APAR Stored Pressure Simple Namun Banyak Manfaat

APAR stored pressure adalah sebuah sistem tekanan yang menyimpan tekanannya menjadi satu dalam tabung APAR dan bercampur dengan media APAR. Tekanan inilah yang akan membawa media APAR keluar dari tabung APAR saat tuas APAR ditekan. Nah, bagaimana seluk-beluk dari sistem tekanan APAR ini, mari simak di bawah ini.

Keuntungan Sistem APAR Stored Pressure

APAR stored pressure sangat banyak ditemui di berbagai tempat. Bukannya tanpa alasan, banyaknya penggunaan APAR dengan sistem tekanan ini dikarenakan banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari APAR ini. Mau tahu apa keuntungan dari menggunakan APAR dengan sistem tekanan stored pressure, cek poin di bawah ini:

  1. Mudah untuk mengisi ulang tekanannya: saat tekanan dari APAR ini turun, maka Anda hanya perlu melakukan isi ulang tekanan di depo refill APAR. Tidak seperti APAR dengan sistem tekanan lain (seperti cartridge) yang butuh melakukan servis jika melakukan isi ulang tekanan.
  2. Konstruksi tabung sederhana: karena tekanannya menjadi satu dengan tabung utama, maka APAR jenis ini tidak membutuhkan konstruksi tabung tambahan untuk menyimpan tekanan.
  3. Mudah untuk melakukan inspeksi: karena APAR ini memiliki pressure gauge yang dapat memperlihatkan berapa tekanan APAR di dalam tabung, maka akan sangat mudah untuk menginspeksinya tanpa harus membuka tabung. Cukup melihat berapa tekanannya melalui manometer.

APAR Stored Pressure Simple Komponen Pressure Gauge

Tips Cara Merawat Alat Pemadam Api Ringan Stored Pressure

Dengan disimpannya tekanan pada tabung utama, maka merawat alat pemadam api stored pressure harus memperhatikan juga tabung APAR. Dengan tekanan 13-15 bar membuat tabung APAR selalu berada dalam tekanan tinggi.

Oleh sebab itu, maka tabung APAR harus diperhatikan dan selalu diinspeksi. Karena jika tabung sampai mengalami kebocoran, maka dikhawatirkan akan meledak. Maka dengan itu disarankan untuk melakukan hydrotest secara berkala.

APAR Stored Pressure Tips Cara Merawat

Hydrotest adalah pengetesan pada tabung APAR yang dilakukan untuk mengetahui daya tahan dan kebocoran pada tabung APAR secara dini. Jadi bahaya dari tabung APAR bocor dapat dicegah dan tidak menimbulkan kecelakan fatal.

Nah, itulah seluk-beluk mengenai alat pemadam api ringan stored pressure. Jika Anda memiliki pertanyaan atau hal yang ingin Anda ketahui lebih lanjut jangan lupa untuk menanyakan pada kolom komentar.

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt
%d blogger menyukai ini: