Cara Menggunakan Alat Pemadam Api dengan Baik dan Tepat Guna

cara menggunakan alat pemadam api

Bagi para pemilik alat pemadam api ringan, mengetahui cara menggunakan alat pemadam api adalah hal yang mutlak diketahui. Tanpa mengetahui cara yang benar dalam memadamkan api akan menimbulkan banyak kerugian. Bisa saja karena salah dalam menggunakan APAR, kebakaran justru tidak bisa dipadamkan atau semakin parah.

Maka, dalam menggunakan alat pemadam api Anda harus mengikuti beberapa prosedur yang benar. Prosedur dalam menggunakan APAR biasa disebut dengan teknik PASS. Teknik PASS adalah panduan standar operasional prosedur dalam menggunakan APAR dengan baik dan benar.

Cara Menggunakan Alat Pemadam Api dengan Teknik PASS

Teknik PASS adalah standar yang digunakan secara global dalam menggunakan alat pemadam api ringan (APAR). Ada empat langkah penting yang harus diikuti secara urut, supaya APAR bisa bekerja dengan baik dan tidak terjadi malfungsi.

Cara Menggunakan Alat Pemadam Api dengan Teknik PASS

Teknik PASS ini adalah singkatan dari Pull, Aim, Squeeze dan Sweep yang masing-masing poinnya akan dijabarkan di bawah ini:

  • Pull, adalah tindakan pertama yang harus dilakukan saat menggunakan APAR. Pull dilakukan dengan cara menarik safety pin pada tuas APAR.
  • Aim, adalah tindakan mengarahkan nozzle atau ujung selang ke sumber kebakaran atau titik api.
  • Squeeze, dilakukan dengan cara menekan tuas APAR atau head grip untuk mengeluarkan media pemadam api dari dalam tabung.
  • Sweep, dimaksudkan untuk menyapukan media pemadam api ke sumber kebakaran dari arah kiri ke kanan atau sebaliknya.

Tips Jitu Memadamkan Api Menggunakan APAR

Dalam menggunakan alat pemadam api ringan, selain dengan teknik PASS ada beberapa tips tambahan yang juga baik untuk disimak.

Tips pertama, disarankan menggunakan APAR saat kebakaran masih pada tahap awal. Sehingga api bisa dipadamkan sebelum meluas. Jika api sudah cukup besar dan kebakaran meluas, disarankan untuk segera melakukan evakuasi dan hubungi dinas terkait.

Lalu tips berikutnya, sebelum menggunakan APAR pastikan Anda tahu media APAR yang Anda pakai. Pastikan media yang Anda pakai sudah benar dan sesuai kelas kebakaran yang akan dipadamkan. Karena jika salah menggunakan media APAR akan berakibat fatal.

Cara Menggunakan Alat Pemadam Api Beserta Tipsnya

Setelah mengetahui cara menggunakan APAR dan tipsnya, diharap Anda bisa menggunakan APAR dengan baik dan benar dan jangan lupa untuk selalu merawat APAR. Karena penggunaan APAR dengan baik dan benar dan APAR yang selalu terawat akan menghindarkan Anda dari kerugian yang mungkin timbul akibat kebakaran.

cara menggunakan alat pemadam api

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt