Cek Cara Membersihkan Residu APAR Powder di Sini!

Cara membersihkan residu APAR powder sangat penting untuk dipelajari para pengguna APAR. Hal ini dikarenakan residu APAR powder sangat berpengaruh pada proses downtime pasca kebakaran. Jika tidak segera dibersihkan, residu APAR powder bisa membuat Anda rugi. Maka dari itu, cek cara membersihkannya di sini.

 

Tips Ampuh Cara Membersihkan Residu APAR Powder

Sebelum mengetahui cara membersihkan media powder, ada baiknya mengetahui media pembentuk powder terlebih dahulu. Media powder terbentuk dari campuran monoammonium fosfatnatrium bikarbonat dan kalium bikarbonat yang digunakan untuk memutus reaksi dalam segitiga api yang dapat mengakibatkan api padam.

Campuran dari zat-zat di atas dianggap bisa membuat alat elektronik mengalami korosif, jika tidak segera dibersihkan. Maka dari itu, sangat penting untuk segera menangani residu APAR powder setelah digunakan.

Persiapkan bahan-bahan untuk membersihkan APAR powder seperti alkohol isopropil, cuka, baking soda, pasta dan air hangat. Bahan-bahan tersebut dianggap sangat ampuh untuk digunakan membersihkan residu APAR powder.

Cara Membersihkan Residu APAR Powder dengan Spon

  • Campurkan air hangat dengan alkohol isopropil dengan perbandingan 1:1, lalu diamkan beberapa menit. Setelah larutan siap, basahi kain kering atau spon menggunakan larutan tersebut dan aplikasikan pada area yang terkena residu APAR powder.

Cara Membersihkan Residu APAR Powder dengan Alkoho

  • Untuk membersihkan residu dengan zat natrium bikarbonat dan kalium bikarbonat gunakan campuran cuka 2% dan air hangat 98%. Setelah campuran siap, basahi kain kering dengan larutan tersebut.
  • Selain itu, jika ada residu membandel, Anda bisa membersihkannya dengan campuran baking soda dan pasta, yang selanjutnya dibersihkan menggunakan kain dan air bersih.

 

Tips Tambahan Cara Membersihkan Residu APAR Powder

Setelah residu dapat dibersihkan dari area kebakaran, ada baiknya untuk menggunakan kipas angin pada ruangan tersebut. Kipas angin akan membantu mengeringkan ruangan tersebut dengan maksimal dan juga mempercepat proses downtime pasca kebakaran.

Cara Membersihkan Residu APAR Powder Pasca Downtime

Jika kebakaran terjadi di dapur sangat disarankan untuk mencuci semua peralatan dapur. Karena sangat dikhawatirkan jika residu masih menempel pada alat masak dan alat makan.

Hal ini akan membahayakan penggunanya jika sampai tercampur makanan atau tertelan. Karena media powder sangat berbahaya jika dikonsumsi manusia.

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt