Definisi Fire Hydrant

Definisi Fire Hydrant yakni sebuah sistem yang khusus dibuat untuk melakukan proteksi terhadap kebakaran di sebuah tempat.

Definisi Fire Hydrant

Di jaman yang modern ini tentu kita mengenal berbagai macam alat yang bisa memudahkan orang dalam melakukan sesuatu. Sebagai contoh, di gedung-gedung dan fasilitas umum seperti pasar, rumah sakit, gedung perkantoran, dan tempat-tempat umum lainnya terdapat fasilitas darurat. Dari sekian banyaknya fasilitas darurat yang disediakan oleh sebuah gedung fasilitas umum, salah satunya adalah yang namanya fire hydrant. Ini mungkin istilah yang sudah sering anda dengar. Tapi bisa jadi anda belum tahu artinya. Lalu apa definisi fire hydrant itu?

Definisi fire hydrant adalah sebuah alat terminal air yang berfungsi untuk memadamkan api saat terjadi kebakaran. Sistem perlindungan utama dari alat ini adalah menggunakan air. terdiri dari reservoir, jaringan pipa hisap, pompa, pipa distribusi, dan sampai ke outputnya. Untuk itu saluran air dalam fire hydrant harus lancar dan selalu ada. Ini sebagai langkah untuk mencegah jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran, baik kecil maupun besar.

Definisi Fire Hydrant harus dipahami

Jika pada jaman dulu saluran air yang terdapat pada fire hydrant ini diambil dari sumur atau kolam air terdekat, maka saat ini sudah dikembangkan air bawah tanah sebagai sumber air untuk sebuah fire hydrant. Ini fungsinya agar air selalu ada ketika dibutuhkan. Dengan begitu seorang pemadam kebakaran tidak perlu mencari air dari tempat yang jauh, bahkan saat musim kemaraupun air yang terdapat pada fire hydrant ini tetap bisa mengalir dengan tekanan yang tinggi. mengapa harus dengan tekanan yang tinggi?

Proses pemadaman api bukanlah hal yang mudah. dibutuhkan air yang jumlahnya banyak dan tekanannya juga besar agar api tersebut bisa mati dalam waktu yang cepat. Untuk itulah selain dari tekanan air yang tinggi, sebuah fire hydrant juga harus bisa menghasilkan air sebanyak 250 galong air minum setiap menitnya, atau sekitar 9000 liter air permenit. Ini untuk mempercepat proses pemadaman api saat terjadi kebakaran.

Jika sudah tahu apa itu definisi fire hydrant, maka saat ini yang harus dilakukan saat berada di gedung fasilitas umum adalah mengenali fasilitas darurat yang ada di gedung tersebut. Ini cukup penting karena jika terjadi sesuatu anda bisa dengan cepat menggunakan alat tersebut untuk melindungi diri sendiri dan juga orang-orang yang ada di sekitarnya. Perlu anda tahu bahwa hydrant ini memiliki warna yang mencolok dan berada di tempat yang mudah dijangkau. Dengan begitu coba anda amati setiap masuk ke gedung fasilitas umum dimana letak fire hydrant itu berada. Dengan begitu anda akan langsung tanggap saat terjadi kebakaran.

Demikianlah pembahasan tentang definisi fire hydrant. Semoga bermanfaat.

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt