Pelajari Cara Cek APAR CO2 Beserta Langkah-langkahnya di Sini!

Seperti yang sudah kita tahu, APAR punya media yang bermacam-macam yang digunakan untuk memadamkan api kelas kebakaran tertentu. Karakteristik media APAR-pun tentu juga berbeda, begitu juga perawatannya. Maka pada artikel kali ini, akan dibahas tentang salah satu media APAR yaitu cara cek APAR CO2.

 

Cara Cek APAR CO2 dengan Cara Ditimbang

Dengan beragamnya jenis APAR, maka beragam juga cara mengeceknya. APAR CO2 juga punya cara pengecekan yang cukup spesifik. Dengan tidak adanya pressure gauge, membuat APAR jenis ini hanya bisa dicek dengan cara ditimbang. Begini langkah-langkah pengecekannya:

  1. Langkah pertama, periksa label yang terdapat pada tabung APAR CO2. Setelah itu, cari tahu berapa berat kosong dan berat isi tabung dalam kondisi normal.
  2. Setelah mendapat informasi tentang berat APAR CO2 dari label, Anda baru bisa melakukan penimbangan. Lakukan penimbangan APAR seperti layaknya menimbang barang biasa pada umumnya.
  3. Setelah penimbangan selesai, coba hitung selisih antara berat tabung saat penimbangan dilakukan dengan berat saat tabung dalam kondisi baru. Jika selisih mencapai 10%, maka APAR CO2 tersebut harus segera diisi ulang.
  4. Pengisian CO2 bisa dilakukan di supplier atau vendor APAR CO2. Pastikan supplier APAR yang Anda pilih adalah supplier APAR terpercaya dan profesional.

Cara Cek APAR CO2 dengan Timbangan

 

Cara Cek APAR CO2 Beserta Komponen-komponennya

Setelah selesai melakukan penimbangan dan memastikan APAR diisi ulang dengan baik jika memang dibutuhkan, sekarang saatnya untuk memeriksa komponen-komponen APAR CO2.

Pastikan agar safety pin pada APAR CO2 terpasang dan tidak terlepas. Jika safety pin terlepas, berarti APAR harus diisi ulang lagi. Lalu, periksa selang dan nozzle APAR. Pastikan selang tidak berlubang dan terlipat. Cek nozzle APAR, jangan sampai corongnya tersumbat atau rusak.

Berikutnya, jangan lupa untuk memeriksa kondisi tabung APAR. Pastikan tidak ada bagian yang berlubang, korosif atau penyok, karena hal tersebut dapat mengganggu performa APAR. Setelah selesai dicek, jangan lupa untuk membersihkan badan tabung APAR CO2.

Cara Cek APAR CO2 Menggunakan Firecek

Setelah selesai melakukan pengecekan komponen-komponen APAR CO2, isi kartu APAR dengan informasi dari hasil inspeksi. Atau, Anda bisa menggunakan aplikasi FIRECEK yang akan membantu Anda me-manage informasi-informasi tersebut juga menjadwalkan inspeksi berikutnya. Setelah semua informasi diisi, APAR baru bisa dikembalikan pada tempatnya semula.

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt