Checklist Pompa Hydrant Terkini dengan Aplikasi

checklist pompa hydrant

Sobat Api pasti sudah tahu yang namanya fire hydrant? Yak ini adalah salah satu pemadam api yang sering diandalkan apalagi di area-area yang cakupan proteksinya cukup luas. Dalam sebuah sistem fire hydrant, ada banyak komponen yang saling terkait agar dapat digunakan untuk memadamkan api.

Komponen-komponen tersebut harus lah bekerja dengan baik atau tidak rusak, agar fire hydrant dapat bekerja dengan baik. Nah, oleh sebab itu dilakukan inspeksi atau servis hydrant yang harus sesuai dengan checklist hydrant.

Langkah- langkah Checklist Pompa Hydrant yang Benar

Salah satu komponen wajib yang harus dicek dalam instalasi fire hydrant adalah pompa atau fire pump. Komponen ini yang akan mengalirkan air ke seluruh instalasi fire hydrant. Jika komponen ini tidak bekerja maka hydrant tidak akan mengeluarkan air dan tidak bisa memadamkan api. Oleh sebab itu, performanya harus dijaga agar dapat bekerja dengan cara melakukan maintenance sesuai checklist.

  • Pertama yang harus diperiksa adalah keselarasan kopling semua pipa.
  • Selanjutnya, cek katup bantuan sirkulasi. Katup ini mencegah pompa dari overheating ketika beroperasi pada kondisi yang sangat ekstrim.
  • Lalu, lakukan pengetesan tamper dan aliran switch.
  • Tes juga tekanan dan laju aliran dari pompa keluar. Umumnya, ada selang terpasang di luar manifold untuk membantu mengukur aliran air (dan tekanan air) ketika pompa aktif.

Checklist Pompa Hydrant Standar NFPA dan SNI

Sebaiknya pengetesan atau pengecekan pompa dilakukan selama seminggu sekali. Coba aktifkan pompa selama 10 menit, jika berjalan aman maka pompa dalam kondisi baik.

Perawatan Hydrant Lebih Mudah Pakai Aplikasi Pengecekan Hydrant

Kini GuardALL mengenalkan aplikasi pengecekan hydrant bernama aplikasi Welmo, dengan aplikasi Welmo memonitor dan maintenance pompa hydrant dapat dilakukan dengan mudah.

Jika menggunakan aplikasi Welmo akan ada monitor yang memantau 24/7 dan tidak perlu khawatir karena dapat dipantau secara real-time dan dimanapun! Misalnya jika ada pompa hydrant yang aktif akan muncul notifikasi, sehingga jika pompa aktif tidak disengaja dapat segera di-non aktifkan untuk mencegah over heating dan juga error pada instalasi hydrant.

Checklist Pompa Hydrant Aplikasi Smartphone Welmo

Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa mendeteksi kebocoran pada groundtank lebih dini. Banyak kemudahan yang ditawarkan oleh Welmo, langsung saja cek dan coba sendiri di sini!

Cek juga video cara kerja aplikasi Welmo di sini.

checklist pompa hydrant, checklist pompa hydrant, checklist pompa hydrant, checklist pompa hydrant

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt