APAR untuk Panel Listrik, Ini Beberapa Pilihannya

APAR untuk panel listrik tidak boleh sembarangan, Anda harus memilih APAR untuk ruangan panel listrik dengan tepat. Sama-sama diketahui bahwa ruangan panel listrik sangat rentan sekali mengalami kebakaran, entah karena arus pendek listrik atau malfungsi alat listrik.

Nah, sebelum memilih APAR apa yang akan dipersiapkan di ruangan dengan panel listrik, ada baiknya Anda mengenal potensi kebakarannya terlebih dahulu.

 

APAR untuk Panel Listrik dan Potensi Kebakaran yang Ada

APAR dan kelas kebakaran sangat erat kaitannya. Maka dari itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu potensi kelas kebakaran apa yang akan terjadi di ruangan berpanel listrik.

Di Indonesia ada empat kelas kebakaran untuk mengklasifikasikan kebakaran.

APAR untuk Panel Listrik dan Potensi Kebakaran yang Ada

Empat kelas kebakaran tersebut adalah kelas kebakaran A yang disebabkan oleh benda padat mudah terbakar. Lalu, kelas kebakaran B yang disebabkan benda cair mudah terbakar. Berikutnya, ada kelas kebakaran C yang disebabkan masalah elektrikal atau listrik, dan kelas kebakaran D yang disebabkan logam.

Nah, karena panel listrik termasuk dalam alat elektronik, maka kebakaran yang terjadi di ruangan ini adalah kebakaran elektrikal. Kebakaran elektrikal di sini termasuk dalam kelas kebakaran C. APAR untuk kelas kebakaran C pun khusus dan tidak bisa sembarangan medianya.

 

Apa Saja APAR untuk Panel Listrik?

Ada beberapa APAR yang bisa digunakan dalam ruangan berpanel listrik. APAR yang bisa digunakan di ruangan berpanel listrik medianya haruslah non-konduktor. Media non-konduktor ini berarti media yang tidak menghantar listrik. Karena jika media yang digunakan adalah media konduktor, maka kebakaran justru akan semakin memburuk.

APAR yang bisa digunakan pada panel listrik:

APAR untuk Panel Listrik CO2

APAR jenis ini adalah APAR yang paling populer digunakan untuk memadamkan api kelas kebakaran C, terutama di ruang panel listrik. Sifat APAR CO2 yang non-konduktor dan juga clean agent (bebas residu) memberi banyak manfaat bagi penggunanya.

 

  • APAR clean agent alternatif halon

APAR alternatif halon adalah APAR yang lebih ramah lingkungan dibanding halon. APAR ini juga bisa digunakan di ruangan elektrikal karena memiliki sifat non-konduktor. Selain itu, APAR ini juga tidak meninggalkan residu saat digunakan.

 

APAR untuk Panel Listrik Powder

APAR powder memang sangat luas penggunaannya. Selain APAR powder bisa digunakan di kelas kebakaran A dan B, APAR powder ternyata juga efektif digunakan untuk memadamkan kelas kebakaran C. Namun, setelah digunakan, residu APAR powder harus segera dibersihkan untuk menghindari korosif pada area yang terkena powder.

Dengan sangat pentingnya APAR di ruang panel listrik, Anda wajib menyiapkan salah satu jenis APAR di atas. Tentunya, Anda harus menyiapkan APAR berkualitas, seperti APAR GuardALL. Jika Anda ingin ruangan panel listrik Anda dengan GuardALL, segera hubungi kami!

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt
%d blogger menyukai ini: