Begini Ternyata Cara Menghitung Kebutuhan APAR

Cara menghitung kebutuhan APAR sama pentingnya dengan cara menggunakan APAR dan juga meletakan APAR. Hal ini mutlak harus diketahui oleh pengguna APAR, agar bisa merencanakan fire safety di ruangan-ruangan yang akan diproteksi dengan baik.

Cara Menghitung Kebutuhan APAR Tiap Ruangan

Setiap bangunan dan ruangan memiliki kebutuhan APAR masing-masing. Maka dari itu, menghitung kebutuhan APAR sesuai dengan bangunan dan ruangan yang akan diproteksi sangat penting.

 

Cara Menghitung Kebutuhan APAR di Tiap Ruangan

Pembagian atau cara menghitung APAR di tiap-tiap tempat sebenarnya sudah diatur dalam National Fire Protection Association (NFPA) dan Peraturan dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, tentang Syarat-syarat Pemasangan dan Pemeliharaan Alat Pemadam Api Ringan, yang kurang lebih ringkasanya seperti ini:

  • Koridor/Aula/Area perkantoran

Untuk ruangan seperti aula atau ruangan perkantoran yang luas, sekitar 200 meter persegi, diwajibkan menyediakan APAR powder seberat 6 kg. Lalu, ruangan terusan seperti koridor disarankan di tiap 20 meter disiapkan APAR powder dengan berat 6 kg.

  • Kamar/Ruang kantor berpartisi/Ruangan berpartisi lainnya

Sedangkan untuk ruangan berpartisi seperti kamar dan ruangan kantor berpartisi, sebaiknya disediakan dua jenis APAR. APAR yang harus disediakan adalah APAR powder dengan satuan berat 4 kg dan APAR CO2 dengan satuan berat 6 kg.

  • Ruangan panel listrik/Ruangan genset/Ruangan dengan banyak instalasi listrik

Cara Menghitung Kebutuhan APAR Ruangan Panel Listrik

Untuk ruangan seperti ruangan panel listrik, ruangan penyimpanan genset dan ruangan dengan instalasi listrik berukuran kecil sampai sedang, harus disediakan dua jenis alat pemadam api ringan. Sediakan APAR CO2 berukuran 6 kg dan juga APAR powder dengan berat 4 kg.

  • Area produksi/Area industri/Gardu listrik

Area seperti tempat produksi, industri dan gardu listrik yang potensinya cukup besar, maka, harus dipersiapkan APAR sesuai kapasitasnya. Siapkan APAR CO2 berukuran 9 kg, selain aman untuk kebakaran elektrikal, muatan ini juga diharap dapat meng-cover area yang terbakar.

 

Cara Menghitung Kebutuhan APAR dan Tips APAR Lainnya

Setelah mengetahui cara menghitung kebutuhan APAR, dihimbau Anda segera melengkapi kebutuhan APAR Anda. Pastikan APAR yang akan Anda beli adalah APAR yang berkualitas dan teruji, karena APAR yang Anda siapkan menyangkut keselamatan jiwa dan aset Anda.

Cara Menghitung Kebutuhan APAR Powder GuardALL

GuardALL sebagai brand APAR yang sudah teruji menawarkan APAR dari berbagai media seperti foam, CO2 dan powder. Segera lengkapi sistem keselamatan Anda dengan APAR GuardALL.

Jangan lupa untuk meletakkan juga APAR di tempat yang tidak terhalang dan mudah dijangkau. Lalu, selain ruangan yang sudah disebutkan di atas, ada baiknya juga untuk menyiapkan APAR juga di pintu-pintu darurat.

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt