Belum Tahu APAR liquid Gas Itu Apa? Cek Penjelasannya Disini!

Tahukah kamu APAR liquid gas bukan sembarang pemadam kebakaran, tapi alat ini adalah kunci utama dalam menghadapi situasi darurat kebakaran. Apakah kamu sudah tahu betapa pentingnya memiliki apar jenis ini? Mungkin hampir sebagian besar akan menjawab belum mengetahuinya.

Fitur unik dari apar jenis ini adalah penggunaan gas cair sebagai media pemadam, memberikan kecepatan dan efektivitas tinggi dalam memadamkan api. Mau cari tahu lebih dalam akan kehebatan alat pemadam api media liquid gas ini? Yuk, baca ulasan ini sampai selesai!

Apa Itu APAR liquid Gas?

Alat pemadam api liquid gas adalah jenis alat pemadam yang menggunakan media pemadam berupa gas cair (liquid gas). Media pemadam ini bersifat non-konduktor, sehingga aman kamu gunakan untuk memadamkan api di dekat peralatan listrik.

APAR jenis liquid gas ini juga bersifat ramah lingkungan, sehingga tidak membahayakan lapisan ozon atau menyebabkan pemanasan global. Dalam cara kerjanya, alat pemadam api ringan media liquid gas ini akan menggantikan oksigen di sekitar api.

Sehingga, api tidak akan mendapatkan suplai oksigen yang mencukupi agar tetap menyala dan perlahan api akan padam. Selain itu, APAR liquid gas medianya tidak mudah terbakar dan tidak meninggalkan residu yang dapat merusak peralatan elektronik, barang-barang, atau lingkungan.

Tabung pemadam kebakaran jenis liquid gas ini medianya juga tergolong dalam kategori ramah lingkungan, sehingga sangat aman ketika kamu gunakan. Alat pemadam api satu ini juga memiliki kemampuan dalam memadamkan api di semua kelas kebakaran mulai dari A, B dan C.

4 Jenis Media Pemadam Api Liquid Gas

APAR Liquid gas ini selain sangat efektif untuk kamu gunakan di semua kelas kebakaran, ternyata medianya juga ada 4 jenis loh! Kamu ingin tahu apa saja jenis medianya? Yuk, simak penjelasan lengkap berikut ini!

1. AF11 (Halotron)

Jenis pertama adalah yang menggunakan media AF11 (Halotron), berupa gas cair (liquid gas) bernama Halotron. Media pemadam satu  ini bersifat non-konduktor, sehingga aman kamu gunakan untuk memadamkan api di dekat peralatan listrik.

APAR Liquid media AF11 (Halotron) bekerja dengan cara menggantikan oksigen di sekitar api dengan gas yang tidak dapat terbakar. Hal ini membuat api mati dengan cepat tanpa meninggalkan residu yang dapat merusak peralatan elektronik, barang-barang, atau lingkungan.

2. APAR Liquid Gas FM200

APAR liquid jenis FM200 adalah jenis alat pemadam api yang menggunakan media pemadam berupa gas cair (liquid gas) bernama FM200. Selain itu, alat pemadam api media FM200 juga bersifat ramah lingkungan, sehingga tidak membahayakan lapisan ozon atau menyebabkan pemanasan global.

Alat pemadam kebakaran media FM200 bekerja dengan cara menurunkan suhu api dan memecahkan rantai reaksi kimia pembakaran. Hal ini membuat api mati dengan cepat tanpa meninggalkan residu yang dapat merusak peralatan elektronik, barang-barang, atau lingkungan.

3. Dupont (FE-36)

APAR liquid gas jenis Dupont (FE-36) adalah jenis alat pemadam yang menggunakan media pemadam berupa gas cair bernama Dupont (FE-36). Alat pemadam api media Dupont (FE-36) juga bersifat ramah lingkungan, sehingga tidak membahayakan lapisan ozon atau menyebabkan pemanasan global.

APAR jenis liquid media media Dupont (FE-36) bekerja dengan cara menurunkan suhu api dan memecahkan rantai reaksi kimia pembakaran. Hal ini membuat api mati dengan cepat tanpa meninggalkan residu yang dapat merusak peralatan elektronik, barang-barang, atau lingkungan.

4. HFC-227

APAR Liquid Gas HFC-227 adalah jenis alat pemadam api yang menggunakan media pemadam berupa gas cair HFC-227. HFC-227, senyawa hidrokarbon terfluorinasi yang dianggap sebagai pengganti yang aman dan ramah lingkungan untuk media pemadam Halon.

Tabung APAR Media HFC-227 bekerja dengan cara menurunkan suhu api dan memecahkan rantai reaksi kimia pembakaran. Hal ini membuat api mati dengan cepat tanpa meninggalkan residu yang dapat merusak peralatan elektronik, barang-barang, atau lingkungan.

7 Keunggulan APAR Liquid Gas yang Harus Kamu Tahu!

Alat pemadam kebakaran yang umumnya menggunakan gas sebagai media pemadam, memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan efektif dalam situasi tertentu. Kamu penasaran apa saja keunggulannya? Siamak saja penjelasan lengkap berikut ini!

Tidak Meninggalkan Residu, salah satu keunggulan terbesar dari APAR jenis liquid gas adalah bahwa ia tidak meninggalkan residu setelah penggunaan. Ini sangat penting dalam lingkungan yang sensitif terhadap debu atau kotoran, seperti laboratorium, ruang komputer, atau area dengan peralatan elektronik sensitif.

  • Efektif untuk Kebakaran Listrik, APAR liquid gas sangat efektif dalam memadamkan kebakaran yang melibatkan peralatan listrik, karena gas tidak menghantarkan listrik. Ini menjadikannya pilihan yang aman untuk kebakaran di area yang memiliki banyak peralatan listrik atau elektronik.
  • Kerja Cepat dan Efisien, media gas bekerja dengan cepat untuk mengurangi konsentrasi oksigen di sekitar api, sehingga pemadamannya cepat dan efisien.
  • Aman untuk Lingkungan, media gas sangat aman untuk lingkungan dan tidak memiliki dampak negatif yang signifikan, terutama jika kamu gunakan dalam jumlah yang sesuai.
  • Mudah Digunakan, seperti jenis APAR lainnya, alat pemadam api liquid gas mudah kamu gunakan. Sehingga, sangat cocok untuk kamu gunakan saat situasi darurat di mana waktu reaksi cepat kamu perlukan agar api bisa segera padam.
  • Minim Kerusakan Sekunder, karena tidak meninggalkan residu dan memiliki dampak minimal terhadap area di sekitar api. Selain itu, APAR liquid gas mengurangi risiko kerusakan sekunder yang sering terjadi setelah proses pemadaman.
  • Portabilitas, alat pemadam media liquid gas biasanya unitnya ringan dan mudah penggunaanya, sehingga memungkinkan respon cepat dan mudah dalam situasi darurat.

Lalu, Alat Pemadam Api Liquid Gas untuk Kelas Kebakaran Apa Saja?

Seperti penjelasan pada bagian sebelumnya, alat pemadam api liquid gas ini memiliki kemampuan dalam memadamkan api di semua kelas kebakaran. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai kemampuan alat pemadam api liquid gas ini!

1. Kelas Kebakaran A

Klasifikasi kelas kebakaran A merupakan kebakaran yang penyebabnya berasal dari bahan padat, seperti kayu, kertas, dan kain. Alat pemadam api liquid gas dapat memadamkan api kelas A dengan cara menurunkan suhu api dan memecahkan rantai reaksi kimia pembakaran.

Media APAR liquid gas yang paling efektif untuk memadamkan api kelas A adalah media Halotron, FM 200, HFC-227 dan Dupont (FE-36). Media-media ini memiliki kemampuan untuk menurunkan suhu api dengan cepat dan efisien untuk memadamkan kebakaran kelas A.

2. Kelas Kebakaran B

Kebakaran kelas ini adalah kebakaran yang terjadi akibat bahan cair atau gas yang mudah terbakar, seperti bensin, solar, dan minyak goreng. Nah, alat pemadam api liquid gas juga dapat memadamkannya dengan cara menurunkan suhu api dan memecahkan rantai reaksi kimia pembakaran.

Media APAR liquid gas yang paling efektif untuk memadamkan api kelas B adalah media Halotron, HFC-227, FM 200, dan Dupont (FE-36). Media-media ini memiliki kemampuan untuk menurunkan suhu api dengan cepat tanpa meninggalkan residu pasca proses pemadaman.

3. Kelas Kebakaran C

Alat pemadam api liquid gas juga dapat memadamkan api kelas C dengan cara memadamkan api dan mencegah terjadinya kebakaran lebih besar. Hal ini karena media pemadam api liquid gas bersifat non-konduktor, sehingga aman kamu gunakan di dekat peralatan listrik bertegangan.

Media pemadam api liquid gas yang paling efektif untuk memadamkan api kelas C adalah media Halotron, FM 200, HFC-227 dan Dupont (FE-36). Media-media ini memiliki kemampuan untuk memadamkan percikan api dengan cepat dan efisien.

Itulah penjelasan lengkap tentang APAR liquid gas mulai dari pengertian, jenis media, keunggulan hingga prioritas penggunaannya. Kamu butuh alat pemadam api clean agent ini? Beli saja di GuardAll dengan klik disini.

Leave a Comment

Harga APAR 5 Kg alat pemadam api ringanpowder APAR teruji dan bersertifikat Damkar