Cara Kerja Alat Pemadam Api Ringan, Cek di Sini!

Cara kerja alat pemadam api ringan (APAR) mungkin belum banyak diketahui oleh para penggunanya. Padahal hal ini sangat penting, tak kalah penting dengan informasi seperti cara menggunakan APAR.

Dengan mengetahui cara kerja APAR maka Anda akan semakin tahu cara mengangani kebakaran menggunakan APAR. Selain itu, Anda juga dapat memaksimalkan kerja APAR yang Anda gunakan.

Cara Kerja Alat Pemadam Api Ringan dalam Segitiga Api

Cara kerja dari APAR tidak dapat terlepas dari yang namanya segitiga api. Lalu, apa itu segitiga api dan apa kaitanya dengan cara kerja APAR?

Segitiga api adalah 3 elemen pembentuk api yang terdiri dari oksigen, bahan bakar dan panas. Ketika 3 elemen ini berekaksi maka akan muncul lah api. Namun, jika salah satu elemen tersebut dihilangkan, maka api akan padam.

Cara Kerja Alat Pemadam Api Ringan dalam Segitiga Api

Nah, dengan mengacu teori tersebut prinsip dalam memadamkan api adalah dengan meghilangkan salah satu elemen tersebut. Maka, APAR dengan media pemadam api di dalamnya bekerja dengan cara menghilangkan salah satu elemen tersebut supaya api dapat dipadamkan.

Cara Kerja APAR Menghilangkan Elemen pada Segitiga Api

Dalam menghilangkan elemen pada segitiga api ada beberapa cara yang dapat digunakan:

  • Cooling: mendinginkan titik api dan menghilangkan unsur panas
  • Smothering: menyelimuti titik api agar oksigen tidak dapat masuk
  • Starvation: menghamburkan atau mengurangi bahan bakar
  • Breaking chain reaction: memutus reaksi antar elemen dalam segitiga api

Nah, cara-cara tersebut adalah yang digunakan dalam prinsip dasar cara kerja APAR. Misalnya APAR foam, dengan media yang menggandung air, APAR foam mampu memadamkan api dengan teknik cooling atau mendinginkan titik api.

Lalu, misalnya APAR CO2 yang dapat memadamkan api dengan cara memutus reaksi pembakaran dengan mengikat oksigen. Atau bisa juga APAR powder dengan teknik starvation dan smothering yang menghamburkan bahan bakar dan menutup titik api dari masuknya oksigen.

Nah, itulah bagaimana cara kerja dari alat pemadam api ringan. Dengan ini Anda dapat memaksimalkan pemadaman api berdasar APAR yang Anda miliki.

Cara Kerja Alat Pemadam Api Ringan

Nah, jika Anda belum punya APAR bisa segera mendapatkannya di sini. APAR berkualitas dengan harga terjangkau.

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt
%d blogger menyukai ini: