Inilah Pentingnya Mengetahui Cara Inspeksi APAR

Cara inspeksi APAR adalah hal penting yang harus diketahui baik oleh pemilik dan pengguna APAR. Meskipun, APAR dinilai cukup ekonomis karena medianya mampu bertahan 2 sampai 5 tahun, namun tanpa inspeki dan perawatan, umur APAR akan menjadi lebih pendek.

Cara Inspeksi APAR Begini Langkah-langkahnya

Selain itu, inspeksi APAR juga ditujukan untuk mengetahui kondisi komponen-komponen APAR. Hal ini untuk menanggulangi jika terjadi kerusakan atau ada komponen yang harus diganti dalam servis APAR.

 

Langkah-langkah Cara Inspeksi APAR yang Harus Diikuti

Bagaimana cara melakukan inspeksi APAR yang baik dan benar? Silakan ikuti panduan di bawah ini:

  • Pertama-tama kita harus mengetahui informasi tentang APAR dari data inspeksi sebelumnya. Cek data ini pada kartu APAR yang digantung di dekat tuas APAR.
  • Setelah itu, periksa tekanan APAR. memeriksa tekanan APAR dengan sistem stored pressure dilakukan dengan cara melihat komponen pressure gauge. Jika jarum pada pressure gauge masih di area hijau (13-15 bar) berarti tekanannya masih normal.
  • Sedangkan untuk mengecek tekanan pada APAR dengan sistem cartridge, bisa dilihat dari segel pada leher APAR. Jika segel masih bagus, berarti tekanannya masih terjaga dan normal. Jika tekanan APAR menurun, segera lakukan isi ulang tekanan.
  • Selanjutnya, periksa safety pin. Jika safety pin rusak atau hilang, kemungkinan APAR sudah pernah digunakan. Jika APAR sudah pernah digunakan, maka harus segera diisi ulang sesuai medianya.

Cara Inspeksi APAR Komponen Safety Pin

  • Selanjutnya periksa katup APAR. Periksa daya katupnya, masih kuat atau sudah berkurang.
  • Berikutnya, periksa komponen hose atau selang APAR. Pastikan selang tidak tertekuk, retak maupun berlubang. Jika ditemukan kerusakan tersebut segera ganti selang APAR.
  • Selanjutnya periksa nozzle APAR. Nozzle adalah komponen output yang tidak boleh tersumbat, karena akan berdampak fatal dan bisa memicu ledakan tabung.

Cara Inspeksi APAR Komponen Hose dan Nozzle

  • Setelah semua komponen diperiksa, isi data inspeksi pada kartu APAR, lalu kembalikan APAR ke tempat semula. Pastikan tempat peletakan APAR mudah diakses dan tidak terhalang benda-benda lain.

 

Cara Inspeksi APAR Menggunakan Aplikasi

Di era digital ini melakukan inspeksi APAR semakin mudah. Sekarang sudah ada aplikasi FIRECEK yang akan membantu Anda mencatat data inspeksi APAR secara digital. Aplikasi berbasis Android ini juga akan membantu Anda menjadwalkan inspeksi APAR. FIRECEK akan mengingatkan tentang jadwal inspeksi yang sudah Anda buat dan juga informasi-informasi penting tentang APAR melalui notifikasi yang muncul.

Cara Inspeksi APAR Pakai Firecek

Segera unduh FIRECEK di sini! Dan rasakan pengalaman baru dalam melakukan inspeksi APAR di era digital.

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt