedung. untuk memadamkan kebakaran di area luar gedung. Sedangkan untuk system penyambungan pipanya, alat ini menggunakan coupling yang biasanya telah diketahui oleh dinas pemadam kebakaran setempat.

Bila terjadi sebuah kebakaran di sebuah gedung, dan pemadam kebakaran tidak bisa menjangkaunya, maka Siamese connection ini menjadi tidak berarti fungsinya. Karena untuk pemakaian hydrant ini membutuhkan bantuan operator. Sementara bila dikombinasikan dengan penggunaan system sprinkle, maka penggunaannya tersebut harus disesuaikan dengan kapasitas airnya. Mengingat dalam system sprinkler tersebut menggunakan system otomatis dengan jangkauan yang terbatas.

Maka dari itulah, jangan sampai dalam penggunaannya, kapasitas airnya hanya bisa bertahan dengan sementara dan jangkauan yang disemburkan tidak rata. Karena itulah, salah satu hal lain yang harus diperhatikan dari fungsi siamese connection itu sendiri adalah dayanya yang identik terhadap debit pada kecepatan dan tekanannya.

Ini harus diperhatikan, karena bila Anda akan memadamkan kebakaran menggunakan system sprinkler, maka Anda butuh tekanan yang cukup untuk membuat aliran air bisa disebar ke area yang terbakar tersebut menggunakan bantuan head sprinkler yang telah pecah.  Maka dari itulah, supaya tidak mubazir, sebaiknya Anda pahami dengan baik bagaimana cara kerja dari Siamese connection itu sendiri dan bagaimana cara menggunakannya. Sehingga, alat ini bisa bekerja dengan optimal.

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt