Fungsi Jockey Pump Pada Hydrant System Serta Cara Kerjanya

Fungsi jockey pump pada hydrant merupakan hal yang penting untuk diketahui para pemilik maupun pengelola hydrant bangunan. Sebab, jockey pump termasuk sebagai komponen yang memiliki fungsi penting pada sistem fire hydrant.

Pada fire hydrant system, terdapat tiga jenis pompa yang saling terintegrasi dalam menjalankan tugasnya sebagai pemasok air dari water reservoir ke sistem perpipaan hydrant. Jockey pump merupakan salah satu dari tiga jenis pompa hydrant tersebut yang memiliki peran sangat penting.

Apa Itu Jockey Pump?

fungsi jockey pump pada hydrant pemadam kebakaranHydrant pump dalam fire hydrant system terdiri atas tiga jenis, yaitu electric pump, diesel pump, dan jockey pump. Setiap komponen hydrant tersebut memiliki fungsi atau peran tersendiri dalam fire hydrant system.

Electric pump berperan untuk mendistribusikan air dari ground tank atau water reservoir ke seluruh sistem hydrant. Pompa diesel berperan menjadi back-up atau pengganti electric pump apabila tidak bisa bekerja karena sumber listrik mati. Dua jenis pompa hydrant ini bekerja untuk pendistribusian air ke sistem hydrant.

Berbeda dengan dua pompa lainnya yang berperan dalam pendistribusian air, fungsi jockey pump pada hydrant adalah untuk menjaga kestabilan tekanan air dalam instalasi fire hydrant. Peran ini sangat penting untuk menghindari adanya kerusakan pada komponen hydrant akibat tekanan air yang tinggi.

Fungsi Jockey Pump Pada Hydrant Pemadam Kebakaran

fungsi jockey pump pada hydrant sertifikasi UL FLMJockey pump merupakan pompa hydrant yang bekerja secara otomatis untuk menjaga kestabilan tekanan fluida di dalam sistem distribusi atau saluran pipa. Fungsi jockey pump adalah mendukung kinerja dua pompa hydrant lainnya. Beberapa fungsi dari jockey pump pada hydrant pemadam kebakaran adalah sebagai berikut.

Menstabilkan tekanan fluida saat kebakaran

Fungsi utama dari jockey pump adalah menstabilkan tekanan fluida pada sistem hydrant dan fire sprinkler setelah electric pump mengisi saluran pipa hydrant dengan air dari water reservoir. Ketika terjadi kebakaran, pompa ini memastikan hydrant terus memancarkan air dengan tekanan normal.

Menjaga kestabilan tekanan fluida saat terjadi kebocoran

Jockey pump juga berperan untuk menjaga kestabilan tekanan fluida apabila terjadi kebocoran pada saluran pipa hydrant. Terjadinya kebocoran pada saluran hydrant bisa menyebabkan tekanan air pada output hydrant dan sprinkler menjadi tidak normal. Oleh karena itu, jockey pump akan aktif untuk memacu aliran air supaya bisa tetap normal selama sistem fire hydrant bekerja.

Memungkinkan pompa hydrant lain tidak bekerja sepanjang waktu

Keberadaan jockey pump juga memungkinkan dua pompa hydrant lainnya tidak perlu bekerja sepanjang waktu. Ketika alarm kebakaran menyala dan proses pemadaman kebakaran mulai dijalankan, pompa elektrik akan menyedot air dari water reservoir dalam jumlah maksimal untuk di alirkan ke jaringan perpipaan.

Volume air yang disedot oleh electric pump jumlahnya lebih besar dibandingkan dengan jumlah volume air yang dipancarkan oleh valve hydrant maupun mulut sprinkler. Untuk mengatur supaya tidak terjadi ketidakstabilan dalam fire hydrant system tersebut, maka jockey pump akan menurunkan tekanan air ke angka normal.

Prinsip Kerja Jockey Pump Pada Sistem Hydrant

fungsi jockey pump pada hydrant sesuai standar NFPATiga jenis pompa hydrant saling berkaitan melalui pressure tank, header pump, dan pressure switch. Diesel pump berfungsi untuk mendukung kinerja electric pump, sementara fungsi jockey pump bekerja dengan mengatur tekanan fluida yang dihasilkan oleh kedua jenis pompa hydrant tersebut.

Saat terjadi kebakaran, jockey pump akan mulai bekerja pertama kali pada saat air dalam pipa hydrant mengalir keluar. Setelah debit air menurun dan tekanan air melemah, maka electric pump akan otomatis aktif untuk mengisi kembali jaringan perpipaan dengan air setelah mendapatkan sinyal dari pressure switch.

Air yang dihadilkan oleh electric pump menghasilkan dorongan yang besar, sehingga fungsi jockey pump harus menormalkan tekanan air hydrant sebelum keluar. Jockey pump ini dapat dioperasikan menggunakan control panel, sehingga bisa dikeluarkan secara manual maupun otomatis.

Pengaturan antara kinerja jockey pump manual dan otomatis ini dilakukan melalui selector switch. Ketika menggunakan kontrol manual, maka ada tombol off dan on yang bisa ditekan sesuai dengan kebutuhan. Sementara jika digunakan secara otomatis, jockey pump bekerja sesuai dengan tekanan yang ada di dalam sistem yang dihasilkan oleh pressure switch.

Tekanan air yang rendah bernilai 6 – 8 bar, sedangkan tekanan air tinggi berada pada rentang 8 – 10 bar. Saat terjadi penurunan tekanan dalam sistem hydrant, maka jockey pump akan otomatis aktif dan berhenti kembali setelah tekanan air naik dan kembali normal.

Optimalkan Fungsi Jockey Pump dengan Hydrant GuardALL!

Produk fire hydrant GuardallSetelah mengetahui apa fungsi jockey pump pada hydrant, tentu Anda semakin paham betapa pentingnya keberadaan komponen hydrant yang satu ini. Untuk memaksimalkan fungsi jockey pump pada hydrant, pastikan Anda menggunakan produk hydrant yang berkualitas, yaitu GuardALL.

GuardALL merupakan produk unggulan sistem kebakaran terbaik yang sesuai dengan standar NFPA dan bersertifikasi UL FM. Instalasi sistem proteksi kebakaran GuardALL juga didukung oleh fire engineer berpengalaman, sehingga menjadikan GuardALL sebagai brand fire protection system yang sangat terpercaya.

Berbagai macam produk hydrant GuardALL juga selalu direkomendasikan oleh para konsultan hydrant pemadam kebakaran. Produk hydrant GuardALL juga telah banyak digunakan di berbagai proyek gedung bertingkat, rumah sakit, universitas, apartemen, hotel, industri, hingga rumah tinggal di Indonesia.

Sistem fire hydrant GuardALL dirancang dengan teknologi khusus untuk melindungi aset bisnis Anda. GuardALL menyediakan beragam komponen yang dibutuhkan dalam instalasi fire hydrant system yang akan memaksimalkan fungsi jockey pump pada hydrant. Produk fire hydrant GuardALL yang tersedia antara lain:

Yuk, optimalkan fungsi jockey pump pada hydrant dengan menggunakan produk fire hydrant GuardALL. Dapatkan layanan konsultasi gratis dan harga terbaik dengan menghubungi kontak kami.

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt