Fungsi Hydrant Box

Fungsi Hydrant Box tidak hanya sebagai tempat menyimpan peralatan hydrant saja. simak selengkapnya di artikel ini.

Fungsi Hydrant Box

Hydrant box merupakan salah satu alat pemadam kebakaran yang bisa kita lihat dengan mudah. di banyak gedung besar seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan umum, dan gedung-gedung besar lainnya menggunakan alat yang satu ini. disamping itu, gedung-gedung pabrik perusahaan suasta pun juga dianjurkan untuk menggunakan fire hydrant. Hal ini untuk melindungi para pengunjung dan juga pekerja yang ada di dalam gedung tersebut.

Ada dua macam hydrant box, yaitu hydrant box indoor dan hydrant box outdoor. Dari namanya saja sudah jelas bahwa hydrant box indoor adalah sebuah kotak hydrant yang dipasang di dalam gedung atau ruangan sehingga jika terjadi kebakaran di dalam ruangan maka alat ini siap digunakan. Sedangkan hydrant box outdoor adalah kotak hydrant yang dipasang di luar gedung atau ruangan.

Fungsi Hydrant Box untuk Penyimpanan

  1. Sebagai tempat untuk menyimpan peralatan pemadam kebakaran.

Secara umum, fungsi dari hydrant box adalah untuk menyimpan semua peralatan pemadam kebakaran, seperti nozzle, selang pemadam, hydrant valve. Alat-alat ini harus dikumpulkan agar ketika dibutuhkan sewaktu-waktu sudah tersedia dan siap untuk digunakan. Anda bisa membayangkan bagaimana jika alat-alat tersebut tidak ada dalam satu tempat. Dalam keadaan panik orang akan susah untuk menemukan peralatan pemadam kebakaran padahal saat itu waktu sangat berharga. Tapi dengan adanya hydrant box maka orang akan dengan mudah untuk menemukan peralatan pemadam kebakaran. Apa lagi biasanya warna dari hydrant box ini mencolok sehingga semakin memudahkan orang untuk menemukan kotak hydrant ini.

  1. Untuk menjaga umur peralatan pemadam kebakaran.

Selain berguna sebagai tempat untuk menyimpan peralatan pemadam kebakaran, fungsi lain dari hydrant box adalah untuk menjaga alat hydrant box agar tahan lama, terutama untuk outdoor hydrant box. Di dalam hydrant box terdapat berbagai alat seperti hydrant valve, nozzle, dan selang pemadam. Untuk hydrant valve dan juga nozzle kebanyakan terbuat dari besi baja. Kedua alat ini jika terlalu sering terkena hujan elektrolit maka semakin lama akan teroksidasi dan menyebabkan korosi. Adanya korosi akan merusak alat atau juga mengganggu kerja alat sehingga tidak bisa maksimal saat digunakan. Sementara untuk selang pemadam kebakaran pada umumnya dibuat dari karet sintetis. Karet ini jika terlalu sering terkena panas maka akan rusak juga. Sehingga butuh hydrant box agar peralatan hydrant tidak cepat rusak.

  1. Sebagai hiasan.

Coba anda bayangkan saja di sebuah gedung perkantoran ada selang, nozzle, dan juga hydrant valve tergeletak begitu saja. Tentu akan mengganggu pemandangan bukan? Untuk itu agar ruangan menjadi rapi maka semua peralatan tersebut disimpan menjadi satu ke dalam hydrant box sehingga ruangan tetap rapi tapi juga tetap siap menghadapi kebakaran.

Itulah pembahasan tentang fungsi dari hydrant box. Semoga pembahasan di atas bermanfaat.

Recommended Posts
Comments
pingbacks / trackbacks

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt