Checklist Pemeliharaan Hydrant Terlengkap

checklist pemeliharaan hydrant

Memastikan fire hydrant dalam performa terbaiknya adalah suatu kewajiban dari pemilik hydrant. Hal ini harus dilakukan, karena hydrant harus siap siaga memproteksi area dan aset milik Sobat Api. Jadi, performanya harus tetap di-maintenance dari waktu ke waktu. Nah, Sobat Api sudah tahu belum checklist pemeliharaan hydrant? Kalo belum yuk simak di bawah ini!

Cara Perawatan Hydrant Sesuai Checklist Pemeliharaan Hydrant

Perawatan hydrant harus dilakukan secara menyeluruh. Semua komponen harus dipastikan dalam kondisi baik dan juga dalam posisi yang tepat. Karena jika ada salah satu komponen yang rusak atau tidak dalam kondisi prima, maka tak ayal dapat mempengaruhi semua sistem instalasi fire hydrant. Oleh sebab itu, coba ikuti langkah-langkah ini:

  • Pertama coba cek semua valve atau katup yang ada pada sistem fire hydrant. Coba buka valve atau katup dan amati kinerjanya. Jika ada kerusakan maka harus segera diganti.
  • Lalu, pasang semua komponen hydrant seperti hose, nozzle dan sebagainya. Selanjutnya, aktifkan pompa hydrant atau fire pump. Saat air mulai mengalir ke semua komponen yang ada pada instalasi fire hydrant coba amati apakah ada kebocoran? Jika ada kebocoran segera perbaiki, namun jika ada kebocoran yang parah harus segera diganti komponen tersebut.
  • Setelah semua pengecekan dilakukan, segera lakukan flushing pada instalasi fire hydrant. Flushing berfungsi untuk menghilangkan endapan yang ada pada sistem fire hydrant, supaya tidak menganggu aliran dan instalasi fire hydrant.
  • Tahap akhir dalam perawatan hydrant, catat semua kondisi dan hasil dari pengecekan.

Checklist Pemeliharaan Hydrant Terlengkap dan Terkini Sesuai NFPA

Nah, itulah tahap-tahap perawatan fire hydrant yang harus dilakukan secara berkala. Namun, kini semua pengetesan hydrant dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan smartphone! Penasaran? Yuk cek di bawah ini!

Pengetesah Hydrant Mudah Pakai Smartphone!

Kini melakukan pengetesan hydrant dapat dilakukan dengan smartphone. Dengan aplikasi Welmo kini Sobat Api dapat memonitor kerja pompa hydrant, supply air pada groundtank dan juga seluruh sistem instalasi hydrant dengan mudah.

Jika ada pompa hydrant yang aktif, Welmo akan mengirim notifikasi ke smartphone milik Sobat Api. Maka semua aktifitas pompa hydrant dapat dinotifikasi dengan baik. Selanjutnya, jika air pada groundtank di bawah standar atau level yang sehrusnya maka juga akan muncul notifikasi via aplikasi Welmo.

Checklist Pemeliharaan Hydrant Digital Welmo Pertama di Indonesia

Selanjutnya, jika ada kebocoran pada instalasi fire hydrant kini dapat dideteksi secara dini dengan adanya notifikasi dari Welmo. Kini memonitor fire hydrant dapat Sobat Api lakukan dengan mudah kapan pun dan dimanapun cuk dengan aplikasi Welmo. Langsung saja cek dan coba aplikasi Welmo di sini!

Cek juga video cara kerja aplikasi Welmo di sini.

checklist pemeliharaan hydrant,checklist pemeliharaan hydrant, checklist pemeliharaan hydrant

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt