Cara Menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang Benar

cara menggunakan alat pemadam api

Bagi para pemilik APAR (alat pemadam api ringan), mengetahui tentang cara menggunakan alat pemadam api adalah hal yang mutlak diketahui. Tanpa mengetahui cara yang benar dalam memadamkan api akan menimbulkan banyak kerugian. Bisa saja karena salah dalam menggunakan APAR, kebakaran justru tidak bisa dipadamkan atau semakin parah.

Maka dari itu, dalam penggunaan APAR, Anda harus mengikuti beberapa prosedur yang benar. Prosedur dalam menggunakan APAR biasa disebut dengan teknik PASS. Teknik PASS adalah panduan standar operasional prosedur dalam menggunakan APAR dengan baik dan benar.

cara menggunakan alat pemadam api ringan

Cara Menggunakan Alat Pemadam Api (APAR) dengan Teknik PASS

Jika Anda sudah mengerahui penyebab timbulnya api, sekarang saatnya Anda megetahui tentang teknik PASS. Cara ini sangat wajib Anda ikuti, karena sudah menjadi standar yang digunakan secara global dalam penggunaan APAR.

Di sini ada empat langkah penting cara menggunakan alat pemadam api yang harus diikuti secara urut, supaya APAR bisa bekerja dengan baik dan tidak terjadi malfungsi. Bagi Anda yang belum tahu, kepanjangan dari PASS adalah Pull, Aim, Squeeze dan Sweep yang masing-masing poinnya akan dijabarkan di bawah ini:

gambar cara menggunakan alat pemadam api

1. Pull. adalah tindakan pertama yang harus dilakukan saat menggunakan APAR. Pull dilakukan dengan cara menarik safety pin/kunci pengaman pada tuas APAR.

cara menggunakan apar pass

2. Aim. adalah tindakan mengarahkan nozzle atau ujung selang ke sumber kebakaran atau titik api.

cara menggunakan apar yang baik dan benar

3. Squeeze. dilakukan dengan cara menekan tuas APAR atau head grip untuk mengeluarkan media pemadam api dari dalam tabung.

cara menggunakan apar alat pemadam api ringan

4. Sweep. dimaksudkan untuk menyapukan media pemadam api ke sumber kebakaran dari arah kiri ke kanan atau sebaliknya.

3 Hal yang Perlu Anda Ketahui Dalam Cara Menggunakan Alat Pemadam Api (APAR)

Cara Menggunakan Alat Pemadam Api Beserta Tipsnya

Jangan terlalu terburu-buru dalam menerapkan cara menggunakan alat pemadam api ringan. Alangkah baiknya, ketahui dulu tiga hal berikut ini agar proses pemadaman api berjalan dengan lancar dan aman.

  1. Perhatikan terlebih dahulu arah angin dan usahakan badan Anda menghadap searah dengan angin, ya! Kenapa harus seperti itu? Karena agar media yang keluar dari selang dapat menuju ke titik api secara efektif. Sehingga, Anda akan aman dan terhindar dari resiko jilatan api.
  2. Kemudian perhatikan sumber api yang menyebabkan kebakaran. Selain itu, pastikan juga jenis APAR yang Anda gunakan sudah sesuai dengan klasifikasi kelas kebakaran, ya!
  3. Sangat disarankan kepada Anda untuk menerapkan cara menggunakan APAR ini pada saat kebakaran masih pada tahap awal/kebakaran skala kecil. Sehingga api bisa segera dipadamkan sebelum menjalar kemana-mana.

Lalu, berapa jarak ideal untuk menyemprotkan media APAR ke titik kebakaran? Jadi, Anda bisa memberi jarak aman antara 3-5 meter dari titik api kebakaran.

Selain mempelajari tentang cara menggunakan APAR, Anda juga harus tahu tentang bagaimana cara merawat APAR dengan benar. Tapi di jaman yang semakin modern ini, Anda tidak perlu lagi melakukan perawatan dan inspeksi apar satu-satu/manual.

Karena sekarang sudah ada aplikasi cek APAR No 1 di Indonesia bernaman Firecek yang dapat membantu Anda dalam monitoring, manajemen, dan perawatan APAR. Penasaran dengan aplikasi Firecek? Baca di sini …

Baca Juga: Cara Pemasangan Alat Pemadam Api yang Benar

Cara menggunakan alat pemadam api yang baik dan benar, di sertai dengan APAR yang selalu terawat, tentu akan menghindarkan Anda dari kerugian yang mungkin timbul akibat kebakaran. Atau Anda belum punya APAR? Tenang, beli saja di sini APAR merk GuardALL berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Mau? Hubungi kami sekarang!

cara menggunakan alat pemadam api

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt