Tabung Sering Rusak? Begini Cara Perawatan APAR yang Benar

Menerapkan cara perawatan APAR (alat pemadam api ringan) yang benar menjadi salah satu aspek yang sering diabaikan dalam upaya menjaga kestabilan fungsi APAR. Padahal alat ini disediakan untuk keamanan di berbagai lingkungan, mulai dari tempat kerja, lingkungan, hingga rumah tangga.

Jadi, Sobat Api perlu tahu, meskipun APAR hadir sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang siap melawan kobaran api, tapi kalau tanpa perawatan yang tepat, alat ini tidak akan ada gunanya saat diperlukan.

Misalkan saja, ketika terjadi kebakaran dan ketika ingin menggunakan APAR, tiba-tiba alat tersebut tidak bisa digunakan. Sehingga kebakaran awal tidak dapat teratasi dan menjalar menjadi besar hingga melahap semua yang ada.

Bagaimana Cara Perawatan APAR yang Benar dan Aman?

tips perawatan apar yang benar

Perawatan APAR yang tepat itu sangat penting, karena dapat memastikan bahwa APAR tersebut selalu siap digunakan kapan saja, terutama dalam situasi darurat.

Berikut merupakan tips merawat APAR dengan cara yang benar dan dijamin aman:

  1. Pemeriksaan APAR secara berkala

    Lakukan pemeriksaan rutin terhadap APAR setidaknya sekali sebulan. Periksa apakah APAR dalam kondisi fisik yang baik, seperti kerusakan, korosi, atau tanda-tanda keausan.

  2. Pastikan APAR tidak mengalami kebocoran

    Lakukan cara perawatan APAR secara visual untuk melihat apakah ada tanda-tanda kebocoran di sekitar selang, katup, atau bagian lainnya.

  3. Periksa pressure gauge pada tabung

    Periksa tekanan pada APAR untuk memastikan bahwa itu berada dalam batas yang direkomendasikan (biasanya berada pada titik indikator berwarna hijau/green sector). Jadi, jika jarum berada pada indikator merah/red sector, maka bisa diindikasikan terjadi kebocoran tabung. Segera perbaiki atau mengganti komponen APAR yang rusak dengan yang baru.

  4. Jaga tabung APAR tetap bersih

    Hindari penumpukan debu, kotoran, atau benda asing lainnya pada APAR. Membersihkan APAR secara berkala juga dapat menjaga agar permukaannya tetap bersih akan membantu menjaga kualitasnya.

  5. Catat/dokumentasikan data hasil perawatan APAR

    Cara perawatan APAR yang terakhir, jangan lupa untuk membuat catatan tentang semua pemeriksaan, pemeliharaan, dan pengujian yang dilakukan pada APAR. Ini akan membantu Anda untuk melacak riwayat perawatan dan memastikan bahwa APAR selalu dalam kondisi yang baik.

Lho, kalau harus mencatat satu persatu tabung APAR bakalan capek banget, dong? Selain itu juga akan menghabiskan banyak waktu. Ya, tentu saja. Anda harus melakukannya secara rutin di semua tabung yang dimiliki, baik itu puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan tabung APAR.

Lalu, Ada Nggak Sih Cara Perawatan APAR yang Mudah dan Cepat?

Tentu saja, ada dong! Anda bisa memanfaatkan salah satu aplikasi smartphone bernama Firecek. Sudah tahu tentang aplikasi ini belum?

Firecek merupakan sebuah aplikasi sistem proteksi kebakaran nomor 1 di Indonesia yang akan membantu penggunanya dalam melakukan inspeksi/perawatan APAR.

Di dalam aplikasi Anda bisa memanfaatkan fitur yang tersedia untuk membantu dalam menerapkan cara perawatan APAR di atas.

Kenapa Kalau Pakai Aplikasi Firecek Merawat APAR Jadi Mudah?

cara perawatan apar pakai firecek

Ya, karena Firecek memiliki fitur inventory yang berfungsi untuk menyimpan semua data APAR milik Anda. Mulai dari jenis, merek, kapasitas, dan informasi di mana tabung tersebut ditempatkan.

Akan tetapi, Anda perlu mengintegrasikan terlebih dahulu tabung APAR dengan Firecek melalui kode QR yang tertempel di bagian luar tabung (hanya dilakukan sekali). Dengan seperti itu, semua APAR dapat diarsipkan dengan baik dan rapi ke dalam sistem aplikasi Firecek.

Kemudian dalam menerapkan cara perawatan APAR menggunakan Firecek juga sangat mudah. Anda hanya perlu meng-scan kode QR dan mengisi kolom untuk menggambarkan keadaan terbaru tabung APAR saat dilakukan pengecekan.

Maka, jika ditemukan kerusakan bisa segera dilakukan perbaikan maupun penggantian komponen yang baru.

Jika Anda ingin lebih jelas, simak video simulasi tentang cara perawatan APAR menggunakan aplikasi firecek berikut ini:

YouTube video player

Pasti ada juga orang yang akan bertanya seperti ini, “Wah, sama saja dong kalau sudah ada fitur canggih tapi sering lupa melakukan inspeksi?”.

Eitss, jangan salah! Anda bisa buat jadwal inspeksi di Firecek dan nanti akan ada notifikasi otomatis yang mengingatkan Anda untuk melakukan kegiatan perawatan APAR.

Anti Lupa-Lupa Club! Soalnya Ada Notifikasi Otomatis dari Firecek

cara perawatan apar digital

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, bahwa menerapkan cara perawatan APAR yang benar merupakan sesuatu yang wajib. Akan tetapi, masih banyak yang lalai untuk melakukan inspeksi APAR.

Nah, dengan fitur Schedule pada aplikasi Firecek, Anda dapat menjadwalkan inspeksi APAR secara rutin. Anda juga dapat memilih APAR tertentu untuk diinspeksi dan yang terpenting akan muncul notifikasi jika sudah mendekati tanggal inspeksi. Jadi, Anda tidak akan sampai kelewatan atau kelupaan untuk melakukan inspeksi.

Dari hasil rekap tersebut pun Anda dapat melakukan budgeting servis APAR. Jadi, Anda bisa tahu apa saja komponen yang harus diganti dan berapa biayanya.

Bagaimana, menggunakan Firecek perawatan banyak alat pemadam api jadi lebih mudah dan ringkas, kan? Padahal masih ada banyak fitur lainnya yang bakalan mempermudah dalam inspeksi APAR, lho!

Baca lebih lanjut tentang fitur aplikasi Firecek!

Terapkan Juga, Tips Menjaga Performa APAR agar Tetap Maksimal!

tips merawat apar yang benar

Selain harus melakukan pengecekan dan menerapkan cara perawatan APAR secara berkala, Anda juga kami sarankan untuk melakukan beberapa tips di bawah ini:

  1. Segera isi ulang atau refill APAR sehabis digunakan atau saat memasuki masa kedaluwarsa.
  2. Letakkan APAR minimal 15 cm atau idealnya 125 cm dari atas lantai.
  3. Jauhkan APAR dari tempat lembab.
  4. Sebaiknya, jika APAR diletakkan di luar ruangan harus menggunakan box APAR, hal ini supaya kondisi tabung APAR tetap terjaga.
  5. Jika tekanan APAR turun segera lakukan servis.
  6. Jika ditemukan kerusakan komponen, segera ganti atau lakukan servis APAR.
  7. Lakukan hydrotest tiap 5 tahun sekali.

cara perawatan APAR gratis 5 tahun

Cara perawatan APAR bisa lebih mudah kalau kamu ikut layanan Inspeksi APAR Gratis. Selama 5 tahun, teknisi profesional kami akan merawat seluruh APAR di perusahaanmu secara gratis. Yuk, daftarkan perusahaanmu DISINI sekarang dan nikmati kemudahan inspeksi APAR tanpa repot.

Nah, itulah pembahasan dan tips tentang cara pengecekan APAR yang benar dan aman. Semoga dapat membantu Anda dalam merawat dan menjaga APAR milik Anda. Ingat! APAR yang performanya maksimal adalah APAR yang rutin melakukan perawatan dan pengecekan.

Jika Anda membutuhkan jasa profesional untuk melakukan pemeliharaan APAR, kami ada vendor terpercaya untuk Anda. Oiya, ketika Anda membeli APAR GuardALL di bebagai jenis, sudah terintegrasi dengan Firecek, lho. Gratis! Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

Leave a Comment

kebakaran di tempat kerjapermasalahan alat pemadam api