Checklist Pemeriksaan APAR Digital Apakah Bisa? Cek di Sini

Checklist pemeriksaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) berisikan poin-poin yang harus Anda periksa ketika melakukan inspeksi APAR. Daftar pemeriksaan tersebut berbentuk seperti kartu atau lembaran kertas.

Selain itu, daftar tersebut juga akan menjadi acuan bagaimana kondisi APAR yang dimiliki setelah inspeksi dilakukan.

Lalu, bagaimana cara melakukan checklist pemeriksaan alat pemadam api yang benar? Nah, kita akan bahas secara lengkap di dalam artikel ini. Simak sampai selesai, ya!

Apa Saja Isi dari Form Checklist APAR?

checklist pemeriksaan apar

Form checklist pemeriksaan APAR umumnya mencakup berbagai poin yang harus diperiksa secara teratur. Tidak lain dan tidak bukan, tujuannya adalah untuk memastikan bahwa APAR dapat berfungsi dengan baik dan siap digunakan saat dibutuhkan.

Berikut ini beberapa contoh isi dari form checklist APAR yang umumnya ditemukan:

Informasi Identifikasi APAR:

  • Nomor seri APAR.
  • Tanggal pembelian atau tanggal terakhir diisi ulang.

Pemeriksaan Visual:

  • Kondisi fisik tabung APAR.
  • Kondisi nozzle atau ujung penyemprot.
  • Kondisi pegangan dan bagian lain dari APAR.

Pengecekan Tekanan:

  • Tekanan saat ini dalam tabung APAR.
  • Rentang tekanan yang diperbolehkan oleh standar keselamatan.

Segel Keamanan:

  • Kondisi segel keamanan.
  • Keutuhan segel untuk menunjukkan bahwa APAR belum digunakan sebelumnya.

Lokasi dan Ketersediaan:

  • Lokasi APAR dan apakah terlihat jelas atau tersembunyi.
  • Ketersediaan APAR di area yang mudah dijangkau dan sesuai dengan regulasi keselamatan.

Tanda Tangan dan Tanggal:

  • Tanda tangan pemeriksa atau orang yang bertanggung jawab atas pemeriksaan.
  • Tanggal pemeriksaan dilakukan.
  • Jadi, dengan melakukan inspeksi dan mengisi checklist APAR secara terjadwal, Anda dapat memastikan bahwa
  • APAR benar-benar siap digunakan kapan saja.

Lalu, Kapan Harus Melakukan Checklist Pemeriksaan APAR?

pemeriksaan alat pemadam api

Oiya, dalam melakukan pemeriksaan APAR secara rutin juga akan memenuhi persyaratan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Dalam Permenakertrans RI No 4/MEN/1980 telah diatur tentang Syarat-syarat Pemasangan dan Pemeliharaan Alat Pemadam Api Ringan. Jadi, setidaknya alat pemadam api harus diperiksa paling tidak 2 kali dalam setahun atau setiap 6 bulan sekali.

Lho, Berarti Harus Melakukan Pemeriksaan APAR Satu-Persatu?

Ya, Anda bisa melakukan pengecekan satu-persatu dan mengisi semua checklist pemeriksaan APAR. Misal Anda memiliki 100 tabung APAR, berarti Anda juga harus mengecek semuanya satu-persatu.

Wah, berarti bakalan lama banget, dong?

Betul sekali. Jika Anda melakukan pemeriksaan menggunakan checklist APAR manual, tentu saja akan membutuhkan banyak waktu dan tenaga.

Bagaimana tidak, per tabung saja ada banyak kolom yang harus diisi menggunakan bolpoin atau spidol. Selain itu, Anda juga harus berkeliling untuk mengecek semua aset tabung APAR yang ada.

Belum lagi, data yang berbentuk kertas juga mudah rusak. Bayangkan saja, kalau Anda sudah mengisi banyak data dan belum sempat untuk membuat laporan, tapi data tersebut rusak karena basah air.

Sangat disayangkan sekali, kan? Sudah mengeluarkan banyak tenaga dan juga kertas, tapi malah ada kejadian yang tidak diinginkan seperti itu.

Terus apa yang harus dilakukan? Apakah ada solusi untuk mengatasi masalah tersebut? Tentu saja ada, dong!

Pakai Firecek, Aplikasi Checklist APAR Digital, Lebih Mudah dan Aman!

checklist pemeriksaan apar pakai firecek

Pakai Firecek, kegiatan checklist pemeriksaan APAR jadi lebih mudah. Cukup sekali klik, semua kerjaan beres!

Kini telah hadir aplikasi sistem proteksi kebakaran satu-satunya di Indonesia dan menjadi yang nomor satu. Ya, nama aplikasi tersebut adalah Firecek yang bisa Anda unduh secara gratis melalui Google Play Store maupun App Store.

Aplikasi checklist pemeriksaan APAR digital ini akan membantu penggunaannya dalam mengisi kolom pemeriksaan dengan cepat.

Selain itu, dengan Firecek Anda juga bisa meng-input informasi penting seputar APAR milik Anda hanya dengan sekali klik atau semudah seperti membuka medsos di smartphone.

Cara pakai nya juga gampang banget! Cukup scan QR code yang ada pada tabung menggunakan aplikasi Firecek, Anda sudah bisa mulai melakukan inspeksi. Penasaran bagaimana caranya? Tonton video di bawah ini:

Apakah Isi dari Firecek Sama dengan Kartu APAR?

checklist pemeriksaan apar digital

Bisa dikatakan sama, karena fitur inspeksi APAR digital ini hanya mendigitalisasi tabel konvensional ke dalam aplikasi. Sehingga, akan lebih memudahkan petugas dalam melakukan inspeksi rutin alat pemadam api.

Di bawah ini merupakan deretan kolom yang harus diisi pada aplikasi Firecek:

  • Lokasi peletakan APAR,
  • Merek APAR,
  • Media APAR,
  • Tanggal kadaluarsa APAR (expired date),
  • Tipe APAR, dan
  • Berat APAR/capacity.

Selain itu, Anda juga bisa menyimpan hasil kegiatan inspeksi, baik dari segi komponen atau bagian APAR lainnya, seperti:

  • Pressure Gauge,
  • Seal/segel APAR,
  • Hose/selang APAR,
  • Tabung APAR,
  • Head grip/tuas APAR,
  • Spindle Head, dan
  • Keterangan hydrotest.

Nah, di dalam aplikasi Firecek juga ada fitur yang memungkinkan Anda menyimpan informasi checklist pemeriksaan APAR sesuai kondisi yang Anda temukan saat inspeksi. Di situ nanti akan muncul pilihan-pilihan pada fitur tersebut sesuai kolom komponen yang diperiksa.

Akan muncul pilihan di setiap kolom komponen-komponen APAR yang diinspeksi. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kondisi terbaru tabung APAR.

  1. Pilih good/baik jika kondisi komponen baik,
  2. Pilih broken jika kondisi komponen rusak, dan
  3. Pilih leaked jika ditemukan kebocoran saat inspeksi atau corrosive pada saat inspeksi.

Aplikasi Pemeriksaan APAR Digital Juga Berikan Notifikasi Otomatis

checklist apar digital

Selain dapat menyimpan informasi tabung dan hasil inspeksi APAR, aplikasi pemeriksaan APAR digital ini juga akan membantu dalam merawat APAR terutama dalam mencegah APAR memasuki masa kadaluarsa.

Firecek akan memberikan notifikasi secara otomatis melalui smartphone yang Anda gunakan. Jadi, Anda tidak perlu lagi mengingat kapan masa expired APAR yang Anda miliki.

Lalu, kapan notifikasi akan muncul? Jadi, untuk settingan default dari Firecek, akan memberikan peringatan mulai h-30 sebelum memasuki masa kadaluarsa.

Dengan seperti itu, Anda tidak akan kelupaan untuk melakukan penggantian media pemadam api. Anda bisa segera membawanya ke tempat refill APAR terdekat untuk me-refill media dan tekanannya.

Tak Hanya Masa Expired, Ada Juga Notifikasi Lain!

Selain itu, akan ada notifikasi jadwal pengecekan APAR jika Anda sudah membuat jadwal pengecekan APAR sebelumnya. Jadi, nanti secara otomatis Firecek akan memberikan notifikasi jika sudah saatnya melakukan inspeksi.

Sangat menyenangkan bukan, me-manage APAR tanpa harus repot-repot mengingat tanggal ini itu?

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera beralih ke checklist pemeriksaan APAR digital! Bikin semua hal jadi lebih gampang dan efisien kalau pakai Firecek. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

permasalahan alat pemadam apitabung apar meledak sendiri